APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Belajar di Politeknik, Solusi Peningkatan Kompetensi SDM Industri Logistik

Politeknik menjadi solusi ketersediaan sumber daya manusia bagi industri logistik.

Pesatnya laju perkembangan e-commerce saat ini tidak terlepas dari peran pemain logistik sebagai industri utama pendukung sistem rantai pasok perdagangan online. Itu sebabnya, kondisi ini menjadi iklim yang subur bagi pertumbuhan industri logistik.

Sistem logistik dengan kualitas dan kuantitas yang memadai serta terintegrasi akan membangkitkan iklim bisnis. Hal ini akan mendorong kelancaran pergerakan barang dengan biaya yang efisien sehingga pada akhirnya meningkatkan perekonomian. Efisiensi dan efektivitas dalam sistem logistik hanya dapat terwujud bila didukung sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang logistik yang mumpuni. 

 

Kompetensi SDM Logistik di Indonesia Masih Tertinggal


 

Ketua Asosisiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Banten, Sri Witjaksono, mengatakan bahwa SDM di bidang logistik yang kompeten dan profesional diperlukan untuk mendukung kinerja logistik dalam pengelolaan rantai pasok perusahaan. Kinerja logistik ini akan memengaruhi daya saing produk sehingga mampu bersaing di dalam maupun luar negeri. 

“Ketertinggalan SDM Indonesia dalam bidang logistik lebih karena dua faktor, yakni kualitas dan speed. Sumber daya manusia yang bekerja pada bidang logistik umumnya karena kebutuhan perusahaan dan bukan karena membangun kompetensinya dari awal,” ungkap Sri.

M. Ikrar Pramadi selaku Direktur Eksekutif Supply Chain Logistics Center (SCLC) menambahkan bahwa terdapat kesenjangan yang cukup lebar antara program pendidikan dan pelatihan pada institusi perguruan tinggi dengan dunia usaha yang membutuhkan SDM di bidang logistik. Hal ini menjadi tantangan besar dalam proses logistik di Indonesia.

“Kompetensi SDM logistik diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi logistik Indonesia. Pengembangan SDM menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan logistik dan rantai pasok nasional,” ujar Ikrar.

 

Politeknik Menjadi Kunci Peningkatan Kompetensi SDM Industri Logistik


 

Menjawab tantangan dunia logistik saat ini, Program Studi Logistik Niaga Elektronik atau yang lebih dikenal sebagai Jurusan E-Commerce Logistics di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) bekerja sama dengan ALI Chapter Banten dan SCLC. Fokus kerja sama di bidang akademik ini adalah untuk menyiapkan SDM di bidang logistik yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

“Dengan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran di MNP dengan berbagai kegiatan di bidang logistik, seperti program mengajar bersama praktisi kunjungan industri bersama ALI Banten dan SCLC, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap menghadapi dunia industri di masa depan,” tambah Dewi Hajar, Ketua Program Studi E-Commerce Logistics MNP.

MNP, ALI Chapter Banter, dan SCLC melakukan seremoni penandatanganan Memorandum of Agreement (MoU) bersama pada 27 Februari 2023 yang bertempat di Nusantara Theatre, Kampus MNP, Tangerang. Kerja sama ini menekankan pada simbiosis mutualisme untuk meningkatkan kompetensi SDM di industri logistik Indonesia melalui pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog