APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jenis-Jenis Jalur Masuk di UNESA (Universitas Negeri Surabaya)

Ada beberapa jalur masuk yang bisa dipilih untuk masuk Unesa.

Photo by RODNAE Productions on Pexels

Jalur masuk Unesa 2023 apa saja? Kamu sudah tau atau belum, Sobat Pintar?

Oke, SNBP dan SNBT sudah pasti lah, ya. Namun bagaimana dengan pendaftaran Unesa Jalur Mandiri? Apa saja pilihan seleksi di Jalur Mandiri Unesa? Memangnya kapan pendaftaran Unesa 2023 dibuka? Terus, apakah Unesa bisa menerima KIP kuliah? Ternyata masih banyak pertanyaan seputar seleksi masuk Unesa yang belum terjawab. Nah, kalau kamu calon mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, lanjut baca sampai tuntas, ya!

jalur masuk unesa 2023
Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels

1. SNBP

SNBP Unesa mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Saat ini masa pendaftarannya sudah usai, kita tinggal menunggu pengumuman hasil SNBP tanggal 28 Maret 2023 nanti.

Seleksi SNBP Unesa sama seperti SNBP di kampus-kampus negeri yang lain, yakni berdasarkan penelusuran prestasi di rapor dan portofolio akademik maupun nonakademik. SNBP Unesa tidak membatasi pilihan prodi, sehingga kamu bebas memilih prodi tanpa terikat dengan jurusan sekolah.

pendaftaran unesa jalur mandiri
Photo by George Pak on Pexels

2. SNBT

SNBT Unesa juga mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Jika kamu memilih SNBT untuk masuk Unesa, catat jadwal di bawah ini.

- Pendaftaran: 23 Maret 2023 – 14 April 2023

- UTBK Gelombang I: 8 – 14 Mei 2023

- UTBK Gelombang II: 22 – 28 Mei 2023

- Pengumuman hasil SNBT: 20 Juni 2023

Namanya saja jalur tes, jadi kamu wajib mengikuti UTBK jika memilih jalur seleksi kampus Unesa yang satu ini. Jalur masuk Unesa 2023 ini dapat diikuti oleh kalian yang lulus SMA/MA/SMK tahun 2023 ini maupun alumni lulusan tahun 2021 dan 2022. Lulusan paket C dari tiga angkatan kelulusan tersebut juga bisa mengikuti SNBT Unesa asalkan usia tidak lebih dari 25 tahun.

jalur seleksi Kampus Unesa
Photo by Yan Krukau on Pexels

3. SPMB

Berdasarkan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru atau Sipenmaru Unesa, ada beberapa jalur Seleksi Mandiri. Jalur Mandiri Unesa ini disebut SMPB. Untuk saat ini belum diketahui dengan pasti apa saja pilihan jalur dan jadwal SPMB Unesa 2023, tetapi kita bisa membuat persiapan dengan melihat pilihan jalur dan jadwal SPMB Unesa dari tahun sebelumnya.

1. Jalur UTBK Nasional

Jalur SPMB Unesa ini disebut Jalur UTBK Nasional atau Jalur Nontes. Jika ingin menggunakan jalur ini, kamu harus mengikuti SNBT dan UTBK. Seandainya tidak lolos di SNBT, nilai UTBK-mu bisa digunakan untuk mengkuti Jalur Nontes UTBK di Unesa. Pendaftaran Mandiri Unesa jalur ini pada tahun sebelumnya berlangsung di akhir bulan Juni – pastinya setelah pengumuman SNBT.

2. Jalur Prestasi Keagamaan

Sobat Pintar punya prestasi di bidang keagamaan? Kalau iya, kamu bisa memilih jalur prestasi Unesa ini. Untuk pemeluk agama Islam, jalur prestasi yang bisa dipilih antara lain Jalur Pesantren, Jalur Tahfidz, dan Jalur MTQ. Jalur SPMB ini juga terbuka untuk pemeluk agama Katholik, Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu, dengan prestasi keagamannya masing-masing. Pada tahun sebelumnya, pendaftaran Unesa Jalur Mandiri ini berlangsung setelah SPMB Jalur Nontes UTBK, yakni di akhir Juni hingga awal Juli disusul dengan tes tulis dan uji keterampilan.

3. Jalur Prestasi Olahraga

Sesuai namanya, jalur SPMB ini ditujukan buat kalian yang punya prestasi di bidang olahraga. Jadwal pendaftaran Unesa untuk jalur prestasi Mandiri di semua bidang biasanya dilaksanakan secara serempak, begitu pula dengan jadwal tes dan uji keterampilan.

4. Jalur Prestasi Seni

Jalur prestasi Unesa yang satu ini ditujukan buat calon mahasiswa baru yang punya prestasi di bidang seni. Pendaftaran Mandiri Unesa jalur ini pun semestinya dilaksanakan bersamaan dengan jalur-jalur prestasi lainnya.

5. Jalur Prestasi Kepemimpinan

Jalur seleksi kampus Unesa ini ditujukan khusus buat calon mahasiswa baru yang pernah menjabat sebagai ketua atau sekretaris OSIS. Perlu dicatat, Sobat, seluruh jalur prestasi Unesa tahun lalu membuka pilihan satu prodi saja.

6. Jalur TMUBK

TMUBK adalah Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer. Jalur Mandiri Unesa ini sama seperti UTBK, tetapi diselenggarakan secara mandiri oleh kampus Unesa. Pendaftaran SPMB Unesa ini tahun lalu berlangsung mulai awal bulan Juli. Tesnya berlangsung di pertengahan Juli, kemudian diikuti dengan pengumuman. Khusus peserta TMUBK Disabilitas, ada tambahan tes wawancara yang menyusul setelah tes tulis. Untuk Jalur Mandiri Unesa TMUBK, peserta dapat memilih dua pilihan prodi, baik di Program Sarjana maupun Vokasi.

Meskipun belum dapat dipastikan untuk tahun 2023, Jalur Afirmasi (ADik) sebenarnya juga merupakan bagian dari SPMB Unesa. Selain mahasiswa ADik, Unesa juga menerima mahasiswa KIP Kuliah. Pada tahun 2022 tercatat ada 21 mahasiswa ADik dan 1.286 mahasiswa KIP Kuliah di Unesa.

Kalau begitu, manakah jalur pilihanmu untuk masuk Unesa, Sobat Pintar? Yang manapun itu, pastinya jangan sampai terlewat masa pendaftarannya ya, Sobat. Untuk mendapatkan update jadwal pendaftaran Mandiri Unesa, kamu bisa mengunjungi laman Sipenmaru Unesa secara berkala. Kamu juga bisa memanfaatkan pendaftaran online Unesa biar bisa sat set mengikuti SPMB-nya nanti.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog