redesain-navbar Portlet

Blog

photo via en.wikipedia.org

Ini 5 Perguruan Tinggi Super Prestisius di Jepang – Udah Tau, Belum?

Mahasiswa Internasional

Kalau ngomongin tentang budaya pop kekinian di Asia, kita pasti langsung nunjuk ke Korea Selatan. Tapi kalau pendidikan? Apa ya masih negara yang sama?

Nope! Jepanglah juaranya di Asia, Sobat Pintar. Negara ini punya sistem pembelajaran yang terbaik di benua tempat tinggal kita saat ini. Nggak percaya? Coba lihat kampus-kampus jempolan di Jepang berikut.

 

1. Nagoya University (Meidai)

Universitas ini sudah berdiri sejak masa Kekaisaran Meiji. Berawal sebagai sekolah medis, Meidai sekarang jadi rumahnya mahasiswa yang belajar sains. Bahkan, pihak universitas juga menawarkan hibah penelitian dan beasiswa bagi mahasiswanya. Jika kamu kurang mahir dalam berbahasa Jepang, Ilmu Sosial, Kimia, dan Teknik Otomotif adalah pilihan jurusan yang tersedia karena kelas-kelasnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Banyak tokoh yang dilahirkan dari almamater ini. Sebutlah, Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano para penemu Blue-LED, Reiji Okazaki pakar biologi molekular penemu fragmen Okazaki, ataupun Yoshinori Okazaki penemu oxaliplatin untuk kemoterapi.

 

2. The University of Tokyo (Todai)

Universitas ini mungkin yang paling populer dikalangan mahasiswa internasional di Jepang, terutama Fakultas Seni Liberal yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Selain Seni dan Sastra, Jurusan Sains dan Hukum juga menjadi favorit di kampus yang berdiri pada era Meiji ini. Banyak alumni Todai yang menjadi penerima Nobel dan politikus di Jepang.

Kampus Todai saat initersebar di lima lokasi: Nakano, Shirokane, Kashiwa, Komaba, dan Hongo. Seluruhnya, terdapat 10 fakultas yang menaungi puluhan ribu mahasiswa, diantaranya adalah ribuan mahasiswa internasional. Jika menjadi mahasiswa internasional di universitas ini, ada kemungkinan kamu mendapat bantuan dana kuliah, beasiswa, hingga dukungan karir.

 

3. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Dari namanya, kamu bisa langsung tebak kalau perguruan tinggi ini berhubungan dengan teknik dan teknologi – semacam ITB-nya kita gitu deh, walaupun beda ukuran. Lulusannya banyak yang berkarir dibidang teknik dan sains meskipun kampus ini juga punya Fakultas Kedokteran. Selain itu, Tokyo Tech ini juga punya Jurusan Biologi, Astronomi, Manajemen, dan lain-lain yang seluruhnya tersebar di tiga lokasi, yaitu Tamachi, Suzukakedai, dan Ookayama.

Mahasiswa internasional Tokyo Tech juga mencapai ribuan. Dengan adanya beasiswa dan layanan dukungan yang lengkap, mahasiswa mana sih yang nolak kuliah di Tokyo Tech?

 

4. Kyoto University (Kyodai)

Kyoto di Jepang nih mirip sama Jogjanya kita: jauh dari keramaian ibukota, kental dengan adat istiadat, banyak tempat bersejarah, dan banyak tempat yang edukatif – di kota dengan suasana seperti inilah Kyodai berada. Kampus utama Kyodai berada di pusat kota Kyoto, Yoshida. Pusat riset energi dan ilmu alam berada di kampus Uji, Prefektur Kyoto. Dan kampusnya yang terbaru, Katsura, berlokasi tak jauh dari kampus utama.

Alumni Kyodai banyak yang meraih Nobel dibidang Biologi Molekuler, Kimia, dan Fisika. Sayangnya, hanya satu jurusan yang membuka kelas berbahasa Inggris, yaitu Teknik Sipil. Jika pilihanmu ada pada jurusan lain, harus meningkatkan keterampilan Bahasa Jepangmu, nih! Is it worth it? Yup, tentu saja karena kampus ini juga menawarkan beasiswa, akomodasi, bahkan dukungan karir bagi mahasiswa internasional.

 

5. Waseda University (Soudai)

Universitas swasta ini keren banget, Sobat Pintar. Pasalnya, Soudai punya kerjasama dengan University of Cambridge, University of Hongkong, dan Yale University. Enam fakultasnya menawarkan kelas berbahasa Inggris, dan layanan dukungan bagi mahasiswa internasional juga cukup lengkap.

Mau tahu alumninya? Beberapa diantaranya adalah Masaru Ibuka pendiri Sony, Tadashi Yanai pendiri Fast Retailing, Take Fukui CEO Honda Motor, termasuk beberapa Perdana Menteri Jepang sendiri. Selain melahirkan orang-orang beken dibidang ekonomi, industri, dan politik, kampus ini juga memberi sumbangsih pada dunia sastra dengan kehadiran Machi Tawara dan Haruki Murakami. Keren nggak tuh?

 

Ingin merasakan jadi mahasiswa di kampus-kampus kece ini? Siapa sih, yang nggak mau? Selain kualitas pendidikannya, fasilitas yang disediakan bagi pelajar dan mahasiswa di Jepang pastinya sangat menggiurkan.

Lebih masukan Blog

Pilih Jurusan Kuliahmu Sesuai dengan Tipe Kepribadianmu – Punyamu yang Mana, Nih?

Masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah? Udah tahu kan, kalau pilihan jurusan tuh...

2 Universitas di Singapura Ini Beda, tapi Sama-Sama Keren

Singapura, negara kecil yang lokasinya bertetangga dengan kita ini punya sederet perguruan...

Menambah Komentar

S
Safira Nur Fauziah 11 Bulan Lalu
Osaka University ngga masuk ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line