redesain-navbar Portlet

Blog

photo via good.co

Pilih Jurusan Kuliahmu Sesuai dengan Tipe Kepribadianmu – Punyamu yang Mana, Nih?

Tips Kuliah

Masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah? Udah tahu kan, kalau pilihan jurusan tuh sebaiknya disesuaikan dengan kepribadianmu? Etapinya, udah tau belum, kepribadianmu seperti apa dan bagaimana? Yah... kalau masih bingung tentang kepribadian sendiri, gimana bisa menentukan pilihan jurusan kuliahnya? Nah, coba lihat tipe kepriadian yang dirumuskan oleh John Lewis Holland berikut ini dan jurusan kuliah apa yang direkomendasikan.

 

1. Realistic (Doer)

Orang dengan kepribadian ini cenderung menjadi pelaku yang realistis. Jika kamu lebih menyukai kegiatan fisik, kebebasan, hal-hal yang praktis dan kongkrit, maka kemungkinan besar kamu adalah tipe realistic. Pada intinya, tipe kepribadian ini nggak neko-neko walaupun secara umum kurang menonjol dalam keterampilan verbal dan sosial.

Bekerja dengan mengoperasikan alat atau mesin, berinteraksi dengan lingkungan sekitar baik hewan maupun tumbuhan, dan berada di luar ruangan akan membuat seorang tipe realistic merasa nyaman. Seorang realistic, yang lebih menyukai praktek ketimbang teori, akan melahab habis kemampuan penunjang seperti Matematika, pemrograman, ataupun komputer.

Makanya, orang-orang realistic ini adalah kandidat terbaik untuk Jurusan Kedokteran Hewan, Kehutanan, Teknik Arsitektur, Ilmu Keolahragaan, Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Farmasi, Teknik Sipil, Teknik Pertanian, Teknik Perikanan, Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Elektronika, termasuk juga Sekolah Pilot.

 

2. Investigative (Thinker)

Tipe pemikir yang suka meneliti, merenung, dan menginvestigasi ini adalah orang-orang yang suka bermain dengan logika. Orientasi utama seorang investigative adalah pada tugasnya yang intraseptif dan abstrak, bukan pada kehidupan sosial. Sebagai seorang intelek, orang dengan kepribadian ini suka menganalisis dengan pemikiran runtut seperti buku panduan penelitian ilmiah.

Jika kamu memiliki ciri seperti ini, pertimbangkan untuk kuliah di Jurusan Ilmu Ekonomi, Teknik Metalurgi, Seni Musik, Sistem Informasi, Sastra Asing, Psikologi, Matematika, Kriminologi, Software Engineering, Desain Periklanan, Biologi, Gizi, Fisika, ataupun Kimia.

 

3. Artistic (Creator)

Kamu orang yang kreatif dengan ide-ide yang orisinal? Mungkin kamu tergolong kedalam tipe ini, seorang kreator yang intuitif, imajinatif, penuh spontanitas, dan suka menciptakan hal-hal baru. Orang-orang artistic biasanya memiliki keterampilan komunikasi yang luwes, jago dalam ekspresi verbal dan visual.

Menjadi seorang maestro yang estetis, kamu akan hepi sekali jika kuliah di Jurusan Teknik Informatika, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Teknik Planologi, Tata Boga, Desain Komunikasi Visual, Jurnalistik, Seni Musik, Seni Tari, Teknik Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, atau Seni Rupa.

Dengan menguasai bidang visual art seperti menggambar, suka berkarya, memiliki bakat seni, bahkan menguasai bidang software komputer, kamu yang berjiwa kreator dan artistik ini bisa menjadi seorang fotografer, komposer, pelukis, pemain musik, penari, desainer busana, desainer grafis, penulis fiksi, atau profesi lain yang sejenis.

 

4. Social (Helper)

Orang-orang berhati malaikat ini adalah mereka yang memiliki jiwa sosial tinggi – yak, itu kamu yang punya empati, suka bekerjasama, punya kepedulian, penyabar, dan murah hati. Orang-orang berkepribadian penolong ini biasanya pandai bergaul dan memiliki kecakapan verbal yang baik. Kepekaan dan kemampuan interpersonal yang tinggi membuat orang-orang ini menjadi hero atau pahlawan bagi sekitarnya.

Kamu tipe orang seperti ini? Cobalah kuliah di Jurusan Hukum, Farmasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Hubungan Internasional, Keperawatan, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Bisnis, Manajemen, Bimbingan Konseling, atau Psikologi. Karena kamu juga membutuhan perhatian sebagai timbal balik, profesi yang dilahirkan dari jurusan-jurusan ini mungkin bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

 

5. Enterprising (Persuader)

Dikenal juga sebagai tipe pembujuk yang bisa dengan mudah mempengaruhi orang lain, sebenarnya orang-orang dengan kepribadian ini suka mengatur dan memimpin. Ciri seorang enterprising antara lain memiliki kepribadian yang dominan, supel, penuh semangat, penuh percaya diri, dan cukup kompetitif.

Jika kamu memiliki kharisma untuk dipercaya orang-orang disekitarmu dan membuat mereka mendengar apapun yang kamu katakan, sepertinya kamu tipe orang persuasif ini. Dan jurusan kuliah yang direkomendasikan adalah? Pertimbangkan Jurusan Bisnis, Manajemen, Pemasaran, Teknik Industri, Hubungan Masyarakat, atau Ilmu Komunikasi. Bahkan Ilmu Pemerintahan maupun Pendidikan Militer mungkin sekali cocok untukmu.

 

6. Conventional (Organizer)

Jika kamu suka melakukan sesuatu yang rutin dan berulang, suka bekerja dengan data dan angka, mungkin sekali kamu tipe pengorganisir atau pengatur. Orang-orang bertipe ini cenderung konservatif, menyukai kerapian dan keteraturan. Perhatian pada detil, mahir dalam mengolah informasi, menginginkan akurasi yang tinggi, serta bekerja secara efisien dan cekatan adalah sebagian dari ciri orang conventional.

Kamu yang bertipe ini akan nyaman bekerja dengan panduan kerja yang jelas di sebuah ruangan. Nah, bagaimana kalau mempertimbangkan Jurusan Manajemen, Akuntansi, Ilmu Perpustakaan, Matematika, Statistika, atau Teknik Komputer, sebagai pilihan kuliah?

 

Dalam teorinya, John L. Holland meyakini bahwa seseorang yang bekerja dibidang yang sesuai dengan karakternya dapat menghasilkan produktivitas maksimal. Alhasil, orang-orang macam ini punya kemungkinan yang lebih besar untuk lebih sukses. Rumusan ini sekedar rekomendasi, tapi cukup menarik untuk dipertimbangkan juga, bukan?

Lebih masukan Blog

Sudah Tepatkah Pilihan Jurusan Kuliahmu?

Masih bingung menentukan pilihan dan ingin tahu lebih banyak tentang berbagai jurusan kuliah?...

Ini 5 Perguruan Tinggi Super Prestisius di Jepang – Udah Tau, Belum?

Kalau ngomongin tentang budaya pop kekinian di Asia, kita pasti langsung nunjuk ke Korea...

Menambah Komentar

RR
rahmanpaduai rahmanpaduai 1 Tahun Lalu
luar biasa
Harap sign in untuk melanjutkan.
R
Rahmad Ramadhan 1 Tahun Lalu
nice
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka