redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Menentukan Waktu Terbaik untuk Belajar, photo via www.thestudygurus.com

Ini Cara Menentukan Waktu Terbaik untuk Belajar

Belajar menjadi lebih efektif bila sesuai dengan jam biologis.

As a student, you don't have a choice but to wake up early. And in order to be able to do so, you need to get to bed early as well. But as you get to college, you'll learn that things are quite different.

 

Waktu Aktif dan Produktif yang Berbeda

Karena ditentukan oleh genetiknya masing-masing, ada orang yang memang secara alami lebih aktif sejak pagi hari (early bird) dan ada yang lebih produktif dimalam hari (night owl). Bila kecenderungan tersebut terpaksa harus mengikuti jadwal selama sekolah, bagaimana setelah kuliah?

Berbeda dari jam sekolah, jam kuliah tak harus dari pagi sampai sore. Bisa jadi nanti Sobat kuliah dari sore sampai malam. Mahasiswa pada beberapa jurusan terkenal sering begadang karena harus praktikum atau mengerjakan tugas. Bahkan, mahasiswa Kedokteran rata-rata sudah tak bisa ditentukan lagi masuk kategori early bird atau night owl.

Bagaimana dengan Sobat Pintar? Seiring waktu, Sobat akan mampu menakar, apakah merasa lebih produktif disiang atau malam hari. Live Science menyebutkan bahwa kecenderungan seseorang untuk lebih aktif disiang atau malam hari ditentukan oleh genetik biologisnya. So, you must have been showing the signs of being an early bird or night owl.

 

Ritme Sirkadian dan Jam Belajar

Ritme sirkadian adalah proses internal yang secara alami mengatur siklus terjaga dan terlelap kita selama 24 jam. Bagi seorang early bird, waktu terjaganya adalah pagi hari dan terlelapnya dimalam hari. Sebaliknya, seorang night owl cenderung terjaga dimalam hari – bukan insomnia ya, Sobat.

Dan kenapa kita perlu mengenali waktu alami kapan kita paling aktif dan produktif? Once you know your circadian rhythm, you'll be able to determine the best time to study. Pelajar yang dapat berkonsentrasi dengan lebih baik dipagi hari dikenal sebagai day studier. Sementara itu, pelajar yang lebih mudah fokus dimalam hari dikenal sebagai night studier.

Seorang day studier biasanya juga seorang early bird. Demikian pula, seorang night studier pada umumnya bertipe night owl. Nah, Sobat Pintar cederung seorang early bird atau night owl?

A day studier, just like an early bird, wakes up as the sun rises. Energi seorang day studier melimpah ruah dipagi hari, sehingga dapat fokus menyerap materi pelajaran dengan baik. Alhasil, belajar pada waktu-waktu tersebut akan sangat efektif karena otak dalam kondisi segar dan siap menyerap pelajaran.

A night studier, on the other hand, is similar to a night owl. Orang-orang yang seakan mendapat suntikan energi begitu langit gelap ini lebih menyukai suasana tenang dimalam hari untuk belajar. Dengan sedikitnya gangguan, pikiran akan lebih jernih dan ide-ide kreatif pun mengalir deras.

 

Waktu Terbaik untuk Belajar

Jadi, kapan sebaiknya waktu yang terbaik untuk belajar, pagi atau malam hari? Once you know yourself, if you're either a day or night studier, you can determine the best time to study. Kecuali pada jam sekolah atau kuliah yang telah terjadwal, belajar sesuai dengan ritme sirkadian Sobat sendiri akan lebih efektif.

It's important to note, however, that there's no such thing as the best time to study. Sebagaimana tak ada orang yang benar-benar sepenuhnya night owl hingga tidur terus sepanjang hari, atau early bird yang segera berkegiatan tanpa jeda sejak matahari terbit hingga sore hari. We're all just human, anyway.

Kita hanya berusaha untuk menemukan waktu terbaik ketika kita merasa paling aktif dan produktif. Karena ketika energi kita sedang banyak-banyaknya, bukankah sebaiknya dimanfaatkan dengan baik?

Lebih masukan Blog

Ceritakan tentang Dirimu – Bagaimana Menjawabnya?

Ada yang bercita-cita mengikuti Seleksi Mandiri, Sobat? Tentunya tidak, ya. Pasalnya,...

Prospek Cerah Alumni Jurusan-Jurusan Teknik – Part 1

Dalam salah satu adegan serial TV yang cukup populer, si anak bercerita bahwa babe ingin...

Menambah Komentar

I
Indi Netanya Abdi 5 Bulan Lalu
sukaa
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka