redesain-navbar Portlet

Blog

Prospek Cerah Alumni Teknik, photo via schooldu.com

Prospek Cerah Alumni Jurusan-Jurusan Teknik – Part 1

Berbagai jurusan teknik menawarkan masa depan cerah bagi alumninya.

Dalam salah satu adegan serial TV yang cukup populer, si anak bercerita bahwa babe ingin anaknya menjadi dokter atau insinyur. Bagi orang tua pada generasi babe, kuliah hanya akan menghasilkan salah satu dari dua kemungkian: kalau bukan dokter, berarti insinyur – atau sebaliknya.

Setelah berganti generasi, meskipun profesi-profesi lain terus tumbuh dan berkembang, dokter dan insinyur tetap memiliki tempat yang istimewa. Maka tak heran, Fakultas Teknik tetap memiliki peminat yang cukup tinggi dari tahun ketahun. Now, don't you want to know what the faculty has to offer to you?

 

Teknik Mesin

Kuliah di Jurusan Teknik Mesin berarti Sobat Pintar nanti akan belajar tentang prinsip-prinsip Fisika yang diterapkan pada pemeliharaan, manufaktur, desain, dan analisis mesin. Mekanika, teknik material, termodinamika, dan kinematika pun dipelajari disini.

Alumni jurusan ini memiliki kemampuan dalam perekayasaan dan pemeliharaan mesin-mesin modern sehingga dapat digunakan dalam produksi, khususnya industri skala besar. Alhasil, alumni Teknik Mesin dibutuhkan dalam industri manufaktur, teknologi, pertambangan, maupun otomotif.

Selain dibutuhkan dalam industri mesin, industri kimia, dan jasa konstruksi mesin, Sarjana Teknik Mesin dibutuhkan diberbagai instansi pemerintah, seperti Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral,
Deperindag, maupun Dephub. Apakah salah satunya merupakan bidang kerja yang Sobat inginkan?

 

Teknik Sipil

Mahasiswa Teknik Sipil belajar tentang proses perancangan, pembangunan, dan renovasi bangunan gedung, jembatan, jalan, maupun infrastruktur lainnya. Untuk itu, dijurusan ini dipelajari tentang unsur-unsur bangunan seperti beton, aspal, baja, dan lain-lain sehingga perancangan struktur bangunan yang kuat, efisien, dan layak dapat terpenuhi.

Oleh sebab itu, Sarjana Teknik Sipil dibutuhkan oleh perusahaan properti, konstruksi, maupun pengembang. Alumni Teknik Sipil pun dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi dan infrastruktur negara-negara berkembang. Di Indonesia, mereka dibutuhkan di Kementerian PUPR, BPN, maupun BUMN yang bergerak dibidang konstruksi.

 

Teknik Industri

Alumni Teknik Industri memiliki kompetensi dibidang rekayasa dan pengelolaan industri. Mereka memiliki pendidikan yang sesuai untuk merancang, menginstalasi, mengembangkan, dan menjalankan sistem yang terdiri dari manusia, mesin, bahan, energi, dan informasi.

Terkait dengan kompetensinya, Sarjana Teknik Industri dibutuhkan pada divisi produksi, HRD, perencanaan biaya, maupun engineering pada industri multinasional, kimia, elektronika, mesin, gas bumi, hingga proses industri. Pada instansi pemerintah, Sarjana Teknik Industri dibutuhkan di Bappeda, Bappenas, Departemen ESDM, atau Deperindag.

 

Arsitektur

Seorang arsitek dibutuhkan oleh perusahaan properti maupun konstruksi karena kompetensinya dibidang teknologi arsitektur. Dalam masa studinya, mahasiswa Arsitektur belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan, mencakup firmitas, estetika, venustas, dan utilitas.

Dibekali dengan kesadaran pada estetika dan seni, pengelolaan bangunan dan kawasan, termasuk pula rekayasa, seorang arsitek memiliki peluang kerja yang cukup luas – apalagi, tren properti sekarang ini cukup kencang. Arsitek pun dapat bekerja di Departemen PU, Bappeda, Bappenas, maupun Kementrian Perumahan Rakyat.

 

Teknik Penerbangan

Maskapai penerbangan, industri manufaktur, industri jasa perawatan pesawat, Departemen Perhubungan Udara, hingga industri telekomunikasi membutuhkan alumni Teknik Penerbangan (Aeronautika). Alumni jurusan ini memiliki pengetahuan kedirgantaraan tentang perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat.

Sedikit berbeda dari Astronautika, Aeronautika berkaitan dengan penerbangan di dalam atmosfer bumi, yaitu pesawat komersil, helikopter, maupun pesawat militer. Sementara itu, Astronautika berkaitan dengan peberbangan di luar atmosfer bumi, seperti satelit, roket, maupun wahana antariksa yang lain.

 

Teknik Nuklir

Ingin bekerja di Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen ESDM, Deperindag maupun instansi pemerintah yang lain? Sobat Pintar dapat mengawalinya dengan menuntut ilmu tentang pengembangan dan penerapan iptek nuklir di Jurusan Teknik Nuklir.

Dijurusan ini, mahasiswanya belajar tentang pemanfaatan bahan radioaktif dan radiasi secara aman dibidang medis dan energi. Dibidang medis, nuklir dibutuhkan pada radiodiagnosis dan radioterapi. Dibidang energi, alumni Teknik Nuklir dibutuhkan pada industri pertambangan dan perminyakan, kimia, permesinan, hingga informatika.

 

Ingin tahu lebih banyak tentang prospek jurusan-jurusan teknik yang lain? Keep reading Aku Pintar's blog, Sobat! You should expect the latter part in the upcoming post.

Lebih masukan Blog

Ini Cara Menentukan Waktu Terbaik untuk Belajar

As a student, you don't have a choice but to wake up early. And in order to be able to...

Prospek Cerah Alumni Jurusan-Jurusan Teknik – Part 2

Masih tentang prospek dibidang teknik, Sobat. Let's continue the latter part so that you'll...

Menambah Komentar

D
Dellari Nikmatul Barikh 4 Bulan Lalu
kok ga bisa dibuka ya kak?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line