redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ini dia! Ketahui 5 Kota dan Kampus dengan Biaya Hidup Termurah

Biaya hidup selama kuliah perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa.

Biaya Hidup Termurah, image by Yoshua Giri from unsplash

Sering terabaikan, padahal biaya hidup saat kuliah sebenarnya sama pentingnya dengan UKT maupun uang pangkal. Biaya hidup memang komponen yang berbeda dari UKT atau biaya-biaya kuliah sejenisnya. Jika biaya kuliah terkait dengan pihak universitas, biaya hidup lebih dipengaruhi oleh harga-harga di suatu kota atau wilayah.

Lantas, di kota manakah biaya hidup yang terhitung murah saat ini? Ayo cari tahu, Sobat. Siapa tahu, barangkali kampus incaranmu berada di salah satu kota berikut ini.

 

1. Yogyakarta

Siapa yang tak kenal dengan kota pelajar di Indonesia ini? Biaya hidup yang sangat terjangkau membuat Yogyakarta menjadi kota idaman mahasiswa. Kamar kos di kota ini berkisar antara Rp300.000,00 – Rp2.000.000,00-an per bulan, tergantung fasilitasnya. Sedangkan harga sewa kontrakan berkisar Rp7.500.000,00-an per tahun.

Sepiring nasi seharga Rp10.000,00 pun sudah cukup mengenyangkan perut. Untuk menu sederhana, biaya makan sehari cukup berkisar Rp30.000,00-an. Dengan budget yang terbatas, mahasiswa Yogyakarta dapat bertahan hidup dengan Rp1.500.000,00 sebulan di kantongnya.

Ingin jadi mahasiswa dari universitas negeri termurah di Indonesia? Di Yogyakarta ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta. Tak ketinggalan, masih ada kampus swasta seperti Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, ataupun Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 

2. Solo

Tak jauh dari Yogyakarta, Solo juga menawarkan biaya hidup saat kuliah yang terjangkau. Biaya kos, makan, sampai transportasi di Solo tak terlalu jauh dari biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa di Yogyakarta.

Jika Sobat mencari universitas termurah di Jawa, barangkali Universitas Sebelas Maret adalah salah satu jawabannya. Masih ada pula ISI Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta di kota ini.

 

3. Malang

Jawa Timur juga punya kota pelajar, yaitu Malang. Harga kos mahasiswa di Malang berkisar antara Rp600.000,00 – Rp1.500.000,00-an per bulan. Semakin dekat dengan kampus dan fasilitasnya semakin baik, biasanya semakin tinggi pula harga kosnya. Sedangkan harga kontrakan mahasiswa di kisaran Rp10.000.000,00 – Rp40.000.000,00-an per tahun.

Biaya hidup saat kuliah di Malang, khususnya biaya makan, memang sangat student friendly. Pengeluaran makan sehari-hari masih di kisaran Rp30.000,00-an. Warung-warung makan di sekitar kampus dan area rumah kos menyediakan menu-menu yang sangat affordable.

Bagaimana dengan kampusnya? Di kota ini ada Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Malik Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Malang, dan berbagai kampus lain.

 

4. Surabaya

Ingin kuliah di universitas murah biaya hidupnya? Coba pertimbangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, atau Universitas Surabaya. Iya, kampus-kampus ini ada di kota pahlawan, Surabaya.

Harga kos mahasiswa di Surabaya berkisar antara Rp300.000,00 – Rp1.500.000,00-an per bulan, tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Sedangkan harga kontrakan mahasiswa sekitar Rp20.000.000,00-an setahun yang bisa dibagi dengan teman-teman mahasiswa yang lain.

Harga makanan mahasiswa di Surabaya masih ada yang tersedia di kisaran Rp10.000,00 – Rp14.000,00-an. Biaya hidup saat kuliah di Surabaya cukup terjangkau, bukan?

 

5. Semarang

Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang ada di kota ini. Ingin tahu kenapa keduanya terbilang sebagai universitas negeri termurah di Indonesia, Sobat?

Harga kos mahasiswa di Semarang berkisar antara Rp300.000,00 – Rp600.000,00-an sebulan. Kamar kos seharga Rp1.000.000,00-an per bulan sudah lengkap dengan fasilitas pendingin ruangan. Dengan harga makanan di kisaran Rp7.000,00 – Rp13.000,00-an saja, bukankah biaya hidup saat kuliah di Semarang sangat terjangkau, Sobat?

 

Perlu diingat, biaya hidup saat kuliah tentu berbeda dari biaya hidup karyawan atau pekerja. Dan pada umumnya, semakin baik fasilitas kamar kos, semakin tinggi pula harga yang dibanderol. Misalnya, kamar kos dengan kamar mandi dalam tentu ditawarkan dengan harga lebih tinggi daripada kamar kos dengan kamar mandi luar.

Pilihan menu juga menentukan harga per porsi makanan. Sebagai mahasiswa, ketika Sobat menemukan lokasi warung makan, tempat kos, dan universitas termurah bisa menjadi prestasi tersendiri nggak, sih?

290

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
LOLOS SBMPTN 2020, Amin
00
di medan termasuk besar gk biaya hidupnya?
00
min, review biaya hidup anak kuliahan di Purwokerto dong
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp