redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit  SIHONO

Intip Jurusan yang Dibutuhkan pada Rekrutmen CPNS 2018

Jurusan Formasi CPNS

Apakah bekerja dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil masuk dalam salah satu opsi masa depanmu? Jika memang iya, maka semestinya kamu mengetahui tentang rekruitmen CPNS pada bulan September 2018 kemarin. Penasaran gak sih, jurusan apa saja yang permintaannya tinggi untuk CPNS tahun ini? Yuk, kepoin!

 

1. Pendidikan Guru

Yup, formasi guru masih banyak dibutuhkan di negeri ini. Ada puluhan ribu formasi CPNS bagi penyandang gelar S.Pd. Rasa-rasanya, para lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan – terutama pada Jurusan PGSD dan PAUD – hampir seluruhnya menargetkan lowongan ini.

 

2. Pendidikan Guru Agama

Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Budha tahun ini memperebutkan ribuan hingga belasan ribu formasi guru agama negeri untuk bertugas di Jakarta dan provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Oh ya, guru agama bekerja dibawah Kementerian Agama, bukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

3. Teknik

Ini nih, fakultas yang nggak ada matinya. Setiap jurusannya high demand banget, baik dipasar swasta maupun negeri. Pada selesi CPNS 2018 saja, pemerintah membuka puluhan ribu formasi untuk lulusan Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, dan Teknik Pertambangan.

 

4. Kedokteran

Formasi terbesar kedua setelah tenaga pendidik yang saat ini dibutuhkan pemerintah adalah tenaga kesehatan. Puluhan ribu dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, dan tenaga medis dibutuhkan untuk membangun wilayah-wilayah yang tertinggal. Itulah kenapa lulusan Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat punya peluang besar untuk berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

 

Total ada ratusan ribu formasi PNS pada tahun 2018, dan sepertinya angka ini takkan berkurang pada saat kamu masuk dunia kerja nanti. Hanya saja, mungkin formasi yang dibutuhkan akan berbeda, tak selalu menitikberatkan pada bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur, karena akan menyesuaikan dengan keadaan pada saat itu.

Jika menjadi PNS memang salah satu alternatif menarik buat masa depanmu, perhatikan kuota dan formasi yang dibuka pada setiap tes CPNS. Bila sesuai dengan jurusan pilihanmu, segera saja sikat kesempatan untuk bekerja sebagai abdi negara. Ya... kali-kali aja keberuntunganmu disitu. Ya, nggak?

Lebih masukan Blog

Tahapan Seleksi Menjadi Pilot – Sudah Siapkah Kamu?

Hayoo acung tangan, siapa yang pengen jadi pilot? Mau tau bagaimana rekruitmen pilot di...

6 Cara Menjadi Juara

Kamu merasa jadi orang yang gampang cemas, khawatir, atau takut? Pingin jadi orang yang lebih...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line