redesain-navbar Portlet

Blog

IPC Kembali, image via www.tsu.edu/

IPC Kembali pada UTBK 2020, Apa Lagi yang Beda?

IPC kembali menjadi pilihan rumpun ujian pada seleksi masuk PTN 2020.

Sudah siap menghadapi UTBK 2020, Sobat? Sudah tahukah bahwa UTBK 2020 berbeda dari UTBK 2019? Bukan berarti keduanya benar-benar berbeda sepenuhnya, tapi ada perubahan yang terhitung cukup penting dan menentukan. Apa saja perubahan itu? Let's find out!

 

1. Berapa Kali UTBK Dapat Diikuti

Sobat Pintar yang mengikuti UTBK 2019 berkesempatan mengikuti ujian hingga dua kali. Bukan keharusan, tapi kenapa tak memanfaatkan kesempatan emas tersebut? Siapa tahu, barangkali skor pada ujian kedua bisa lebih baik daripada yang pertama. Kalaupun skor kedua tak lebih baik, kita masih dapat memilih skor terbaik untuk SBMPTN.

Namun ternyata LTMPT berkesimpulan bahwa secara umum tak terdapat perbedaan skor yang signifikan antara ujian pertama dan kedua. Alhasil, kebijakan untuk mengikuti UTBK dua kali tersebut dicabut. Dengan kata lain, peserta UTBK 2020 dapat mengikuti ujian satu kali saja.

 

2. Durasi Pelaksanaan UTBK

Karena perbedaan jumlah ujian yang dapat diikuti, jangka waktu pelaksanaan UTBK-pun berbeda. Pada UTBK 2019, ujian berlangsung selama satu setengah bulan – mulai tanggal 13 April 2019 hingga 26 Mei 2019. Dalam durasi ini, terdapat 20 sesi ujian yang dapat diikuti peserta sesuai jadwalnya masing-masing.

Sedangkan pada UTBK 2020, ujian dijadwalkan berlangsung pada 20-26 April 2020. Selama satu pekan, peserta ujian akan terbagi kedalam 14 sesi jadwal ujian. Jangan khawatir, Sobat. Pihak LTMPT tentunya telah memperkirakan bahwa seluruh peserta UTBK sudah mengikuti satu kali ujian dalam 14 sesi tersebut.

 

3. Kembalinya IPC (Campuran)

Selama bertahun-tahun IPC (Campuran) menjadi pilihan bagi kita yang ingin lintas jurusan saat seleksi masuk PTN, baik dari IPA ke IPS atau dari IPS ke IPA. Namun pada UTBK 2019, pilihan IPC tidak ada. Sobat Pintar yang ingin lintas jurusan harus mengikuti ujian TKA dua kali, masing-masing pada rumpun IPA/ Saintek dan IPS/ Soshum.

Bagaimana dengan UTBK 2020 nanti? Karena hanya dapat mengikuti satu kali ujian, maka kita dapat memilih rumpun IPC (Campuran) untuk lintas jurusan. Tentunya, waktu yang diberikan untuk mengikuti TKA IPC juga lebih banyak dibanding mereka yang mengikuti TKA IPA atau TKA IPS saja.

 

4. Pengumuman UTBK

Peserta UTBK 2019 dapat segera mengetahui hasil ujiannya dalam 10 hari setelah mengikuti ujian. Terutama bagi mereka yang mengikuti ujian dua kali, kebijakan ini sangat menguntungkan. Karena bila merasa kurang puas dengan skor yang telah diperoleh dari ujian pertama, kita dapat segera bersiap untuk ujian kedua.

Hal ini berbeda pada UTBK 2020 yang hanya dapat diikuti satu kali oleh setiap peserta. Seluruh peserta UTBK 2020 nanti dapat mengetahui hasil ujiannya pada 12 Mei 2020.

 

Seleksi masuk PTN memang diselenggarakan setiap tahun. Tapi dari waktu kewaktu, terus saja terdapat perubahan. Boleh dibilang, UTBK 2019 paling berbeda – dengan segala plus minusnya, tentu saja. Dan untuk UTBK 2020, kita pun akan menghadapi ujian yang berbeda dari tahun sebelumnya.

But no worries, Sobat! Selalu ada satu hal yang sama pada setiap seleksi masuk PTN, yaitu belajar dan persiapan yang tekun dalam menghadapinya. Apapun dan bagaimanapun ujian masuk PTN-nya, tetap saja diperlukan perjuangan yang sama gigihnya agar lolos seleksi. Semoga UTBK-mu nanti lancar ya, Sobat!

Lebih masukan Blog

Kebidanan – Inikah Jurusan Kuliah Pilihanmu?

Jurusan ini hanya untuk perempuan. Calon mahasiswanya pun dapat memilih jenjang diploma,...

Teori 4 Tipe Kepribadian – yang Manakah Sobat?

Bila diingat-ingat kembali, apa yang orang bilang tentang Sobat? Cerewet? Pendiam? Rajin?...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka