APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jalur Prestasi Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Jenisnya

Jalur prestasi adalah kesempatan yang bisa didapatkan oleh setiap calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi tanpa tes tulis. Tentu kesempatan ini tidak bisa didapatkan dengan mudah, Sobat Pintar. Untuk bisa masuk kuliah melalui mekanisme ini, kamu perlu memiliki prestasi dan pencapaian tertentu di bidang akademik maupun non-akademik. Lebih jelasnya, yuk simak informasinya di bawah ini!

Pengertian Jalur Prestasi


Di bagian awal artikel ini kami sudah menyampaikan penjelasan singkat terkait istilah ini. Kali ini, kami akan menjelaskannya secara lebih rinci, agar Sobat Pintar bisa semakin paham dengan mekanisme masuk sekolah ini.

Sebenarnya, mekanisme ini bukan hanya bisa digunakan saat masuk perguruan tinggi saja, tapi juga bisa digunakan saat kamu hendak masuk SMP maupun SMA. Hal ini terjadi karena arti sesungguhnya dari jalur prestasi adalah proses seleksi masuk SMP, SMA, dan kuliah dengan mengandalkan prestasi yang pernah dicapai oleh masing-masing siswa.

Tapi, Sobat Pintar mungkin lebih sering mendengar istilah ini setelah lulus SMA. Sebab, jalur ini dapat memberi kesempatan kepada setiap pelajar untuk masuk ke perguruan tinggi, tanpa harus mengikuti ujian masuk seperti SNMPTN dan SBMPTN, Sobat. Menarik, bukan? Selain itu, mekanisme ini juga dapat memberikan keuntungan lain yang wajib kamu tahu.

 

Keuntungan Daftar Jalur Prestasi
 

Siapa sih yang tidak mau masuk perguruan tinggi tanpa harus mengikuti tes tulis? Tentu semua orang ingin mendapatkan kesempatan ini. Bukan hanya membuat kamu lebih mudah masuk universitas impian, ternyata mekanisme satu ini juga memiliki keuntungan lain yang tidak kalah menarik, Sobat. Berikut informasi lebih lanjutnya:

 

1. Kesempatan Mengembangkan Bakat Lebih Tinggi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika mengambil jalur ini adalah memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mengembangkan bakat dalam diri. Kenapa bisa begitu? Karena kamu akan berkuliah di universitas dan jurusan yang sesuai bakat serta minat. Selama berkuliah, kamu bisa lebih mengembangkan bakat dan minat tersebut, karena wawasan yang kamu dapatkan akan semakin bertambah.Lebih Mudah Diterima Masuk Universitas Impian

2. Lebih Mudah Diterima Masuk Universitas Impian

Mendekati waktu pendaftaran kuliah, biasanya murid-murid SMA mulai membuat daftar universitas impiannya. Lalu, apakah kamu juga seperti itu, Sobat? Dengan mengambil jalur ini, kamu bisa lebih mudah mewujudkan salah satu keinginanmu itu. Tidak perlu khawatir tentang soal tes tulis yang harus kamu hadapi, karena kamu tidak perlu mengikuti tes tersebut.

3. Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Lebih Tinggi

Keuntungan ini akan lebih terasa ketika kamu mengambil jalur prestasi kuliah. Bukan hanya beasiswa yang diberikan oleh pihak perguruan tinggi, tapi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur ini juga lebih berkesempatan untuk menerima bantuan biaya dari pemerintah. Makanya, banyak calon mahasiswa dari keluarga tak mampu yang sangat bergantung pada mekanisme masuk kuliah ini.

 

Jenis Pendaftaran Jalur Prestasi

 



Jenis-jenis pendaftaran ini bukan hanya berlaku untuk kuliah saja, tapi juga berlaku untuk jalur prestasi SMP, Sobat Pintar. Sebelumnya, kami sempat mengatakan bahwa prestasi ini tidak hanya meliputi prestasi akademik, tapi juga non-akademik. Jadi, jenis pendaftarannya ini pun bisa dibedakan menurut tipe prestasi yang berhasil kamu capai, yaitu:

1. Jalur Prestasi Akademik

Sobat Pintar, kamu pernah mendengar tentang proses seleksi masuk sekolah ini? Jalur prestasi akademik adalah seleksi masuk yang mengandalkan prestasi di dalam proses pembelajaran sekolah dan dapat dibuktikan dengan nilai rapor. Jadi, tidak perlu kaget jika kamu akan diminta untuk menyerahkan bukti nilai rapor ini saat mengajukan pendaftaran ini.

Nilai minimal jalur prestasi akademik ini tidak akan sama di setiap pelajaran. Hanya saja, jenis-jenis pelajaran yang nilainya sangat diperhitungkan adalah Matematika, IPA, IPS, PKN, dan bahasa Indonesia. Apabila nilai-nilai pelajaran itu bagus, potensimu untuk bisa masuk universitas impian akan jauh lebih tinggi.

2. Jalur Prestasi Non-Akademik

Hanya dari namanya saja kamu pasti sudah tahu kalau jalur ini berbeda dengan jalur sebelumnya, bukan? Ya, maksud dari jalur prestasi non akademik adalah calon peserta didik dapat diterima masuk ke sekolah favoritnya, dengan mengandalkan prestasi yang diperoleh dari lomba, olimpiade, atau kejuaraan tertentu.

Jadi, buktinya bukan lagi berupa nilai rapor, tapi berupa sertifikat yang membuktikan bahwa kamu pernah menang kejuaraan tersebut. Contoh piagam penghargaan yang dapat menjadi bukti di sini adalah piagam lomba bulu tangkis, lomba cerdas cermat, dan lomba menulis puisi. Selain itu, contoh sertifikat penghargaan seperti sertifikat kejuaraan pencak silat dan Kompetisi Sains Hardiknas pun bisa dijadikan sebagai bukti atas prestasi yang pernah kamu raih.

 

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Jalur Prestasi


Sebenarnya, syarat dan prosedur pendaftaran jalur prestasi ini tidaklah sulit untuk dipahami. Apabila kamu sudah memahami semua syarat yang telah ditentukan, kamu pasti bisa langsung memenuhinya dengan baik. Tak perlu membahas hal lainnya lagi, mari kita bahas satu per satu syarat dan prosedurnya:

  • Siswa yang mendaftarkan diri harus bisa membuktikan prestasi akademik atau non-akademik yang pernah dicapainya.

  • Siswa diwajibkan untuk mengisi formulir yang telah disediakan dan diberikan oleh pihak perguruan tinggi atau tingkat sekolah lain.

  • Siswa wajib melampirkan sertifikat, piagam, maupun jenis penghargaan lain yang bisa membuktikan prestasi tersebut.

  • Siswa masih perlu mengikuti seleksi wawancara untuk memastikan sejauh mana kemampuanmu yang sesuai dengan prestasi tersebut.

Bukan hanya berlaku saat kamu daftar kuliah, tapi daftar di atas juga termasuk syarat masuk SMA jalur prestasi. Jadi, bisa dibilang syarat-syarat itu adalah ketentuan umum yang harus dipenuhi ketika hendak mengambil jalur ini.

 

Berapa Pilihan Sekolah untuk Jalur Prestasi?
 

Pilihan sekolah untuk jalur prestasi ini bisa dibedakan menurut jenisnya masing-masing. Dalam arti lainnya, jalur prestasi akademik dan non-akademik tidak memiliki ketentuan jumlah sekolah yang sama. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu informasinya dulu yang sesuai dengan jenis prestasimu.

Jalur prestasi akademik memberi kesempatan kepada setiap calon siswa untuk memiliki tiga sekolah dalam zona dan satu di luar zona yang berbatasan. Sedangkan jalur prestasi non-akademik hanya memberi kesempatan kepada kalian untuk memilih satu sekolah atau satu kompetensi jurusan tertentu.

 

Apakah Nilai Rapor Termasuk Jalur Prestasi?


Sebelumnya kami sudah menyampaikan bahwa prestasi akademik harus bisa dibuktikan dengan nilai rapor yang mumpuni. Jadi, bisa dipastikan bahwa nilai rapor yang bagus termasuk jalur prestasi yang cukup menjanjikan. Dengan mengandalkan nilai rapor yang bagus itu, kamu bisa masuk ke sekolah yang sesuai impian. Tentu kamu sangat menginginkan hal ini, ‘kan?

 

Kesimpulan


Jalur prestasi sangat berbeda jauh dari jalur reguler. Pasalnya, mekanisme pendaftaran siswa baru ini sangat mengandalkan prestasi yang berhasil diraih para pelajar. Hal ini berbeda dengan jalur reguler yang lebih mengandalkan hasil tes yang sudah dikerjakan oleh setiap pelajar. Apabila jalur reguler bisa diikuti oleh semua pelajar, sedangkan jalur masuk lewat prestasi ini tidak bisa diikuti oleh semua pelajar.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog