PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.sttd.ac.id

Jaminan Kerja: Kuliah di 10 Kampus Ini

Perguruan Tinggi Kedinasan

Berapa banyak sarjana yang menganggur beberapa waktu setelah lulus kuliah? Apa kamu juga akan begitu nantinya? Kalau kamu nggak mau dipusingkan dengan kegiatan mencari kerja setelah lulus kuliah, Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) amat sangat layak dipertimbangkan. Berstatus sebagai mahasiswa Ikatan Dinas, setelah lulus kuliah nanti kamu dapat langsung bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil.

 

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKNSTAN)

PTK dibawah Kementerian Keuangan ini bisa dibilang paling populer diantara PTK pemerintah yang lain. Tahun 2017, pendaftar PKNSTAN mencapai 166.315 orang dengan kuota mahasiswa baru sebesar 6.961 orang. Tahun berikutnya, 2018, kuota mahasiswa baru PKNSTAN sudah meningkat menjadi 7.301 orang dengan pendaftar berjumlah 147.702 orang. Lulusan PTK ini akan langsung ditempatkan diseluruh instansi Kemenkeu.

 

2. Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)

Polstat STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah PTK dibawahBadan Pusat Statistik (BPS). Ada sejumlah 17.886 lulusan SMA yang melamar kuliah di Polstat STIS dengan kuota penerimaan mahasiswa barunya sebesar 600 orang – hanya 100 kursi lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

 

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Meskipun terganjal kasus kekerasan mahasiswa di dalam kampus berkali-kali, popularitas IPDN tetap moncer. Mahasiswa (taruna) PTK dibawah Kementerian Dalam Negeri ini memang tampak gagah dan elegan dan seragamnya, belum lagi jaminan bekerja sebagai aparatur pemerintah ditingkat pusat maupun daerah setelah lulus kuliah. Siapa yang tak tertarik, coba? Kuota mahasiswa barunya juga cukup besar, mencapai 2.000 orang pada tahun 2018. Dan tahukah kamu berapa banyak lulusan SMA yang ingin jadi mahasiswa IPDN pada tahun yang sama? Ada 48.657 orang!

 

4. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Ilmu Imigrasi (POLTEKIM)

Berada dibawah Kementerian Hukum dan HAM, POLTEKIP dan POLTEKIM mencetak calon-calon pejabat teknis yang masing-masing bertugas di lembaga pemasyarakatan dan kantor imigrasi. Kuota mahasiswa baru tahun 2018 untuk keduanya sebesar 600 orang dengan pendaftar mencapai 18.571 orang.

 

5. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Kementerian Perhubungan mencetak calon-calon pegawainya di STTD. PTK yang berlokasi di Bekasi ini diminati oleh 11.584 lulusan SMA pada tahun 2018 yang memperebutkan 912 formasi.

 

6. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

PTK ini berada dibawah naungan Badan Siber Sandi Negara (BSSN). Setelah lulus dari kampusnya di Bogor, alumni STSN akan menjadi pegawai yang menangani persandian negara. Penting, penuh rahasia, dan keren banget, kan? Oleh karena itulah, kamu harus dapat melewati tujuh tahapan seleksinya. Pada 2018, kuota penerimaannya tak terlalu banyak, hanya 100 orang saja – dengan pendaftar sejumlah 2.483 orang.

 

7. Sekolah Tinggi Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Ada 7.804 lulusan SMA yang ingin menjadi mahasiswa baru di STMKG pada tahun 2018, sedangkan PTK ini hanya sanggup menampung 250 orang saja. Berada dibawah naungan Badan Meteorologi dan Geofisika, lulusan STMKG nantinya akan bekerja diberbagai instansi BMKG dan menangani beragam persoalan yang terkait dengan bencana alam, perubahan cuaca, pengamatan iklim, dan lain sebagainya.

 

8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Badan Intelijen Negara (BIN) menyiapkan agen-agen intelijen negara di STIN. Karena pentingnya area ini, seleksi masuk mahasiswa barunya juga sangat ketat. Mahasiswa baru akan melalui masa karantina selama beberapa bulan, yang berarti tak ada komunikasi dengan keluarga maupun teman diluar kampus. Kuota mahasiswa baru STIN pada 2018 adalah sebesar 150 orang, sedangkan jumlah pelamarnya mencapai 2.438 orang.

 

9. Politeknik Pelayaran Surabaya

Peminat PTK ini terbilang lebih rendah dibanding PTK-PTK yang lain sehingga persaingan masuknya juga lebih longgar. Terdapat 192 lowongan kuota mahasiswa baru untuk 899 pelamar pada tahun 2018. Kamu berminat belajar di Surabaya?

 

10. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan

PTK yang berlokasi di Medan ini lebih sadis: penerimaan mahasiswa barunya pada tahun 2018 hanya 24 formasi saja. Bagaimana dengan jumlah peminatnya? Ada 1.110 orang!

 

Jika ingin masuk kesalah satu PTK diatas, kamu harus lolos seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Intelejensi Umum (TJU), Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), serta yang terakhir adalah seleksi lanjutan. Ditahun 2018, pendaftaran dilaksanakan secara serentak via online dengan ujian berupa Computer Assisted Test (CAT). Siap menghadapinya pada tahun kelulusanmu sekolah nanti?

Lebih masukan Blog

9 Kesalahan Ungkapan Berbahasa Inggris – Pliss, Jangan Diulang Lagi!

Pernah dengar, atau malah kamu yang mengucapkan, " I go first ?" Paham sih ,...

Yuk, Lihat Lagi 3 Jalur Masuk PTN

Kamu sudah tahu bedanya antara SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri? Selamat deh , kalau sudah...

Menambah Komentar

Vivi Ratnasari 8 Bulan Lalu
kerenn...saya sangat tertarik ke IPDN dan STIN
Harap sign in untuk melanjutkan.
BB
Bahrurriski Bahrurriski 8 Bulan Lalu
Pendorong semangat
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru