PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Fakultas Jurusan Soshum UGM, photo via Arto beritasebelas

Jangan Kecil Hati! Ini Fakultas dan Jurusan Soshum di UGM

UGM memiliki banyak jurusan/ prodi Soshum.

Universitas Gadjah Mada – sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi idaman bagi kebanyakan pelajar SMA dikelas XII, terutama anak IPA/ Saintek. Bagaimana dengan Sobat Pintar dari kelas IPS/ Soshum dan Bahasa? Masihkan ada harapan untuk kuliah di kampus ini?

Of course! You just need to know where to go in the campus. Some faculties and departments at the Gadjah Mada University are social science majors. Without further ado, let's see what your social science options are in the university.

 

1. Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)

Sejak 2007, Fakultas Ekonomi (FE) UGM berganti nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Fakultas ini memiliki tiga jurusan atau program studi, yaitu:

1. Akuntansi (akreditasi A) dimana Sobat Pintar belajar tentang perpajakan, keuangan, sistem informasi, dan audit.

2. Ilmu Ekonomi (akreditasi A) yang memberikan pembelajaran tentang pengelolaan finansial, operasional, struktur, hingga promosi perusahaan.

3. Manajemen (akreditasi A) adalah tentang pemaksimalan profit, peminimalisiran biaya, serta pengambilan keputusan yang efektif, efisien, dan rasional.

 

2. Fakultas Filsafat

Fakultas ini hanya terdiri dari satu jurusan atau program studi, yaitu Ilmu Filsafat. Akreditasi A jurusan ini menjamin kualitas pembelajaran mahasiswanya tentang cara berpikir runtut, logis, dan kritis.

 

3. Fakultas Hukum

Sama seperti Fakultas Filsafat, Fakultas Hukum juga terdiri dari satu jurusan atau program studi, yaitu Ilmu Hukum. Sebagai Fakultas Hukum yang pertama didirikan oleh universitas negeri berskala nasional, layaklah bila Jurusan Ilmu Hukum saat ini mengantongi akreditasi A BAN-PT.

 

4. Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Pada awal berdirinya, fakultas ini bernama Faculteit Sastra, Filsafat, dan Keboedajaan. Terhitung besar, FIB memiliki 11 jurusan atau program studi yang seluruhnya telah memiliki akreditasi A. Apa saja jurusan atau prodinya dan yang dipelajari disitu?

1. Antropologi Budaya tentang kemajemukan dan budaya antar bangsa.

2. Arkeologi tentang sejarah kebudayaan yang berwujud material dan beragam benda peninggalan peradaban masa lampau.

3. Bahasa dan Kebudayaan Korea tentang budaya, sejarah, perekonomian, sastra, dan tentunya bahasa Korea.

4. Bahasa dan Sastra Indonesia tentang kajian karya secara sastra dan linguistik.

5. Pariwisata tentang kebijakan, manajemen, dan akomodasi pariwisata.

6. Sastra Arab tentang sastra, bahasa, sejarah, dan budaya Arab.

7. Sastra Inggris tentang budaya negara-negara di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

8. Sastra Jawa tentang bahasa, linguistik, kebudayaan, dan karya sastra Jawa.

9. Sastra Jepang tentang bahasa dan kebudayaan Jepang.

10. Sastra Perancis tentang bahasa, kesusastraan, dan budaya Perancis.

11. Ilmu Sejarah tentang sejarah di Indonesia dan dunia.

 

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL)

Fisipol UGM memiliki enam jurusan atau program studi. Sama seperti FIB, seluruh jurusan atau prodi Fisipol juga telah memiliki akreditasi A BAN-PT. Seluruh jurusan/ prodi dan fokus utama pembelajarannya yaitu:

1. Ilmu Hubungan Internasional tentang hubungan antar negara, keamanan global, politik global, ekonomi dunia, serta pembangunan dalam skala internasional.

2. Ilmu Komunikasi tentang public relations, jurnalisme, komunikasi media, dan juga periklanan.

3. Manajemen dan Kebijakan Publik tentang penyusunan kebijakan dan pengelolaan organisasi, baik dibidang pemerintahan maupun swasta. Jurusan ini dulunya dikenal sebagai Ilmu Administrasi Negara.

4. Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan tentang pengembangan masyarakat dan kebijakan sosial, termasuk pula penyusunan, implementasi, dan evaluasi strateginya. Sebelumnya, jurusan ini bernama Sosiatri.

5. Politik dan Pemerintahan tentang teori, praktik, perilaku, dan sistem politik. Jurusan ini dulunya bernama Ilmu Pemerintahan.

6. Sosiologi tentang pembangunan, pedesaan, perkotaan, gender, pendidikan, dan berbagai hal lain dari sisi sosiologinya.

 

6. Fakultas Psikologi

Fakultas ini juga memiliki satu jurusan atau program studi saja, yaitu Psikologi. Disinilah Sobat Pintar belajar tentang perilaku, alur pemikiran, dan alasan seseorang melakukan sesuatu. Psikologi UGM juga telah memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

Itulah enam fakultas yang menawarkan jurusan atau program studi Soshum di UGM. Nah, Sobat Pintar dari kelas IPS/ Soshum jangan berkecil hati untuk berharap kuliah di UGM, ya! Strive your best to get into your dreamed social science major!

Lebih masukan Blog

6 Aplikasi Ponsel Pintar untuk Belajar Bahasa Jepang

Sobat Pintar ada yang sedang duduk dikelas Bahasa? Atau bercita-cita ingin kuliah Bahasa...

Mana Pilihanmu: Fakultas dan Jurusan Saintek di UGM (Part 1)

Siapa sih, Sobat Pintar yang sekarang sedang duduk dikelas IPA/ Saintek, tapi tak ingin kuliah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru