redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.additudemag.com

Jangan Kelamaan Nganggur Setelah Lulus Kuliah, Ini 5 Tipsnya

Tips Mahasiswa Bekerja

Ditunggu pekerjaan saat wisuda? Wah, keren, tuh! Tapi gimana sih, biar bisa cepet kerja setelah lulus kuliah, biar nggak lama-lama nganggur nunggu diterima kerja? Yuk simak tipsnya berikut ini.

 

1. Manfaatkan Career Development Center

Rajin-rajinlah main ke Career Development Center di kampusmu. Akan ada banyak informasi seputar lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan disitu. Kalau perlu, kunjungi Career Development Center atau bursa kerja di kampus-kampus lain di kotamu. Sah-sah aja, kan? Itung-itung, memperbesar peluang dengan memperbanyak info lowongan kerja.

 

2. Bersungguh-Sungguh Saat Magang

Magang nggak cuma melatihmu bekerja. Magang itu ya... kerja beneran! Kalau performa kerjamu bagus, bukan tidak mungkin perusahaan atau kantor tempat magang akan merekrutmu selepas kuliah. Atau setidaknya, kamu bisa mengajukan lamaran kerja ke tempat magang tersebut setelah mengantongi ijazah. Karena mereka sudah tahu kemampuan dan kinerjamu, kamupun punya peluang bagus untuk diterima bekerja saat ada lowongan kosong. Makanya, bekerjalah bersungguh-sungguh ketika magang, ya!

 

3. Perluas Relasi dan Kenalan

Semakin banyak orang yang kamu kenal dan mengenalmu, semakin besar peluangmu mendapat informasi lowongan kerja. Apalagi kalau mereka orang-orang yang cukup penting, misalnya manajer di suatu perusahaan, dosen yang aktif melakukan penelitian, dan sebagainya. Tapi ya jangan keterusan menjalin hubungan dengan orang lain karena motivasi pekerjaan saja, ya! Itu namanya ter...la...lu.

 

4. Aktif Berorganisasi

Tak hanya melatih keterampilanmu bekerjasama dengan orang lain, aktif diberbagai kegiatan kampus juga melatihmu dalam hal manajemen waktu, kemampuan berbicara, kepemimpinan, dan dapat membuatmu bertemu dan kenal banyak orang. Jangan membatasi diri pada organisasi atau perkumpulan didalam kampus, perluas kegiatanmu pada klub diluar kampus juga. Ada baiknya mengenal mereka yang terhitung sebagai kakak tingkat, baik di kampusmu sendiri maupun dari kampus lain. Saat menjadi alumni nanti, mereka bisa memberimu info lowongan kerja atau bahkan tips-tips agar diterima kerja ditempat mereka.

 

5. Siap dengan Portofolio dan Resume yang Keren

Setidaknya, kamu udah siap dengan CV atau daftar riwayat hidup untuk mengajukan lamaran kerja. Kalau kamu berada didunia kreatif, siapkan sejak sekarang karya-karyamu yang paling representatif akan keterampilan dan kemampuanmu. Susun portofolio yang bagus, dan jangan ragu bikin resume yang eye-catching. Tak hanya sertifikat seminar, informasi tentang data diri, dan pengalaman kerja atau pendidikan, tapi apa yang tergambarkan tentang dirimu lewat resume itu juga punya bobot penting yang bisa menentukan apa kamu bisa lanjut ketahap wawancara atau tidak.

 

Dan terakhir, manfaatkan waktumu sebaik mungkin untuk terus mencari lowongan kerja. Terus pantengin job vacancy online, rajin-rajin datang ke job fair, bahkan kalau perlu langsung datang saja ke perusahaan yang kamu tuju. Bagaimanapun juga, pertemuan langsung secara personal dapat memberi kesan yang lebih baik daripada beberapa lembar halaman berkas lamaran kerja yang kamu kirim.

Lebih masukan Blog

Ayo Cari Tahu Lebih Jauh: Hard Skill dan Soft Skill

Oke, nggak usah diterjemahkan jadi 'keterampilan keras' ataupun 'keterampilan lunak' –...

5 Cara Membangun Soft Skill-mu

Apa sih, tujuanmu setelah selesai sekolah dan kuliah? Dapat pekerjaan, mengembangkan usaha...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka