PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.trainingmagazine.ae

5 Cara Membangun Soft Skill-mu

Soft Skill Pelajar Mahasiswa

Apa sih, tujuanmu setelah selesai sekolah dan kuliah? Dapat pekerjaan, mengembangkan usaha sendiri, dan dapat pemasukan keuangan sendiri? Apapun itu, pinter aja nggak cukup lho, Sobat Pintar. Makanya, selain kemampuan hard skill yang mumpuni, kamu juga perlu mengembangkan soft skill-mu. Gimana caranya? Yuk, lanjut baca dibawah ini.

 

1. Ikut Kegiatan Eks-kul atau UKM

Ngumpul sama temen-temen lain buat kegiatan olahraga atau kesenian di ekskul sekolah atau Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus bisa melatihmu mengembangkan interpersonal skill sembari tetep asyik mengerjakan sesuatu yang kamu sukai. Panjat tebing, bola voli, basket, teater, pecinta alam, karawitan, atau yang lain, setiap kegiatan itu tak kurang bermanfaat dibanding pelajaran di kelas. Disinilah kamu belajar untuk berkomunikasi, menghargai orang lain, membangun etika kerja, dan memahami makna teamwork yang sesungguhnya.

 

2. Ambil Kesempatan Nge-lead

Mungkin ini pertama kalinya kamu jadi ketua panitia suatu acara, memimpin suatu proyek di sekolah atau di kampus. Besar atau kecilnya acara itu, nggak terlalu penting. Yang penting, kamu bisa belajar hal baru, menjadi leader dan bekerjasama dengan orang-orang disekitarmu, berdiplomasi, menyusun rencana dan strategi dalam tim, menganalisa dan memecahkan masalah, hingga mengambil keputusan dengan mempertimbangkan risiko-risikonya. Nggak gampang lho, memotivasi, me-manage­, dan memberi contoh agar suatu suatu acara atau proyek berjalan lancar. Menjadi leader berarti kamu membangun orang-orang disekitarmu, bersama mereka – bukan jadi bos yang cuma main perintah aja.

 

3. Jadi Tim Sibuk Suatu Acara atau Kegiatan

Udah berkali-kali menjadi panitia acara? Gak masalah kan, gabung lagi dalam tim kerjanya? Untuk setiap acara atau kegiatan, bahkan dengan orang yang sama, kamu akan bertemu dengan hal-hal yang berbeda – apalagi kalau ketemu dan kerja bareng orang-orang baru. Kalau bosan dengan job desc yang mirip, itu-itu lagi, cobalah menawarkan diri mengerjakan sesuatu yang lain – mungkin masuk dalam tim dokumentasi biar tahu gimana rasanya jadi fotografer atau bikin video? Selain meningkatkan kemampuan teknis dan kreativitasmu, terus-menerus mencoba hal baru dapat melatih kemampuanmu beradaptasi.

 

4. Magang

Kalau kamu berada di SMK, kesempatan magang bisa jadi pengalaman berharga yang nggak kudu nunggu sampai kuliah. Berbayar ataupun tidak, magang adalah saat dimana kamu bisa berkenalan dengan dan belajar tentang dunia kerja. Kapan lagi kamu bisa latihan bekerjasama, berkomunikasi dengan karyawan lain, berbaur dan menyesuaikan diri dengan suasana kerja suatu perusahaan sebelum beneran bekerja dan berstatus sebagai karyawan yang sesungguhnya? Pengalaman bekerja ini nggak bakalan kamu dapati di ruang kelas. Bahkan, beberapa industri seperti teknologi informasi, pekerjaan sosial, hukum, teknik, konstruksi, atau perbankan menganggap kamu punya nilai tambah bila punya pengalaman kerja.

 

5. Have Fun, Nongkrong Rame-Rame dengan Kawan-Kawan

Iya, nongkrong juga bermanfaat lho, Sobat Pintar! Saat ngumpul bareng dan ngobrol santai, biasanya banyak ide yang terlahir dikepala. Hang out seru bareng kawan-kawan dapat menghilangkan rasa jenuh dan lelahmu, membuat suasana hatimu lebih ceria dan positif, sehingga kamupun jadi makin kreatif dan produktif.

Kemampuanmu menjaga relasi atau hubungan dengan teman-temanmu juga merupakan wujud soft skill yang baik. Saat orang-orang disekitarmu merasa nyaman denganmu, tidak merasa dihakimi, merasa didengarkan, merasa dimengerti, maka itu berarti kamu punya interpersonal skill yang baik. Dan bila kamu sanggup menyeimbangkan semua kegiatan diatas tanpa mengganggu prestasi akademikmu, maka itupun berarti kamu punya intrapersonal skill yang baik. Kemampuan mengatur waktu dan bersikap fleksibel juga merupakan bekal hidup yang tak kalah penting dibanding IPK-mu.

Lebih masukan Blog

Jangan Kelamaan Nganggur Setelah Lulus Kuliah, Ini 5 Tipsnya

Ditunggu pekerjaan saat wisuda? Wah, keren, tuh! Tapi gimana sih, biar bisa cepet kerja...

6 Mitos tentang Kuliah yang Kamu Perlu Tahu

Mitos dalam Bahasa Latin (mythos) berarti perkataan atau cerita. Yang namanya cerita – kata...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru