redesain-navbar Portlet

Blog

Ujian Gagal Karena Faktor Non-Akademis, photo credit Faisal R Syam

Jangan Sampai Ujian Gagal Karena 4 Faktor Non-Akademis Ini

Kegagalan ujian tak hanya disebabkan oleh persiapan yang kurang.

Sudah sewajarnya bila Sobat Pintar mempersiapkan ujian, apapun itu, dengan sebaik-baiknya. Mulai dari mengatur jadwal belajar hingga latihan soal, semua sudah dilakukan. Namun bagaimana bila ternyata hasil ujian tak sesuai dengan ekspektasi? Kenapa bisa sampai terjadi?

 

1. Grogi, Gugup, Stres dengan Suasana Ujian

Technically, one of the reasons why you're getting anxious during a test is due to lack of preparations. Jika dirunut dengan benar, Sobat Pintar akan merasa lebih tenang dan percaya diri memasuki ruang ujian ketika telah menguasai seluruh materi yang diujikan.

Sebaliknya, bila persiapan kurang matang, Sobat akan cenderung merasa gelisah bahkan sebelum ujian dimulai. Unfortunately, it's not always the case. There are times when you just get anxious even after all preparations you've made.

Suasana ujian ketika ruangan sunyi, setiap orang sibuk sendiri-sendiri tak bersuara, dan mata pengawas yang siaga dapat menimbulkan tekanan tersendiri. When you're not used to such situation, it's so easy to feel intimidated. Jadi, gunakan setiap Try Out yang ada untuk membiasakan diri dengan suasana ujian ya, Sobat.

 

2. Kurang Enak Badan Mendadak

Barangkali saking semangatnya belajar untuk mempersiapkan ujian, Sobat Pintar malah jatuh sakit pada saat ujian. Padahal, saat badan sakit, otak juga tak bisa diajak fokus menyelesaikan ujian, bukan? Jadi, selalu perhatikan seberapa kuat badan kita diajak latihan soal setiap harinya – jangan dipaksa dengan berlebihan, Sobat.

Adakalanya badan terasa meriang, perut mulas, jantung berdebar tak beraturan, atau berbagai keluhan lain muncul dengan tiba-tiba. Bila rasa tak nyaman secara fisik ini muncul mendadak pada pagi hari sebelum ujian, atau bahkan saat Sobat Pintar memasuki ruang ujian, bisa jadi penyebabnya karena stres.

It's called psychosomatic when your body responds to your mind. Obat-obatan pereda nyeri mungkin dapat membantu, tapi alangkah baiknya bila Sobat Pintar dapat mengatasi rasa stres ujian tersebut dengan menenangkan diri beberapa saat.

 

3. Konflik Pribadi yang Mengganggu

Interpersonal conflict is unpredictable, indeed. Tapi konflik yang biasanya cukup mengganggu adalah yang berkaitan dengan orang-orang terdekat, seperti orang tua, saudara, atau sahabat. Kita cenderung memikirkan persoalan tersebut sepanjang waktu, termasuk pada masa-masa ujian.

Luckily, those who are close to us understand us like no one else does. Jadi, bila Sobat Pintar memberitahu jadwal ujian yang semakin dekat dan meminta pengertian mereka, besar kemungkinan konflik yang tak perlu dapat dihindari. Dengan demikian, Sobat dapat fokus pada persiapan ujian dengan tenang.

Bagaimana bila tetap saja konflik tersebut tak terhindarkan? Bila Sobat dapat mengabaikannya selama ujian, abaikan saja. Namun bila cukup mengganggu, usahakan untuk menyelesaikannya sebelum ujian sehingga Sobat dapat mempersiapkan dan menjalani ujian dengan tenang. Dan bila perlu, bicarakan dengan Konselor Pintar untuk menemukan solusinya.

 

4. Kurang Perhatian pada Hal-Hal Teknis

Tak ada gunanya belajar dan latihan soal mati-matian bila saat ujian Sobat salah satu angka saat mengisi nomor perserta ujian. Yes, it could happen. Jadi, jangan sepelekan hal-hal teknis seperti kartu peserta, jam ujian, durasi ujian, alat tulis, hingga tempat duduk, ruang, lantai, gedung, dan lokasi ujian.

Kalau untuk UAS yang telah berkali-kali dilakukan, bisa saja Sobat sedikit mengabaikan hal-hal teknis seperti diatas. Tapi untuk UNBK, atau bahkan UTBK, jangan sampai Sobat tak membaca tata tertib ujian, ya! Every game has different rules. You can't play soccer using basketball rules.

Sekarang Sobat sudah siap menghadapi apapun ujian yang menunggu didepan mata? Tetap semangat, ya!

Lebih masukan Blog

Kenali Lebih Dekat: Bea Cukai PKN STAN

Akuntansi memang jurusan favorit di PKN STAN. Tapi Sekolah Kedinasan ini tak hanya punya...

9 Profesi yang Dibutuhkan Dimasa Depan

Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Maka sudah selayaknya kitapun memiliki...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka