APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jenis-Jenis Jalur Seleksi Masuk ITS 2023

Ada beberapa jalur seleksi yang bisa dipilih untuk masuk ITS.

Photo by Armin Rimoldi on Pexels

Jalur seleksi masuk ITS 2023 ada beberapa yang bisa kamu pilih, Sobat Pintar. Betul, dua diantara jalur masuk ITS itu adalah SNBP dan SNBT. Bagaimana dengan jalur-jalur masuk yang lain? Kamu udah tau, belum? Yuk, sini kepoin apa saja jalur seleksi masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember di tahun ini.

jalur mandiri its 2023
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

1. SNBP

SNBP ITS 2023 tentunya mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Sobat yang mengikuti SNBP ITS sekarang lagi menunggu pengumuman tanggal 28 Maret 2023, kan?

Jalur Prestasi ITS ini sama seperti SNBP di kampus-kampus negeri yang lain. Jika sedang mengikuti SNBP ITS 2023, berarti kamu adalah siswa yang eligible dengan prestasi akademik ciamik. Jumlah total daya tampung yang tersedia untuk seluruh prodi di Jalur Undangan ini adalah 1.331 kursi. Teknologi Kedokteran, jurusan yang baru dibuka tahun ini di ITS, menyediakan 24 kursi dari total kuota tersebut.

Tarif UKT 2023 yang ditetapkan untuk mahasiswa SNBP atau Jalur Rapor ITS ini terdiri dari tujuh kategori, dengan rentang mulai Rp500 ribu sampai, Rp7,5 juta. Khusus untuk program Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan, biaya pendidikannya sebesar Rp20 juta per semester.

Jalur Seleksi Masuk ITS 2023
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

2. SNBT

SNBT ITS 2023 juga mengikuti jadwal dan ketentuan SNPMB. Jika kamu memilih jalur masuk ITS yang satu ini, jangan lupa tanggal-tanggal penting di bawah ini.

- Pendaftaran: 23 Maret 2023 – 14 April 2023

- UTBK Gelombang I: 8 – 14 Mei 2023

- UTBK Gelombang II: 22 – 28 Mei 2023

- Pengumuman hasil SNBT: 20 Juni 2023

Jalur seleksi masuk ITS 2023 ini mewajibkanmu mengikuti UTBK – yang boleh diikuti sekali saja. Hasil UTBK 2023 dapat digunakan untuk mengikuti SNBT 2023 saja. Sobat yang masih berstatus siswa Kelas 12, jangan lupa menyertakan Surat Keterangan dengan foto berwarna terbaru, berstempel/cap sekolah, dan bertanda tangan Kepala Sekolah.

SNBT adalah salah satu seleksi masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan peserta yang terbilang cukup banyak. Sementara itu, jumlah total daya tampung yang tersedia untuk seluruh prodi di SNBT ITS 2023 adalah 1.934 kursi. Prodi dengan daya tampung terbesar antara lain Fisika, Matematika, dan Kimia, sedangkan prodi dengan daya tampung terkecil yaitu Teknik Pangan dan Teknik Lepas Pantai.

Tarif UKT 2023 di ITS yang ditetapkan untuk mahasiswa SNBT sama dengan tarif UKT untuk mahasiswa SNBP. Mahasiswa dari kedua jalur masuk ITS ini dapat menggunakan KIP Kuliah maupun beasiswa-beasiswa lain jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

seleksi masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Photo by cottonbro studio on Pexels

3. Seleksi Prestasi

Seleksi Prestasi ITS ini tidak sama dengan SNBP ya, Sobat Pintar. Jalur Prestasi ITS ini diselenggarakan secara mandiri dan ditujukan bagi pelajar berprestasi yang ingin kuliah di Program Sarjana ITS. Proses Seleksi Prestasi ITS menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik maupun nonakademik. Kategori prestasinya yaitu:

1. Juara lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional: olimpiade sains, olahraga, seni, dan karya ilmiah
2. Penghafal kitab suci
3. Pengalaman organisasi (ketua, wakil, atau anggota)
4. Peringkat 1-15 final siswa di sekolah (mengikuti ketentuan pemeringkatan siswa eligible SNBP)
5. Pengalaman ketua panitia

Biaya pendaftaran Seleksi Prestasi ITS adalah sebesar Rp250.000,00 dan setiap peserta berhak memilih maksimal dua pilihan prodi. Pendaftaran dimulai tanggal 8 sampai 31 Mei 2023 dan pengumuman seleksi tanggal 22 Juni 2023.

Jalur Kelas Internasional ITS
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

4. Seleksi Kemitraan dan Mandiri

Seleksi Mandiri dan Seleksi Kemitraan ITS 2023 ditujukan bagi siswa SMA/sederajat utusan instansi mitra perusahaan, pemerintah provinsi, pemerintah kota, maupun pemerintah kabupaten yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS. Proses seleksi di Jalur Mandiri ITS 2023 yang satu ini pada dasarnya sama seperti tahun sebelumnya, yakni menggunakan nilai UTBK atau nilai Tes Kemampuan Akademik (TKS) ITS. 

Jumlah total daya tampung yang tersedia untuk seluruh prodi pada Jalur Seleksi Prestasi, Seleksi Mandiri, dan Seleksi Kemitraan ITS adalah 2.500 kursi. Prodi dengan daya tampung terbesar adalah Teknik Informatika, sedangkan prodi dengan daya tampung terkecil yaitu Teknik Pangan dan Teknik Lepas Pantai.

Biaya Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri ITS 2023 masing-masing sebesar Rp250.000,00. Saat ini ITS belum merilis jadwal kedua jalur masuk ini, tetapi tahun lalu pendaftaran dibuka di bulan Juni dan pengumuman diselenggarakan di bulan Juli.


Photo by Diva Plavalaguna on Pexels

5. Golden Ticket

Golden Ticket ITS adalah salah satu seleksi Jalur Mandiri yang ditujukan bagi pelajar berprestasi dan ingin kuliah Desain Produk di ITS. Pendaftaran Jalur Mandiri ITS 2023 yang satu ini sudah ditutup per 3 Maret yang lalu dan hasil seleksi akan diumumkan tanggal 22 Maret 2023.


Photo by George Milton on Pexels

6. Kelas Internasional (IUP)

Jalur Kelas Internasional ITS adalah jalur seleksi untuk calon mahasiswa Program Sarjana Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP). Pendaftaran jalur masuk IUP ITS sudah ditutup tanggal 5 Februari 2023 dan hasil akhirnya sudah diumumkan tanggal 16 Februari 2023.

Tiga dari keenam jalur seleksi masuk ITS 2023 di atas memang sudah ditutup, tetapi kamu masih punya kesempatan masuk ITS melalui jalur-jalur lainnya. Kira-kira jalur manakah yang peluang lolosmu paling besar, Sobat Pintar?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog