CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Ketahui apa saja pilihan jurusan di IPDN dan jadwal seleksi di tahun 2022.

jurusan di ipdn, photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Jurusan di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) terkadang masih menjadi teka-teki buat Sobat Pintar yang sekadar tau tentang Sekolah Kedinasan ini. Padahal, masa pendaftaran Sekolah Kedinasan, termasuk IPDN, sudah semakin dekat – menghitung hari, kata lagu emak-emak kita. Jadi yuk, segera kita kepoin jurusan di IPDN dan penjelasannya berikut ini.

 

Tentang Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Photo by Hugo Delauney on Unsplash

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah institusi pendidikan tinggi khusus bidang kepamongprajaan yang dimiliki oleh pemerintah. Sistem pendidikan di Sekolah Kedinasan ini menerapkan pola Jarlatsuh (pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan) yang akan meluluskan kader-kader pemerintahan.

Untuk itu, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dilengkapi dengan berbagai fasilitas kampus sebagai penunjang kegiatan Praja – begitu mahasiswa IPDN disebut. Bahkan, sistem pendidikan IPDN saat ini sudah didukung dengan Teknologi Informasi, sehingga layak disebut sebagai smart campus.

Kampus utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berada di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akan tetapi, kegiatan akademik berbagai jurusan di IPDN juga diselenggarakan di kampus-kampus IPDN yang lain, yang berada di Jakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

 

Fakultas dan Jurusan di IPDN


Photo by James Toose on Unsplash

Lantas, apa saja pilihan jurusan yang ada di IPDN? Yuk, lihat daftar jurusan IPDN di bawah ini, Sobat Pintar.

Fakultas di IPDN: Politik Pemerintahan

Berkampus di Jatinangor, Fakultas Politik Pemerintahan mendalami bidang politik dan kebijakan pemerintahan serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. FPP menaungi tiga Program Sarjana Terapan. Ketiga program studi atau jurusan yang ada di IPDN tersebut ialah sebagai berikut.

Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (Baik)

Studi Kebijakan Publik (Baik)

Politik Indonesia Terapan (Baik)

Fakultas di IPDN: Manajemen Pemerintahan

Lapangan pekerjaan IPDN dari Fakultas Manajemen Pemerintahan meliputi berbagai sektor pemerintahan. Fakultas ini memang unggul dalam ilmu pemerintahan, Sobat Pintar. Ada empat jurusan IPDN di FMP.

Administrasi Pemerintahan Daerah

Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

Keuangan Publik

Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah

Fakultas di IPDN: Perlindungan Masyarakat

Fakultas Perlindungan Masyarakat menaungi tiga prodi IPDN. Keempat program studi IPDN tersebut adalah sebagai berikut.

Praktek Perpolisian Tata Pamong

Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

 

Prospek Pekerjaan IPDN


Photo by Farhan Abas on Unsplash

Sudah tau jurusan IPDN kan, Sobat Pintar. Bagaimana dengan alumninya? Kira-kira, lulusan IPDN jadi apa, sih?

Di atas telah disebutkan bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan meluluskan kader-kader pemerintahan. Nah, salah satu prospek pekerjaan IPDN sebagai kader pemerintahan yang dimaksud, misalnya, adalah camat. Tentu saja, lulusan IPDN harus mengikuti Ikatan Dinas dan menjadi ASN. Asal Sobat tau, seorang camat berstatus PNS golongan IV berhak atas gaji per bulan sebesar Rp3.044.300,00 sampai Rp5.661.700,00. Itu belum termasuk tunjangan, loh.

Nah, menarik gah tuh prospek lulusan Sekolah Kedinasan ini? Eitts, ada tapinya, Sobat. Status dan pekerjaan sebagai ASN tidak selalu cocok untuk semua orang. Ada baiknya kamu mengikuti Tes Penjurusan dulu, deh. Cari tau apa jurusan yang ada di IPDN yang paling cocok buatmu, sekalian kamu juga bisa menjajaki apakah kamu cocok menjadi ASN.

 

Mendaftar Masuk ke IPDN 2022

jurusan di ipdn
Photo by Karsten Winegeart on Unsplash

Oke, sekarang kamu sudah tahu jurusan di IPDN dan prospek kerjanya. Masih ingin lanjut dan mengikuti pendaftaran masuk Sekolah Kedinasan ini, Sobat Pintar? Kalau begitu, tak cukup mengetahui jurusan IPDN 2022, kamu juga harus tau jadwal pendaftarannya, Sobat.

Pendaftaran masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  akan dimulai tanggal 9 April esok, dan akan berakhir pada 30 April 2022. Lakukan pendaftaran secara online, lengkapi persyaratan administrasi yang diminta, kemudian selesaikan seluruh proses pendaftaran dengan mencetak bukti pendaftaranmu.

Setelah masa verifikasi usai, kamu bisa memeriksa pengumuman kelulusan administrasi pendaftaran pada tanggal 4 Mei 2022. Jika kamu memenuhi syarat, Sobat Pintar harus melakukan pembayaran Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui bank yang ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Masa pembayaran ini berlangsung sejak tanggal 15 sampai 23 Mei 2022. Setelah membayar, kamu bisa melakukan cetak kartu ujian pada tanggal 25 Mei 2022. Pengumuman peserta SKD Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan diumumkan dua hari kemudian, yakni pada tanggal 27 Mei 2022.

SKD Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3 hingga 28 Juni 2022. Hasil SKD akan diumumkan tanggal 9 Juli 2022. Jika namamu ada dalam pengumuman tersebut, kamu akan mengikut Tes Kesehatan Tahap I pada tanggal 22-23 Juli 2022. Hasil Tes Kesehatan Tahap I akan diumumkan pada tanggal 28 Juli 2022.

Jika lulus di Tes Kesehatan Tahap I, kamu akan mengikuti tes psikologi, integritas, dan kejujuran pada tanggal 12 Agustus 2022. Hasil tes ini akan diumumkan tanggal 17 Agustus 2022. Jika kamu juga lulus di tes psikologi, Sobat Pintar akan mengikuti tahapan tes yang terakhir, yaitu Pantukhir (Penilaian Panitia Penentu Akhir). Pantukhir akan berlangsung pada tanggal 23-27 Agustus 2022. Hasil Pantukhir diumumkan tanggal 1 September 2022, kemudian pada tanggal 7-12 September 2022 Sobat Pintar bisa mengikuti registrasi calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog