CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dapat mendukung pengembangan bakat dan minat serta pembentukan karakter siswa

Photo by Mael BALLAND on Unsplash

Dalam Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 dituliskan, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Di dalam peraturan pemerintah tersebut juga disebutkan bahwa tujuan ekstrakurikuler diselenggarakan adalah untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. 

Penyelenggaraan kegiatan atau program ekstrakurikuler memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa. Apa saja manfaat ekstrakurikuler? Sebelum membahas manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, ada baiknya Guru Pintar menyimak informasi berikut ini!

Jenis Ekstrakurikuler

Masih merujuk pada permendikbud nomor 62 tahun 2014, kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Ekstrakurikuler wajib

Yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik atau siswa. Program ekstrakurikuler Wajib yang harus diselenggarakan oleh satuan pendidikan berbentuk pendidikan kepramukaan, yang diatur khusus dalam Peraturan  Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014.

2. Ekstrakurikuler pilihan 

Yaitu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat diikuti oleh peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Siswa diberikan kebebasan dalam memilih kegiatan ekskul yang diminati. Adapun pilihan bidang yang dikembangkan tiap sekolah akan berbeda-beda seperti misalnya ekstrakurikuler seni, olahraga sains, maupun keagamaan, dan lain-lain.

Fungsi Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Sekolah memiliki beberapa fungsi yang harus Guru Pintar ketahui. Berikut ini adalah fungsi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah:

1. Pengembangan

Yang dimaksud fungsi pengembangan yaitu ekstrakurikuler sebagai wahana pengembangan minat dan bakat siswa.

2. Sosial

 Fungsi sosial ekstrakurikuler di sekolah yaitu sebagai wahana untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter.

3. Rekreatif

Supaya memenuhi fungsi rekreatif, kegiatan ekstrakurikuler harus dilakukan dalam suasana gembira dan menyenangkan, sehingga suasana ini menunjang proses perkembangan potensi/kemampuan personal siswa.

4. Persiapan Karir

Program ekstrakurikuler juga memiliki fungsi sebagai persiapan karir siswa, yaitu sebagai wahana memfasilitasi persiapan peserta didik melalui pengembangan bakat dan minat dalam bidang ekstrakurikuler yang diminati.

Prinsip Kegiatan Ekstrakurikuler


Photo by NeONBRAND on Unsplash

Dalam pelaksanaanya, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah harus diselenggarakan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip berikut ini:

1. Partisipasi Aktif: yaitu kegiatan ekstrakurikuler menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing.

2. Menyenangkan: yaitu kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan dalam suasana yang menggembirakan bagi peserta didik.

Bentuk Kegiatan Ekstrakurikuler

Seperti sudah diatur dalam Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bentuk kegiatan ekstrakurikuler antara lain:

1. Krida

contoh kegiatan ekstrakurikuler krida antara lain: Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya;

Baca juga: Setelah Tahu 5 Manfaat Ini, Masih Tak Tertarik dengan Pramuka?

2. Karya Ilmiah

Yang termasuk dalam ekskul karya ilmiah adalah Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya;

3. Latihan Olah-Bakat dan Olah-Minat

Yang termasuk dalam bentuk ekskul ini antara lain: pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, teater, teknologi informasi dan komunikasi, rekayasa, dan lainnya;

4. Keagamaan,

Contoh bentuk ekskul keagamaan misalnya: Tahfiz AlQuran, baca tulis Alquran, marawis, retreat; 

5. Bidang pengembangan lainnya

Bentuk kegiatan ekskul yang terakhir ini dapat disesuaikan dengan prioritas dan analisis potensi dan minat peserta didik di sekolah.

Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler

manfaat kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa
Photo by Artem Kniaz on Unsplash

Nah, setelah mengetahui seluk beluk ekstrakurikuler dengan baik, mari kita bahas manfaat apa saja yang akan didapatkan siswa dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

1. Membentuk Karakter

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa akan dilatih untuk memiliki sikap bertanggung jawab, mampu mengatur waktu dengan baik, mandiri, mampu bekerjasama, bekerja keras, dan sederet karakter baik lainnya.

2. Melatih Bersosialisasi 

Manfaat yang akan didapat oleh siswa saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah belajar bersosialisasi dengan orang lain. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa memiliki kesempatan berkenalan dengan teman-teman dari kelas lain yang memiliki banyak teman dengan hobi atau minat yang sama. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menambah teman dari sekolah lain juga.

3. Mengasah Bakat dan Minat Siswa

Manfaat kegiatan ekstrakurikuler di sekolah lainnya adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Biasanya dengan mengikuti ekstrakurikuler pilihan  siswa berkesempatan untuk mengasah semua bakat dan potensi yang dimiliki sehingga bisa lebih terarah dan berkembang. 

4. Meningkatkan Prestasi

Selain prestasi akademik, prestasi non akademik seperti memenangkan berbagai perlombaan adalah sebuah kebanggaan bagi siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa berkesempatan untuk mengikuti berbagai perlombaan dan meningkatkan prestasi yang dimiliki. 

5. Menyegarkan Pikiran/ Refreshing yang Mendidik

Belajar terus menerus di kelas dapat menimbulkan rasa jenuh dan bosan pada siswa. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, pikiran bisa menjadi lebih fresh dan menghilangkan rasa jenuh yang melanda siswa. Dengan demikian siswa memiliki tempat untuk menyalurkan stres yang mendidik.

Demikian ulasan tentang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Semoga bermanfaat!

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog