redesain-navbar Portlet

Blog

Manfaat Kegiatan Pramuka, photo via www.gedepangrango.org

Setelah Tahu 5 Manfaat Ini, Masih Tak Tertarik dengan Pramuka?

Ekskul Pramuka di sekolah bermanfaat dalam pengembangan diri kearah yang lebih baik.

Sobat Pintar yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka pasti sudah menyambut bulan ini dengan penuh antusiasme. Hari Pramuka tanggal 14 Agustus takkan cukup diperingati dengan upacara atau mengenakan seragam Pramuka saja. Biasanya ada saja kegiatan Pramuka, seperti Perkemahan Sabtu Minggu, yang berlangsung selama beberapa hari.

Does it sound familiar to you? Kalau iya, berarti Sobat Pintar memang anggota Pramuka sejati. Kalau belum, coba lanjut baca dulu, barangkali Sobat akan berubah pikiran dan kemudian ingin bergabung dengan ekskul Pramuka.

 

1. Anggota Pramuka Dapat Membuat Api dengan Cara Sederhana

Apa pentingnya membuat api? Penting sekali, Sobat – apalagi pada masa pra-aksara manusia purba. Bagaimana dengan saat sekarang? Siapa tahu Sobat Pintar akan berada dalam situasi yang membutuhkan api untuk membuat makanan atau penerangan tanpa listrik. We'll never know, won't we?

Nah, dalam kegiatan Kepramukaan, Sobat dapat belajar tentang jenis-jenis kayu bakar, berbagai cara menyalakan api, hingga menjaga nyala api bertahan. Meskipun tampaknya ini merupakan keterampilan sederhana, sebenarnya membuat api adalah keterampilan bertahan hidup yang sangat penting.

 

2. Anggota Pramuka Mahir Dalam Pertolongan Pertama

Dalam kegiatannya, Pramuka juga mengajari anggotanya tentang cedera fisik, bagaimana menghindarinya, hingga cara mengatasinya. Karena kegiatan Pramuka banyak dilakukan di alam terbuka, mengetahui tentang bagaimana menjaga diri sendiri dari kemungkinan cedera merupakan pengetahuan yang penting.

Namun adakalanya cedera tak dapat dihindari, sehingga kita pun harus siap mengatasinya. Perlu dicatat, penangan pertolongan pertama pada cedera yang diajarkan dalam kegiatan Pramuka memang tak sekompleks cara-cara penangan cedera dalam kegiatan Palang Merah Remaja.

 

3. Anggota Pramuka Lebih Terbuka pada Beragam Rasa Makanan

Karena kegiatannya di alam terbuka, anggota Pramuka terlatih untuk menjadi cermat dan cerdas dalam mengolah makanan. Misalnya, ketika harus camping selama beberapa hari, anggota Pramuka harus memasak makanannya sendiri dengan perlengkapan yang serba sederhana.

Bahkan, rasa masakan yang dihasilkan juga tak selalu semewah rasa masakan di rumah. Karena keadaan itulah, anggota Pramuka akan mampu lebih menghargai dan mensyukuri setiap santapan dihadapannya. Ditengah budaya kuliner sekarang ini, bersikap lebih sederhana dalam makanan bisa kita peroleh dari kegiatan Pramuka, Sobat.

 

4. Anggota Pramuka Dapat Menikmati Setiap Keadaan

Sadarkah Sobat Pintar, betapa nyamannya tempat tidur kita di rumah? Sesederhana apapun itu, tetap saja kita dapat memejamkan mata dengan dinding yang menepis dingin udara malam dan atap yang menaungi dari hujan. Bagaimana dengan kegiatan Pramuka di luar sana?

Tak jarang anggota Pramuka harus mampu tidur dengan beralaskan matras. Belum lagi bila hujan mengguyur saat camping. Pengalaman seperti ini tak hanya seru dinikmati bersama kawan-kawan yang lain, tapi juga dapat menempa kita untuk lebih tangguh dimasa depan.

 

5. Anggota Pramuka Memiliki Kawan-Kawan yang Setia

Tak mudah menemukan kawan yang mau berbagi dalam kesusahan, tapi berbeda halnya dengan anggota Pramuka. Bersama dalam segala keterbatasan saat berhari-hari berada di alam terbuka akan memperkuat ikatan antar anggota Pramuka. Itulah salah satu alasan kenapa mereka cenderung memiliki rasa setia kawan yang tinggi.

Bersama dan bekerja dalam tim juga melatih kemampuan leadership kita. Tak harus menjadi ketua regu. Bahkan sebagai anggota biasa sekalipun, setiap anggota Pramuka memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuannya menjadi pemimpin melalui latihan dalam berbagai situasi yang dihadapinya.

 

Kegiatan Kepramukaan sebenarnya bermanfaat bagi kita meskipun, harus diakui, memang tak banyak yang sungguh-sungguh tertarik. As it's mentioned earlier, we learn simple life skills like making fire or cooking which may be useful in our daily life someday.

Or else, you may reap the benefit of Pramuka (Boy Scouts) as you're studying at university. Misalnya, mahasiswa Arsitektur yang pernah aktif berkegiatan Pramuka takkan asing dengan keharusan begadang dan menginap di studio untuk mengerjakan tugas.

Dan yang tak kalah serunya adalah kenangan selama Sobat berkecimpung dalam Kepramukaan. Someday in the future, you'll look back and think of the good days you spent with your Boy Scouts comrades.

Lebih masukan Blog

Berani Memanfaatkan 3 Program Kuliah Ini?

Being a student for 12 years makes you know everything about school system in and out. ...

Tak Perlu Belajar Lama-Lama, Ikuti 6 Tips Ini

When you have to spend less time to study, who doesn't like it? Ide tentang belajar dalam...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka