redesain-navbar Portlet

Blog

Tak Perlu Belajar Lama Ikuti Tips Ini, photo via www.webanywhere.co.uk

Tak Perlu Belajar Lama-Lama, Ikuti 6 Tips Ini

Belajar lebih efektif dengan menerapkan strategi yang tepat.

When you have to spend less time to study, who doesn't like it? Ide tentang belajar dalam durasi lebih sedikit ini dicetuskan oleh Dr. Marty Lobdell, seorang profesor psikologi di Pierce College. Lantas, seperti apa sih, belajar tanpa harus menghabiskan banyak waktu? Berikut ini beberapa tips yang disarankan oleh Lobdell.

 

1. Bagi Waktumu kedalam Beberapa Sesi

Kemampuan kita untuk menyerap informasi menurun setelah 25-30 menit. Oleh sebab itu, alih-alih belajar penuh selama satu jam, misalnya, akan lebih baik bila Sobat Pintar belajar selama 30 menit dulu. Kemudian, istirahatlah selama 5-10 menit dan lanjut belajar lagi selama 30 menit.

Siklus30menit belajar dan 5 menit istirahat ini bisa diulang sebanyak mungkin yang Sobat sanggup. Indulge yourself in whatever you like during each break, so you'll be fully refreshed and ready for the following study session.

 

2. Sediakan Tempat Khusus untuk Belajar

Agar pembagian waktu diatas dapat berjalan dengan efektif, sediakan tempat khusus untuk belajar, Sobat. Jangan belajar di tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan lain. Bila perlu, gunakan komputer lain untuk main game. Jangan gunakan komputer yang sama untuk mengerjakan tugas, misalnya.

Sama halnya, jangan belajar di tempat tidur atau di ruang keluarga di mana semua orang menikmati program televisi bersama. When you have that specific, dedicated study area, you'll be automatically, mentally ready to study as you get there.

 

3. Pahami dan Kuasai Konsepnya, Jangan Sekedar Hafal

Kenapa contoh soal suatu rumus Fisika selalu mudah, tapi rasanya tak ada jawaban benar saat menghadapi soal ujian? Bila Sobat Pintar pernah merasa seperti ini, besar kemungkinan konsep dibalik rumus tersebut belum dikuasai dengan baik dan benar. Dengan kata lain, bisa jadi Sobat baru hafal rumusnya saja.

Secara umum, menghafal memang terbilang lebih mudah dibandingkan memahami konsep. Tapi kita dapat mencoba dan mulai memahami bagaimana pengetahun yang baru kita pelajari dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bila memungkinkan, cobalah menghubungkan pengetahuan baru tersebut dengan apa yang telah kita ketahui sebelumnya.

Bagaimana dengan materi yang tetap harus dihafal? Sobat Pintar dapat menggunakan mnemonics atau jembatan keledai, akronim, atau yang lain. Pada intinya, ketika mampu menyampaikan sesuatu dengan caramu sendiri, besar kemungkinan Sobat Pintar sudah memahaminya dengan baik.

 

4. Buat Catatan yang Efektif

Bila memahami konsep sesuatu dengan baik, biasanya Sobat takkan kesulitan menuangkan pemahaman tersebut kedalam bentuk peta konsep atau mind map. Salah satu keuntungan memiliki catatan berbentuk peta tersebut adalah Sobat takkan membutuhkan banyak waktu untuk membaca atau mempelajari ulang.

Sementara itu, bagi Sobat Pintar yang tetap merasa catatan rapi lebih efektif, tak ada salahnya untuk tetap mempertahankan gayamu sendiri. Tapi sudah pernah menggunakan highlight apa belum? Coba warnai bagian-bagian penting catatanmu dengan warna-warna mencolok agar lebih mudah ditemukan – asal jangan seluruhnya diwarnai, ya!

 

5. Belajar Kelompok dan Diskusi

Salah satu cara memahamkan diri sendiri pada sesuatu, atau bahkan menguji pemahaman tersebut, adalah dengan mengajarkannya pada orang lain. Itulah kenapa belajar kelompok sebenarnya bermanfaat buatmu.

Bukan berarti gaya belajar kalian nanti seperti presentasi dengan bergantian mengajar ya, Sobat – but go ahead if you enjoy it! Tapi dengan diskusi pun, masing-masing kalian sudah mencoba untuk menjelaskan pemahaman dengan menggunakan kata-kata sendiri. Jika orang lain memahaminya, berarti Sobat sudah menguasainya!

 

6. Jam Tidur yang Cukup

Jangan anggap remeh waktu tidur yang cukup, Sobat. Pasalnya, kurang tidur dapat membuatmu lebih lambat dalam mencerna atau memahami sesuatu. Jika ingin benar-benar memanfaatkan 30 menit pada poin pertama diatas, pastikan Sobat tidak kurang tidur.

Pernahkah Sobat berpikir bahwa sebenarnya materi pelajarannya biasa-biasa saja, tapi kitalah yang butuh waktu lebih lama untuk memahaminya? Jadi coba tebak, mana yang lebih baik: belajar 12 jam dan tidur empat jam atau belajar delapan jam dan tidur delapan jam?

 

Itulah tips belajar yang dapat kita intisarikan dari ide-ide Lobdell. Tak ada yang terlalu rumit untuk dicoba, bukan? Jadi, adakah yang ingin dikerjakan, Sobat?

Lebih masukan Blog

Setelah Tahu 5 Manfaat Ini, Masih Tak Tertarik dengan Pramuka?

Sobat Pintar yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka pasti sudah menyambut bulan ini dengan...

4 Alasan Ini Membuatmu Tak Segan Keluar dari Zona Nyaman

Sudah berkali-kali mendengar frasa 'zona nyaman?' Apa sebenarnya yang dimaksud dengan zona...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka