CssBlog

redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di Telkom University

Universitas Telkom membuka berbagai jurusan pada jenjang Sarjana dan Diploma.

Di Telkom University jurusan yang tersedia apa saja, sih? Bukan tanpa alasan bila salah satu universitas swasta favorit di Bandung ini suka dikepoin calon mahasiswa. Habisnya, enggak cuma sekali Telkom University ikutan nangkring di the best top ten universities di Indonesia. Di pemeringkatan versi Webometrics, misalnya, Telkom University berada di urutan ke-8. Cakep ngga, tuh!

 

Universitas Telkom di Bandung, Fakultas dan Jurusannya


Photo by NordWood Themes on Unsplash

Telkom University, atau sebelumnya juga dikenal sebagai Universitas Telkom Bandung, sebenarnya merupakan gabungan dari empat institusi pendidikan. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom, Politeknik Telkom, Institut Manajemen Telkom, dan Institut Teknologi Telkom merupakan institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom. Setelah menjadi Telkom University akreditasi institusi yang disandangnya saat ini adalah Unggul.

Dari keempat institusi di atas, bisakah kamu menebak kira-kira apa saja jurusan yang ada di Telkom University? Iya, Sobat Pintar, pilihan jurusan di Telkom University enggak jauh-jauh dari jurusan teknik, seni, dan ada manajemennya pula. Berikut inilah berbagai jurusan yang ada di Telkom University atau Universitas Telkom Bandung.

Fakultas Teknik Elektro (FTE)/School of Electrical Engineering (SEE)

Ada empat jurusan Universitas Telkom pada jenjang Sarjana di Fakultas Teknik Elektro. Kalau kamu tertarik untuk kuliah teknik, berikut pilihan jurusan atau prodi di Telkom University.

Teknik Telekomunikasi (Telecommunication Engineering) – A

Teknik Elektro (Electrical Engineering) – A

Teknik Fisika (Physics Engineering) – A

Teknik Komputer (Computer System) – B

Fakultas Rekayasa Industri (FRI)/School of Industrial Engineering (SIE)

Fakultas Telkom University ini menaungi tiga jurusan atau program studi pada Program Sarjana. Tau nggak Sobat, salah satunya adalah jurusan favorit di Telkom University, loh. Apa saja program studi Telkom University di Fakultas Rekayasa Industri?

Teknik Industri (Industrial Engineering) – A

Sistem Informasi (Information System) – A

Teknik Logistik (Logistics Engineering) – C

Fakultas Informatika (FI)/ School of Computing (SC)

Taruhan deh, tak sedikit calon mahasiswa yang pengin masuk di salah satu jurusan kuliah di Universitas Telkom berikut ini. Dari nama fakultasnya saja kamu sudah bisa menebak pilihan jurusan di Telkom University yang ditawarkan oleh Fakultas Informatika.

Informatika (Informatics Engineering) – A

Teknologi Informasi (Information Technology) – B

Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) – B

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)/School of Economic and Business (SEB)

Jurusan yang ada di Telkom University enggak melulu tentang teknik, dong. Sudah disebutkan sebelumnya, Institut Manajemen Telkom merupakan salah satu institusi pendidikan yang bergabung sehingga berdirilah Universitas Telkom Bandung seperti yang kita kenal sekarang. Maka tentu saja, pilihan jurusan Universitas Telkom juga ada yang menjadi bagian dari rumpun ilmu ekonomi dan bisnis.

Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (Management of Telecommunication and Informatics Business) - A

Akuntansi (Accounting) – A

Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)/School of Communication and Business (SCB)

Fakultas Komunikasi dan Bisnis menaungi tiga prodi di Telkom University. Apa saj prodi-prodi tersebut?

Administrasi Bisnis (Business Administration) – A

Ilmu Komunikasi (Communication Science) – A

Public Relation Digital (Digital Public Relations) – B

Fakultas Industri Kreatif (FIK)/School of Creative Industries (SCB)

Tak melulu tentang teknologi, ada satu fakultas Telkom University yang khusus menaungi jurusan-jurusan industri kreatif. Bahkan jumlah pilihan program studi Telkom University di Fakultas Industri Kreatif terbilang banyak bila dibandingkan dengan fakultas-fakultas sebelumnya. Ini dia, jurusan kuliah di Universitas Telkom pada Program Sarjana, FIK.

Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design) – A

Desain Interior (Interior Design) – A

Desain Produk (Product Design) – A

Kriya (Fashion and Textile Design) ­– A

Seni Rupa (Visual Arts) – A – R

Fakultas Ilmu Terapan (FIT)/School of Applied Science (SAS)

Selain jurusan-jurusan pada Program Sarjana di atas, Universitas Telkom Bandung juga membuka jurusan-jurusan pada Program Vokasi. Untuk Program D4 atau Sarjana Terapan, satu-satunya pilihan jurusan di Telkom University adalah Teknologi Rekayasa Multimedia (Multimedia System) yang saat ini terakreditasi C oleh BAN-PT. Sedangkan pada Program D3, berikut selengkapnya pilihan jurusan yang ada di Telkom University

Digital Connectivity  – A

Teknik Informatika (Informatics Engineering) – A

Sistem InformasiA

Teknologi Komputer Unggul

Digital Marketing – B

Sistem Informasi Akuntansi – A

Hospitality and Culinary Art – A

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Telkom Bandung

jurusan yang ada di telkom university
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Sebagai universitas swasta, Seleksi Mahasiswa Baru atau SMB Telkom University tidak melalui SNMPTN dan SBMPTN. Kalau soal itu, Sobat Pintar tentu sudah tahu. Yang jadi pertanyaan, seleksi masuk Universitas Telkom Bandung itu bagaimana? Seperti apa? Ada beberapa jalur seleksi yang bisa kamu ikuti, Sobat Pintar.

Jalur Prestasi Akademik (JPA) 2

SMB Telkom University ini merupakan jalur seleksi dengan menggunakan nilai rapor dari semester satu sampai lima. Nilai rapormu harus minimal 75 agar dapat mengikuti seleksi ini. JPA 2 dapat diikuti oleh anak IPA/IPS/SMK Teknik/SMK Nonteknik lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022. Masa pendaftaran JPA 2 saat ini sedang berlangsung dan akan ditutup tanggal 20 Mei 2022.

Jalur Beasiswa

SMB Telkom University ini merupakan jalur tes. Disamping mengikuti tes, persyaratan peserta seperti yang telah disebutkan pada Jalur Prestasi Akademik juga berlaku di Jalur Beasiswa. Untuk mengikuti jalur SMB ini, kamu harus mengikuti pendaftaran yang akan ditutup tanggal 22 April 2022 dan kemudian mengikuti tes online yang akan diselenggarakan tanggal 24 April 2022.

Beasiswa Keagamaan

SMB Telkom University ini dibuka mulai tanggal 4 April 2022 dan akan ditutup tanggal 13 Mei 2022. Kamu akan mengikuti dua tahap seleksi sebelum hasilnya diumumkan tanggal 16 Juni 2022.

Jalur Kelas Internasional

SMB Telkom University ini sedang berlangsung dan akan ditutup tanggal 21 April 2022. Ada jalur seleksi rapor dan jalur tes yang bisa kamu ikuti. Perlu dicatat, keduanya mengharuskanmu mengikuti tes EPrT yang akan dilangsungkan tanggal 23 April 2022.

Jalur Vokasi

Jika ada salah satu jurusan Universitas Telkom pada Program Vokasi di atas yang kamu incar, jalur SMB inilah yang harus kamu pilih, Sobat Pintar. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 22 April 2022.

Online Learning (PJJ) S1 Informatika 

Khusus untuk S1 Informatika, Universitas Telkom Bandung menawarkan Program Online Learning. Asalkan kamu anak IPA atau lulusan SMK Teknik, kamu bisa mengikuti program ini. Pendaftaran sedang berlangsung dan akan ditutup tanggal 27 Mei 2022, sedangkan tesnya akan dilakukan tanggal 29 Mei 2022.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu seluruh jurusan yang ada di Telkom University dan seleksi masuk calon mahasiswa barunya. Sudah menentukan jurusan pilihanmu menggunakan Tes Penjurusan, Sobat Pintar?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

CssBlog

metablog-web Portlet