redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang (POLIUPG)

Ada program-program D3 dan D4 di poltek negeri di Makassar.

jurusan di politeknik negeri ujung pandang, Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Di PNUP Makassar jurusan kuliah apa saja yang tersedia? Apakah disiplin ilmunya mencakup rumpun Saintek dan Soshum atau hanya salah satu saja? Apa pula program atau jenjang yang dibuka di politeknik di Makassar ini? Setelah lulus kuliah di salah satu jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang, gelar apakah yang akan ditambahkan di namamu kelak? Namun pertanyaan yang terpenting, sudahkah kamu kenal dengan politeknik Makassar ini?

 

POLIUPG, Sebuah Politeknik Negeri di Makassar

jurusan politeknik negeri ujung pandang
Photo by Stephanie Hau on Unsplash

Disamping universitas, ada pula politeknik. Sebagai gambaran, kamu tentu tahu bahwa ada SMA, ada pula SMK. Tak seperti universitas yang menyelenggarakan pendidikan akademik, politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi. Nah, di Indonesia saat ini ada 44 politeknik dengan status negeri, Sobat Pintar. Salah satunya adalah politeknik Makassar ini.

Politeknik Negeri Ujung Pandang adalah sebuah politeknik negeri yang ada di Kota Makassar. Politeknik ini biasa disingkap PNUP atau POLIUPG. Jangan heran, ya. Jika politeknik negeri yang lain biasanya bernama kotanya masing-masing, politeknik di Makassar ini tidak bernama Politeknik Negeri Makassar. Jangan sampai keliru menyebutkan ya, Sobat.

Jika dirunut dari awal mulanya, politeknik Makassar ini berdiri tahun 1987 dan bagian dari Universitas Hasanuddin. Kemudian, Politeknik Universitas Hasanuddin berdiri sendiri dan berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang pada tahun 1996/1997. Sementara itu, Ujung Pandang secara resmi menjadi nama kota sejak tahun 1971 hingga 1999. Melihat runtutan peristiwa ini, tak heran bila politeknik di Makassar ini bernama Politeknik Negeri Ujung Pandang.

 

Daftar Jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang

jurusan kuliah politeknik ujung pandang
Photo by alam kusuma on Unsplash

Berbeda dari universitas, tidak ada fakultas di POLIUPG. Alih-alih memperhatikan suatu jurusan Politeknik Negeri Ujung Pandang berada di fakultas apa, kita dihadapkan pada pilihan program studi. Setiap jurusan kuliah Politeknik Ujung Pandang menawarkan Program D3 dan D4/Sarjana Terapan. Nah, kamu mau pilih yang mana nih, Sobat?

Program D3

Alumni Program D3 Politeknik Nageri Ujung Pandang bergelar Ahli Madya (A.Md.). Saat ini ada 13 program studi Politeknik Negeri Ujung Pandang pada Program D3. Berikut daftar prodi di Politeknik Negeri Ujung Pandang beserta akreditasinya masing-masing.

Kelompok Bidang Studi Rekayasa (Engineering)

1. Teknik Konstruksi Gedung (B)
2. Teknik Konstruksi Sipil (B)
3. Teknik Listrik (Baik Sekali)
4. Teknik Telekomunikasi (B)
5. Teknik Elektronika (B)
6. Teknik Mesin (B)
7. Teknik Otomotif (B)
8. Teknik Konversi Energi (A)
9. Teknik Kimia (B)
10. Teknik Analisis Kimia (C)
11. Perawatan Alat Berat (Baik)

Kelompok Bidang Studi Tata Niaga (Commerce)

1. Administrasi Bisnis (B)
2. Akuntansi (B)

Program D4/Sarjana Terapan

Alumni Program D4/Sarjana Terapan Politeknik Nageri Ujung Pandang bergelar Sarjana Sains Terapan (SST). Saat ini ada 11 program studi Politeknik Negeri Ujung Pandang pada Program D4/Sarjana Terapan. Berikut daftar prodi di Politeknik Negeri Ujung Pandang beserta akreditasinya masing-masing.

Kelompok Bidang Studi Rekayasa (Engineering)

1. Jasa Konstruksi (B)
2. Teknik Perancangan Bangunan Gedung (Baik)
3. Teknik Pembangkit Energi (Baik Sekali)
4. Teknik Manufaktur
5. Teknik Komputer dan Jaringan (B)
6. Teknologi Kimia Industri (B)
7. Teknik Multimedia dan Jaringan (B)
8. Teknik Listrik (B)
9. Teknik Mekatronika (B)

Kelompok Bidang Studi Tata Niaga (Commerce)

1. Administrasi Bisnis (B)
2. Akuntansi Manajerial (A)

 

Menjadi Mahasiswa di Politeknik Makassar

program studi politeknik negeri ujung pandang
Photo by Himal Rana on Unsplash

Dari daftar jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang di atas, adakah salah satu yang menarik minatmu, Sobat? Jangan asal pilih jurusan, loh. Enggak mau merasa kuliah tak menarik, patah semangat, dan ogah-ogahan, kan? Makanya, gunakan Tes Penjurusan agar kamu bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat, yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuanmu.

Setelah menentukan apa jurusan yang ada di Politeknik Negeri Ujung Pandang yang kamu pilih, berikutnya adalah mengikuti proses seleksi masuk. SBMPN masih dibuka sampai akhir Juni nanti. Artinya, kamu punya waktu untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi ini.

Asal kamu tahu, sebagai salah satu kampus negeri di Makassar, akreditasi Poltek Ujung Pandang saat ini adalah Baik Sekali. Nah, apakah kamu calon mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang, Sobat Pintar?

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet