redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan di UNHAS (Universitas Hasanuddin)

Ketahui apa saja jurusan Saintek dan Soshum di Unhas.

jurusan di unhas, Photo by Charl Folscher on Unsplash

Ada berapa jurusan yang ada di Unhas Makassar? Terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di wilayah Indonesia timur, Universitas Hasanuddin adalah universitas negeri dengan jumlah peminat yang tak sedikit. Oleh karena itu, tak heran bila jumlah jurusan di Unhas cukup banyak dan beragam.

Jangan sampai ketinggalan, Sobat. Yuk ketahui apa saja jurusan kuliah di Unhas. Apakah jurusan incaranmu ada di sini?

 

Tentang Universitas Hasanuddin

jurusan kuliah di unhas
Photo by Kristina Akopova on Unsplash

Meskipun lokasi kampusnya berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Universitas Hasanuddin punya kisah masa lalu dengan Universitas Indonesia. Ketika Wakil Presiden kita Bung Hatta (Sobat Pintar tahu dong, kira-kira kapan waktu itu?), cikal bakal Unhas adalah Fakultas Ekonomi UI. Sempat dibekukan karena situasi keamanan yang kurang kondusif, FE UI tersebut dibuka kembali dan kemudian diresmikan sebagai Universitas Hasanuddin pada 10 September 1956. Lama-kelamaan, fakultas dan jurusan Universitas Hasanuddin terus bertambah hingga sekarang sudah ada 15 fakultas untuk calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat.

 

Fakultas dan Jurusan di Universitas Hasanuddin

jurusan unhas makassar
Photo by Kristina Akopova on Unsplash

Fakultas-fakultas di Unhas mencakup empat bidang keilmuan, yaitu pertanian, kesehatan, sosial dan humaniora, serta sains dan teknologi. Berikut fakultas dan jurusan Unhas Makassar pada program Vokasi dan Sarjana untuk Sobat Pintar yang akan lulus sekolah.

1. Ekonomi dan Bisnis

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Fakultas Ekonomi merupakan cikal bakal Universitas Hasanuddin. Fakultas ini sekarang menaungi tiga jurusan Soshum di Unhas:

- Ilmu Ekonomi (A)

- Manajemen (A)

- Akuntansi (A)

2. Hukum

FH Unhas semula juga menjadi bagian dari Universitas Indonesia. Kini ada dua jurusan Soshum di Unhas pada fakultas ini:

- Ilmu Hukum (A)

- Ilmu Hukum Administrasi Negara (B)

3. Kedokteran

Sebelum menjadi bagian dari Universitas Hasanuddin, fakultas ini bernama Fakultas Kedokteran Makassar. Saat ini ada tiga jurusan Saintek di Unhas pada Fakultas Kedokteran:

- Pendidikan Dokter (A)

- Psikologi (A)

- Pendidikan Dokter Hewan (B)

4. Teknik

Teknik merupakan fakultas keempat yang berdiri dan menjadi bagian dari Universias Hasanuddin pada tahun 1963. Fakultas ini menaungi banyak jurusan Saintek di Unhas:

- Teknik Elektro (A)

- Teknik Informatika (A)

- Teknik Sipil (Unggul)

- Teknik Lingkungan (A)

- Teknik Kelautan (A)

- Teknik Mesin (A)

- Teknik Industri (A)

- Teknik Perkapalan (A)

- Teknik Sistem Perkapalan (A)

- Teknik Arsitektur (Unggul)

- Teknik Pengembangan Wilayah dan Kota (A)

- Teknik Geologi (A)

- Teknik Pertambangan (A)

5. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

FISIP Unhas resmi berdiri pada tahun 1961 sebagai fakultas ke-6. Berawal sebagai sebuah perguruan tinggi swasta, Fakultas Tata Praja, FISIP sekarang menaungi banyak jurusan Soshum di Unhas:

- Ilmu Politik (A)

- Ilmu Pemerintahan (A)

- Ilmu Hubungan Internasional (A)

- Ilmu Komunikasi (A)

- Ilmu Administrasi (Unggul)

- Sosiologi (A)

- Antropologi (A)

6. Ilmu Budaya

Dulunya fakultas ini dikenal sebagai Fakultas Sastra yang terbentuk dari Program Kursus B.1 Paedagogik, Sastra Barat, dan Sastra Timur. Dalam perjalanannya, lantaran kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada waktu itu, beberapa fakultas di Universitas Hasanuddin harus bergabung. Demikian pula dengan FS yang harus terintegrasi dengan FISIP dan FE, menjadi Fakultas Ilmu Sosial Budaya. Enam tahun kemudian, peraturan pemerintah memecah integrasi tersebut sehingga kini Fakultas Ilmu Budaya menaungi jurusan kuliah di Unhas pada disiplin ilmu humaniora saja:

- Sastra Indonesia (A)

- Sastra Inggris (A)

- Sastra Asia Barat

- Sastra Barat Roman

- Ilmu Sejarah (A)

- Sastra Daerah (B)

- Arkeologi (A)

- Sastra Jepang (A)

- Bahasa dan Kebudayaan Tiongkok (Baik)

7. Pertanian

Fakultas ini didirikan dengan persiapan yang matang. Universitas Hasanuddin menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor sehingga FP Unhas resmi berdiri pada tahun 1962. Jurusan Saintek di Unhas pada fakultas ini ialah:

- Agribisnis (A)

- Keteknikan Pertanian (A)

- Ilmu dan Teknologi Pangan (A)

- Agroteknologi (A)

8. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

FMIPA merupakan salah satu fakultas yang didirikan setelah Universitas Hasanuddin resmi berdiri. Tepatnya, FMIPA Unhas berdiri pada tahun 1963. Ada beberapa jurusan Saintek di Unhas pada fakultas ini sekarang:

- Matematika (Unggul)

- Kimia (A)

- Biologi (A)

- Fisika (A)

- Geofisika (A)

- Statistika (A)

- Ilmu Aktuaria (Baik)

- Ilmu Komputer (B)

9. Peternakan

Hanya ada satu jurusan di Universitas Hasanuddin pada fakultas ini, yaitu Peternakan (A). Sebelum menjadi Fakultas Peternakan seperti sekarang, fakultas ini dulunya menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan yang berstatus swasta.

10. Kedokteran Gigi

Pendidikan Dokter Gigi adalah satu-satunya jurusan Saintek di Unhas pada fakultas ini. FKG Unhas merupakan wujud kerja sama antara Universitas Hasanuddin dengan TNI AL. Sebelum menjadi bagian dari Unhas, fakultas ini dulunya adalah Institut Kedokteran Yos Sudarso.

11. Kesehatan Masyarakat

Dalam lima tahun pertama sejak berdiri pada tahun 1982, FKM Unhas hanya menerima calon mahasiswa dari D3 Kesehatan. Beruntung Sobat Pintar yang lulus SMA/sederajat sekarang karena sudah bisa menjadi mahasiswa fakultas ini. Ada dua pilihan jurusan Saintek di Unhas bila Sobat Pintar kuliah di FKM:

- Kesehatan Masyarakat (A)

- Ilmu Gizi (A)

12. Ilmu Kelautan dan Perikanan

Fakultas ini berdiri pada tahun 1996. Terbilang muda bila dibandingkan dengan fakultas-fakultas lain di Unhas, namun sebenarnya cikal bakal FIKP sudah ada sejak tahun 1988 dengan berdirinya Program Studi Ilmu Kelautan. Sekarang ada lebih banyak pilihan jurusan kuliah di Unhas di bidang kelautan dan perikanan:

- Agrobisnis Perikanan

- Budidaya Perairan (Unggul)

- Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (Unggul)

- Ilmu Kelautan (Unggul)

- Manajemen Sumber Daya Perairan (A)

13. Kehutanan

Pada Fakultas Kehutanan, ada dua jurusan Saintek di Unhas. Jika Sobat Pintar berminat belajar tentang kehutanan di Universitas Hasanuddin jurusan yang bisa dipertimbangkan yaitu:

- Kehutanan (Unggul)

- Rekayasa Kehutanan

14. Farmasi

Satu-satunya jurusan kuliah di Unhas pada fakultas ini, tentu saja, adalah Farmasi (A). Sebagaimana Sobat Pintar ketahui, Farmasi adalah salah satu jurusan Saintek yang cukup difavoritkan. Begitu pula dengan Farmasi Unhas. Berkaca pada jurusan di Unhas dan peminatnya pada SBMPTN 2021, ada 1.602 calon mahasiswa yang memperebutkan 92 kursi Farmasi.

15. Keperawatan

Fakultas terakhir di Universitas Hasanuddin untuk Sobat Pintar yang akan lulus sekolah adalah Keperawatan. Di sini ada dua pilihan jurusan saintek di Unhas:

- Ilmu Keperawatan (A)

- Fisioterapi (B)

 

Dari daftar jurusan yang ada di Unhas Makassar di atas, adakah jurusan kuliah incaranmu, Sobat? Selain SNMPTN dan SBMPTN, jalur masuk Universitas Hasanuddin yang lain yaitu Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi (PM-JNS) serta Jalur Prestasi Olah Raga Seni dan Keilmuan (POSK). Nah, manakah jalur seleksi pilihanmu?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet