CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Unimed (Universitas Negeri Medan)

Universitas negeri di Medan ini membuka prodi-prodi kependidikan dan nonkependidikan.

jurusan di unimed, Photo by Debby Hudson on Unsplash

Ngomongin jurusan kuliah yang ada di Unimed, kita dengan mudah bisa berasumsi, "Ah, paling-paling jurusannya buat calon guru." Eitts, tunggu dulu, Sobat Pintar.

Sama seperti IKIP negeri yang lain, Universitas Negeri Medan juga berkembang dari sebuah institusi keguruan, yakni IKIP Medan. Tentu saja ada jurusan-jurusan kependidikan di Unimed, namun jurusan di Unimed sekarang tak terbatas pada bidang keguruan saja.

 

Dari Kampus Keguruan Menjadi Universitas Negeri Medan


Photo by Emre on Unsplash

Berdirinya Unimed tak lepas dari Universitas Sumatra Utara (USU). Berawal dari FKIP USU, institusi pendidikan calon guru ini kemudian berkembang menjadi IKIP Jakarta Cabang Medan yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Keguruan Sastra dan Seni, Ilmu Sosial, serta Keguruan Ilmu Eksakta. Selama menyandang nama resmi sebagai IKIP Medan, jumlah fakultas ini terus bertambah. Ketika IKIP Medan kemudian berkembang menjadi sebuah universitas negeri, jumlah dan ragam jurusan di Universitas Negeri Medan juga turut berkembang.

 

Fakultas dan Program Studi Unimed

program studi unimed
Photo by Lara Far on Unsplash

Kini, dengan akreditasi Unimed yang berstatus A, ada tujuh fakultas di Unimed. Jurusan-jurusan kependidikan tidak lagi terkumpul di satu fakultas saja. Sebagian program studi Unimed yang mendidik calon-calon guru berada pada fakultas yang menaungi rumpun atau bidang ilmunya masing-masing. Berikut selengkapnya program studi atau jurusan Unimed dengan akreditasinya masing-masing.

Fakultas di Unimed: Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan sudah menjadi bagian dari Universitas Negeri Medan sejak institusi pendidikan ini masih menjadi FKIP USU. FIP saat ini menaungi empat jurusan yg ada di Unimed.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (A)

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (A)

Bimbingan dan Konseling (A)

Pendidikan Luar Sekolah (A)

Fakultas di Unimed: Bahasa dan Seni

Fakultas Bahasa dan Seni menjadi bagian dari Universitas Negeri Medan sejak di masa masih berstatus sebagai IKIP. Jika pada masa awal berdirinya fakultas ini menaungi dua jurusan saja, sekarang FBS menaungi 10 jurusan di Unimed.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Bahasa Perancis (A)

Pendidikan Bahasa Jerman (A)

Pendidikan Seni Tari (A)

Pendidikan Seni Musik (A)

Pendidikan Seni Rupa (A)

Sastra Indonesia (A)

Sastra Inggris (A)

Seni Pertunjukan (B)

Fakultas di Unimed: Ilmu Sosial

Pada awalnya, jurusan Soshum di Unimed yang kini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial merupakan jurusan-jurusan yang berada di bawah Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial. Betul, Sobat. Pada waktu itu, Universitas Negeri Medan masih menjadi IKIP. Setelah berdiri sebagai sebuah fakultas yang khusus menaungi jurusan Soshum di Unimed, FIS saat ini terdiri dari empat jurusan atau program studi.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (A)

Pendidikan Sejarah (A)

Pendidikan Geografi (A)

Pendidikan Antropologi (A)

Fakultas di Unimed: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

FMIPA menaungi tak hanya jurusan Saintek di Unimed, namun juga jurusan-jurusan kependidikan yang sebelumnya menjadi bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta di masa IKIP. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam saat ini menaungi 10 jurusan Saintek di Unimed.

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Fisika (A)

Pendidikan Kimia (A)

Pendidikan Biologi (A)

Matematika (A)

Fisika (A)

Kimia (A)

Biologi (A)

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Baik)

Ilmu Komputer (Baik)

Fakultas di Unimed: Teknik

Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan terdiri dari empat jurusan yang membawahi program studinya masing-masing. Pada Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, ada lima Program Sarjana.

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Pendidikan Tata Boga (A)

Pendidikan Tata Busana (B)

Pendidikan Tata Rias (Baik)

Gizi (Baik Sekali)

Pada Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, ada satu Program D3, yakni Teknik Sipil, yang terakreditasi B. Pada Program Sarjana, terdapat dua program studi Unimed.

Pendidikan Teknik Bangunan (A)

Teknik Sipil (B)

Jurusan Pendidikan Teknik Mesin juga menaungi satu Program D3, yaitu Teknik Mesin, dengan akreditasi Baik. Terdapat dua program studi Unimed juga di sini.

Pendidikan Teknik Mesin (Unggul)

Pendidikan Teknik Otomotif (Baik Sekali)

Jurusan terakhir di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan adalah Pendidikan Teknik Elektro. Ada tiga program studi Unimed di sini.

Pendidikan Teknik Elektro (B)

Teknik Elektro (B)

Pendidikan Teknologi Informatika Komputer (Baik)

Fakultas di Unimed: Ilmu Keolahragaan

Ada tiga program studi Unimed di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Apa saja program studi atau jurusan tersebut?

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (A)

Pendidikan Kepelatihan Olahraga (A)

Ilmu Keolahragaan (A)

Fakultas di Unimed: Ekonomi

Tentu saja, kalau ngomongin jurusan Soshum di Unimed, kita enggak akan bisa jauh-jauh dari Fakultas Ekonomi. Jurusan-jurusan kependidikan yang sekarang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pernah menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial. Namun seiring dengan dibukanya jurusan-jurusan nonkependidikan, Fakultas Ekonomi kemudian hadir dan meluluskan Sarjana Ekonomi. Fakultas ini sekarang menaungi sembilan jurusan di Universitas Negeri Medan.

Pendidikan Ekonomi (A)

Pendidikan Akuntansi (A)

Pendidikan Bisnis (A)

Pendidikan Administrasi Perkantoran (A)

Akuntansi (A)

Manajemen (A)

Ilmu Ekonomi (Baik)

Bisnis Digital (Baik)

Kewirausahaan (Baik)

 

Oke, kita sudah tahu tentang universitas negeri di Medan dan jurusannya. Terus, bagaimana dengan pilihan jurusan kuliahmu, Sobat Pintar? Sudah tau belum, jurusan yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu? Jangan sampai salah pilih, ya. Bila perlu, kamu bisa menggunakan hasil Tes Penjurusan untuk membantumu memutuskan pilihan jurusan kuliah. Kalau begitu, apakah hasilnya membawamu ke salah satu jurusan kuliah yang ada di Unimed?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog