CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka merupakan alternatif kuliah di perguruan tinggi negeri.

jurusan di universitas terbuka, Photo by Pj Accetturo on Unsplash

Jurusan yang ada di Universitas Terbuka sebenarnya tak jauh beda dengan yang ada di universitas-universitas yang lain. Tapi pernah nggak, Sobat Pintar mempertimbangkan kuliah di Universitas Terbuka? Rasa-rasanya, Universitas Terbuka hampir enggak pernah masuk hitungan saat kita sedang sibuk mengikuti seleksi masuk kuliah.

Nah, sebenarnya Universitas Terbuka itu ada di mana, sih? Apakah Universitas Terbuka negeri atau swasta? Terus, apa saja jurusan di Universitas Terbuka?

 

Tentang Universitas Terbuka


Photo by Hatice Yardım on Unsplash

Universitas Terbuka itu perguruan tinggi negeri, Sobat Pintar. Lebih dikenal dengan singkatan UT, Universitas Terbuka resmi berdiri pada tahun 1984. Sesuai dengan namanya, prinsip perkuliahan di Universitas Terbuka bersifat jauh dan terbuka. Artinya, perkuliahan di seluruh jurusan di UT tidak dilakukan secara tatap muka dan tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, maupun kekerapan mengikuti ujian. Satu-satunya batasan bagi mahasiswa UT adalah harus sudah lulus SMA/sederajat.

Sebagai gambaran konsep perkuliahan di UT, coba ingat-ingat lagi saat kamu menjalani school from home atau belajar dari rumah beberapa waktu yang lalu, Sobat. Bedanya, perkuliahan setiap jurusan Universitas Terbuka menggunakan modul, siaran radio, siaran televisi, atau media yang lain sebelum ada internet. Tentunya media perkuliahan mahasiswa UT sekarang sudah menyesuaikan dengan ketersediaan teknologi dan internet.

Terus, bagaimana kalau mahasiswa UT perlu melakukan registrasi, mengikuti ujian atau praktikum, ataupun kegiatan-kegiatan perkuliahan lain yang membutuhkan fasilitas kampus? Untuk itu, Universitas Terbuka menyediakan sebuah unit layanan di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ).

UPBJJ Yogyakarta, misalnya, berlokasi di Jalan Bantul No. 81, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Kalau UPBJJ Jakarta, lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani No. 43 (By pass), Kelurahan Utan Kayu, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Universitas Terbuka juga memiliki Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri loh, Sobat. Gedung pelayanan untuk mahasiswa luar negeri ini berada di Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan. Mahasiswa UT bisa mendapatkan bahan kuliah, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, praktikum, hingga ujian melalui cabang kota Universitas Terbuka masing-masing.

 

Fakultas dan Jurusan Kuliah di UT

jurusan di universitas terbuka
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Oke, sekarang kamu punya gambaran kayak apa kuliah di Universitas Terbuka itu. Lantas, jurusan apa saja yang ada di Universitas Terbuka? Ini dia, pilihan prodi Universitas Terbuka buat calon mahasiswa dari jenjang SMA/sederajat.

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pada registrasi mahasiswa tahun 2020, jumlah mahasiswa baru terbanyak ada di PGSD yakni 6.908 orang. Jurusan kuliah di UT dengan jumlah mahasiswa baru tersedikit adalah Pendidikan Kimia, yakni 29 orang. Untuk menjadi mahasiswa FKIP, Sobat Pintar harus sudah bekerja sebagai guru. Berikut pilihan program studi FKIP dan akreditasi jurusan di Universitas Terbuka.

1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (B)

2. Pendidikan Bahasa Inggris (B)

3. Pendidikan Biologi (B)

4. Pendidikan Fisika (B)

5. Pendidikan Kimia (B)

6. Pendidikan Matematika (A)

7. Pendidikan Ekonomi (B)

8. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (B)

9. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (B)

10. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (B)

11. Teknologi Pendidikan (B)

Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu fakultas di Universitas Terbuka yang membuka program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Kamu enggak harus berprofesi tertentu terlebih dahulu untuk menjadi mahasiswa FE di UT. Ada lima pilihan prodi Universitas Terbuka di fakultas ini.

1. Ekonomi Pembangunan (A)

2. Manajemen (A)

3. Pariwisata (B)

4. Akuntansi (A)

5. Akuntansi Keuangan Publik (B)

6. Ekonomi Syariah (B)

Sains dan Teknologi

Lebih dikenal sebagai ST, fakultas di Universitas Terbuka ini sudah ada sejak tahun 1984. Hanya saja, pada waktu itu FST bernama FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Kini, FST menaungi beberapa prodi Universitas Terbuka pada jenjang S1.

1. Statistika (B)

2. Matematika (B)

3. Biologi (B)

4. Perencanaan Wilayah dan Kota (B)

5. Sistem Informasi (C)

6. Agribisnis (B)

7. Teknologi Pangan (B)

Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik

Fakultas di Universitas Terbuka ini meraih predikat unggulan dalam penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) di bidang ilmu sosial dan ilmu politik. Tak hanya sekali, Sobat Pintar. Predikat tersebut diraih pada tahun 2010 untuk wilayah Asia dan tahun 2020 di tingkat dunia.

Disamping Program Sarjana, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga membuka jurusan-jurusan pada Program D3 dan D4. Seluruhnya, pilihan prodi Universitas Terbuka di fakultas ini adalah sebagai berikut.

1. D3 Perpajakan (A)

2. D4 Kearsipan (A)

3. Administrasi Negara (A)

4. Administrasi Bisnis (A)

5. Ilmu Hukum (A)

6. Ilmu Pemerintahan (B)

7. Ilmu Komunikasi (B)

8. Ilmu Perpustakaan (B)

9. Sosiologi (A)

10. Sastra Inggris (B)

 

Itulah seluruh pilihan jurusan yang ada di Universitas Terbuka buat calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat. Apakah kamu ingin mendaftar kuliah di UT, Sobat Pintar? Eitts, bentar. Sudah tahu jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu, belum? Jangan bingung, kamu bisa menggunakan Tes Penjurusan untuk membantumu menentukan jurusan kuliah yang tepat. Habis itu, baru deh, pilih kampus tempatmu kuliah.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog