CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Tips Menjadi Guru yang Bahagia

Kebahagiaan guru berdampak pada kualitas mengajar

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Jadi guru yang bahagia? Guru Pintar pasti menginginkannya. Bagaimana caranya? Tugas seorang guru saat ini tidak hanya mengajar saja. Ada segudang tugas lain termasuk tugas administratif yang membuat pusing kepala. Belum lagi masalah kesejahteraan guru yang masih menjadi PR hingga saat ini.

Guru Pintar, menjadi guru bahagia itu pilihan kita. Kenapa harus bahagia? Karena kebahagiaan seorang guru berbanding lurus dengan kualitas pembelajaran. Dengan kata lain, Guru yang bahagia akan mengajar berkualitas. Bagaimana caranya supaya tetap happy meskipun mengajar di masa seperti sekarang ini? Berikut ini adalah tips untuk guru agar selalu happy.

1. Mengajar dengan ikhlas

5 Tips Menjadi Guru yang Bahagia
 

Sering kali guru mengeluh capek, jenuh, bahkan sudah tidak memiliki gairah untuk mengajar. Nah, coba Guru Pintar ingat-ingat kembali niat awal Guru Pintar memutuskan untuk terjun dalam dunia pendidikan dan memilih profesi sebagai seorang guru. Niat yang Guru Pintar punyai akan membuat Guru Pintar melakukan pekerjaan dengan penuh keihklasan. Rasa ikhlas ini dapat membuat Guru Pintar merasa ringan saat mengajar siswa-siswa. Lelah melakukan pekerjaan itu biasa. Tetapi jangan dijadikan sebagai alasan untuk tidak bahagia dan membuat siswa-siswi yang diajar ikut merasa tersiksa.

2. Hindari lingkungan yang toxic

“Ih, ngapain sih repot buat media ini itu. Udah gini-gini aja sudah cukup kok! Gaji nggak naik-naik juga!” Jika ada orang di sekitar Guru Pintar yang berkata seperti itu, sudah dipastikan orang tersebut tergolong orang yang toxic. Guru Pintar harus menjaga jarak dengan orang dan lingkungan yang hanya menyebarkan energi negatif seperti ini. Carilah teman atau lingkungan yang saling mendukung dan memotivasi untuk menjadi guru yang lebih baik lagi. Jangan sampai keikhlasan yang sudah Guru Pintar punyai terkikis oleh pengaruh dari orang dan lingkungan beracun seperti ini.

3. Atur waktu untuk me time


Foto oleh cottonbro dari Pexels

Tidak dapat dipungkiri, dengan ragam tugas yang dimiliki guru sekarang berpotensi membuat guru tertekan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk me time ya, Guru Pintar. Lakukan hal-hal yang disukai seperti hobi, berkumpul dengan teman-teman, atau sekedar menyepi sendiri. Ibarat baterai, me time adalah masa Guru Pintar menchargeenergi, membuang semua energi negatif dan mengganti dengan energi yang lebih positif. Dengan demikian, Guru Pintar akan merasa lebih segar dan dapat mengajar siswa dengan gembira. Hal-hal yang dapat Guru Pintar lakukan saat me time antara lain: Berkebun, memasak kue, pergi ke salon, mendengarkan musi, menulis, dan masih banyak lagi kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Kenakan pakaian favorit

Cara guru agar selalu happy diantaranya adalah selalu mengenakan pakaian yang disukai, tentu saja pakaian yang tidak melanggar peraturan di sekolah, ya. Pakaian favorit tidak harus pakaian yang mahal. Pakaian yang Guru Pintar dapat membangun mood, lho! Misalnya pilih warna yang disukai, atau bahan yang nyaman digunakan. Bahkan ada peneitian yang mengatakan katanya pakaian yang dikenakan oleh seseorang dapat membuatnya merasa lebih bahagia. Coba, deh!

5. Memberikan afirmasi positif pada diri sendiri

Afirmasi positif merupakan positive self-talk yang harus Guru Pintar lakukan supaya lebih bahagia. Yang dimaksud afirmasi positif adalah pernyataan yang berulang kali diucapkan untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan mengubah cara pikir menjadi lebih positif. Untuk memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri, Guru Pintar cukup mencari ucapan atau pernyataan yang diperlukan untuk membangun rasa percaya diri, mendorong perubahan positif, dan motivasi di dalam pikiran. Misalnya, Guru Pintar adalah orang yang sering takut berbicara di depan umum. Maka, contoh kalimat afirmasi positif yang bisa diucapkan adalah, “Aku adalah orang yang berani dan bisa lancar persentasi di depan kelas.” Mengucapkan afirmasi positif secara teratur setiap hari pada diri sendiri memiliki manfaat yang luar biasa, lho. Manfaat Afirmasi positif pada diri sendiri diantaranya adalah meningkatkan kesadaran diri, menyehatkan mental, menyehatkan fisik, bahkan membuka jalan sukses Guru Pintar di masa depan.

Guru Pintar, lakukanlah hal yang bisa dilakukan guru agar selalu happy. Dengan demikian Guru Pintar dapat mengajar lebih bahagia.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog