redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di UPN Jogja: Akreditasi dan Daya Tampung

Temukan jurusan incaranmu di UPN Veteran Yogyakarta.

jurusan di upn jogja, Photo by Afif Rahman on Unsplash

Di UPN Veteran Yogyakarta jurusan yang ada apa aja, sih? Nah, pertanyaan ini penting banget buat Sobat Pintar yang sedang mencari alternatif kampus di Jogja. Pasalnya ada banyak pilihan universitas di Yogyakarta, sampai-sampai kita bingung dibuatnya.

Bagaimana dengan UPN Veteran Yogyakarta? Universitas negeri di Jogja ini cukup populer dengan jurusan-jurusan kuliah yang tak sedikit peminatnya. Terus, apa saja jurusan di UPN Jogja? Yuk, kita cari tahu bareng-bareng, Sobat.

 

Tentang UPN Veteran Yogyakarta


Photo by arif ubayy on Unsplash

Jika ditanya Depok berada di mana, Sobat Pintar pasti bisa menjawabnya. Enggak jauh-jauh dari Jakarta? Woops! Kali ini jawabanmu salah, Sobat. Depok juga ada di Sleman, Yogyakarta. Di kecamatan Depok ini lah kampus UPN Veteran Yogyakarta berada. Selain di wilayah Depok, kampus UPN Veteran Yogyakarta juga berada di kawasan Babarsari, Yogyakarta.

Universitas di Yogyakarta ini merupakan perguruan tinggi yang diprakarsai oleh para veteran pejuang kemerdekaan. Tak heran bila kampus ini dikenal juga sebagai kampus bela negara, terutama ketika UPN Veteran Yogyakarta dibina langsung oleh Departemen Pertahanan Keamanan.

Setelah melewati perjalanan yang panjang, bahkan sempat menjadi perguruan tinggi swasta, UPN Veteran Yogyakarta sekarang ini merupakan perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sejak tahun 2014.

 

Fakultas dan Jurusan di UPN Veteran Yogyakarta

jurusan upn yogyakarta
Photo by arif ubayy on Unsplash

Pada tahun 1958, UPN Veteran Yogyakarta berdiri dengan tiga jurusan saja. Sekarang universitas di Yogyakarta ini menaungi lima fakultas dengan satu Prodi D3 dan 21 Prodi S1. Apakah salah satunya adalah jurusan incaranmu, Sobat? Jangan dijawab dulu. Lihat dulu apa saja jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya di bawah ini.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Apa saja jurusan yang ada di UPN Jogja, Fakultas Ekonomi dan Bisnis? Di sini ada tiga Prodi S1, yaitu Manajemen (A), Akuntansi (A), dan Ekonomi Pembangunan (A). Daya tampung UPN Yogyakarta pada ketiga prodi ini saat SBMPTN 2021 berturut-turut yaitu 174, 136, dan 72.

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Ada empat jurusan di UPN FISIP Jogja pada jenjang S1, yaitu Hubungan Masyarakat (Baik), Ilmu Hubungan Internasional (B), Ilmu Komunikasi (A), dan Ilmu Administrasi Bisnis (A). Dilihat dari tahun sebelumnya, jalur tes untuk masuk keempat jurusan UPN Yogyakarta ini menyediakan daya tampung berturut-turut sebesar 70, 94, 94, dan 87.

Fakultas Pertanian

Dua jurusan di UPN Veteran Yogyakarta, Fakultas Pertanian adalah Agribisnis (A) dan Agroteknologi (A). Kedua jurusan S1 ini memiliki daya tampung masing-masing sebesar 58 dan 154 khusus pada jalur tes saja.

Fakultas Teknik Industri

Ada dua jurusan di UPN Jogja, Fakultas Teknik Industri. Teknik Kimia (B) berdaya tampung 69 kursi pada SBMPTN 2021, sedangkan Sistem Informasi (C) menerima 41 mahasiswa baru pada jalur tes di tahun yang sama. Selain pada jenjang S1, Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta juga tersedia pada jenjang D3 (B).

Fakultas Teknologi Mineral

Dibanding fakultas-fakultas yang lain, Fakultas Teknologi Mineral memiliki jumlah jurusan di UPN Yogyakarta paling banyak. Di bawah ini tabel prodi, akreditasi, dan daya tampung UPN Yogyakarta pada jalur tes tahun lalu.

Prodi

Akreditasi

Daya Tampung

Teknik Pertambangan

 

79

Teknik Geomatika

Baik

36

Teknik Geologi

A

72

Teknik Geofisika

A

42

Teknik Lingkungan

B

57

Teknik Perminyakan

A

81

Teknik Metalurgi

C

37

 

Seleksi Masuk UPN Veteran Yogyakarta


Photo by jauzax on Unsplash

Perlu dicatat lagi, daya tampung UPN Yogyakarta di atas hanya untuk jalur tes atau SBMPTN 2021. Memang daya tampung SBMPTN cenderung sama dari tahun ke tahun, tetapi tak menutup kemungkinan terjadi perubahan daya tampung untuk jalur tes berikutnya. Jadi, periksa daya tampung UPN Yogyakarta pada jurusan incaranmu terlebih dahulu sebelum mengikuti SBMPTN ya, Sobat.

Selain SBMPTN, masuk UPN Veteran Yogyakarta juga bisa ditempuh melalui jalur SNMPTN, Seleksi Mandiri jalur prestasi, Seleksi Mandiri jalur ujian, dan Seleksi Mandiri jalur nilai UTBK. Sama halnya, perbedaan jalur masuk UPN Veteran Yogyakarta masih bisa terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu meng-update informasimu ya, Sobat Pintar.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet