APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Ilmu Politik: Langkah Awalmu sebagai Ilmuwan Sosial atau Politisi

Belajar Ilmu Politik di perguruan tinggi membuka wawasan dan cara pandang baru.

Jurusan Ilmu Politik, photo by Priscilla Du Preez on unsplash

Apa itu Ilmu Politik? Politik sering dikaitkan dengan partai – atau mungkin pemilihan kepala daerah dalam beberapa waktu mendatang. Bagi Sobat Pintar yang memang punya minat dengan dunia politik, percaturan politik terbaru tentu terasa menarik. Bahkan jika minatmu begitu serius, bukan tidak mungkin kalau Sobat sampai ingin kuliah di Jurusan Ilmu Politik.

Iya, kita bisa belajar Ilmu Politik di perguruan tinggi, Sobat. Di jurusan atau fakultas apa, tepatnya? Di kampus mana? Dan bagaimana pula prospek kerja Ilmu Politik setelah lulus kuliah nanti? Yuk, cari tau!

 

Tentang Ilmu Politik


Photo by Arnaud Jaegers on Unsplash

Apa itu Ilmu Politik? Ilmu Politik adalah salah satu cabang Ilmu Sosial yang tertua. Dibutuhkan sistem yang menjamin pengawasan dan pengaturan sejak manusia memutuskan untuk hidup secara komunal. Ilmu Politik menjadi penting karena penerapannya bisa menawarkan solusi atas persoalan-persoalan sosial politik di tengah masyarakat.

Politik sendiri mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita, mulai dari pendidikan, perumahan, kesehatan, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Sebagai bagian dari Ilmu Sosial, Ilmu Politik tak lepas dari Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Psikologi, Ilmu Hukum, Sejarah, hingga Filsafat. Boleh dikata, Ilmu Politik adalah tentang memahami bagaimana dunia berjalan.

 

Jurusan Sosial Politik di Perguruan Tinggi


Photo by Brett Jordan on Unsplash

Di perguruan tinggi, Jurusan Ilmu Politik biasanya berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang sistem politik, kekuasaan, birokrasi pemerintahan, dan lain-lain. Bahkan kita juga belajar tentang fenomena perebutan dan bagaimana mempertahankan kekuasaan di Jurusan Ilmu Politik.

Yuk, intip beberapa mata kuliah Jurusan Ilmu Politik berikut ini, Sobat:

- Sistem Politik Indonesia

- Metodologi Ilmu Politik

- HAM dan Perubahan Politik

- Bisnis dan Politik

- Politik Perkotaan

- Perubahan Sosial Ekonomi dan Dinamika Politik

- Nasionalisme dan Resolusi Konflik Etnis

- Politik Kebijakan Publik

- Politik di Asia Selatan

- Politik Perburuhan dan Hubungan Industrial

- Sistem Perwakilan Politik

- Pemilu

- Perilaku Pemilih dan Lembaga Perwakilan di Indonesia, dll.

Dari sebagian mata kuliah Ilmu Politik di atas, bisa ditebak kalau mahasiswa Jurusan Ilmu Politik itu harus mampu mengamati dan menganalisis berbagai peristiwa yang terkait dengan terbetuknya struktur politik suatu kekuasaan. Maka, tak cukup dengan sikap kritis saja, Sobat. Salah satu tugas penting mahasiswa FISIP adalah melakukan riset.
 

Prospek Kerja Ilmu Politik


Photo by Zach Camp on Unsplash

Belajar Ilmu Politik berarti kita mempelajari tentang masyarakat dan berbagai kepentingan yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, Ilmu Politik adalah ilmu yang senantiasa berkembang seiring zaman. Jadi tak perlu heran bila prospek kerja Ilmu Politik pun akan terus ada dan berkembang sepanjang masa.

Apa saja prospek kerja Ilmu Politik? Berikut ini adalah beberapa profesi yang dijalani oleh Sarjana Ilmu Politik:

- Aparatur Sipil Negara di Kementerian atau Pemerintahan

- Staf/ anggota legislatif pusat/ daerah

- Aktivis LSM maupun NGO internasional

- Peneliti atau pengamat politik

- Jurnalis politik, dll.

Pernahkah terbersit di benakmu Sobat, bahwa menjadi presiden dengan gelar Sarjana Ilmu Politik itu keren? Kita juga bisa berkarier di Kepolisian degan latar belakang pendidikan sebagai Sarjana Ilmu Politik, lho.

 

Menjadi Sarjana Ilmu Politik


Photo by Valery Tenevoy on Unsplash

Telah disebutkan di awal, politik menarik bagi mereka yang memang menyukainya. Demikian pula, pada umumnya Jurusan Ilmu Politik dilirik oleh mereka yang memang punya minat untuk belajar Ilmu Politik di perguruan tinggi.

tes jurusan kuliah yang cocok onlineKira-kira kamu bakalan enjoy atau enggak sih, bila kuliah di Jurusan Ilmu Politik? Jika Sobat Pintar masih ragu dengan pilihan jurusan ini, gunakan Minat untuk membantumu.

Namun bila kamu sudah mantap memilih untuk kuliah di Jurusan Ilmu Politik, langkah berikutnya adalah memilih kampusnya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan Jurusan Ilmu Politik terakreditasi A di dalamnya, terdapat di:

- Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

- Universitas Jenderal Soedirman

- Universitas Padjadjaran

- Universitas Sumatera Utara

- Universitas Hasanuddin

- Universitas Indonesia

- Universitas Bakrie

- UIN Syarif Hidayatullah

- Universitas Andalas

- Universitas Airlangga

- Universitas Muhammadiyah Jakarta

- Universitas Nasional

Di Universitas Gadjah Mada, jurusan sosial politik ini disebut sebagai Politik dan Pemerintahan sejak 2016. Sedangkan di UIN Raden Intan Lampung, jurusan sosial politik yang ada yaitu Pemikiran Politik Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Nah, sudah menemukan calon kampusmu, Sobat? Ilmu Politik adalah ilmu pengetahuan yang bersifat lifelong learning, sesuatu yang akan terus kita pelajari sepanjang hayat. Nah, bakalan menarik ga nih, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog