APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Teknik Geologi: Bagaimana Kuliahnya dan ke Mana Alumninya?

Teknik Geologi adalah salah satu jurusan dengan prospek cerah bagi alumninya.

Jurusan Teknik Geologi, photo by skeeze on pixabay

Bisakah Sobat Pintar menyebutkan satu saja alumnus Jurusan Teknik Geologi di Indonesia? Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Kabinet Indonesia Maju, adalah salah satunya. Beliau adalah alumnus Teknik Geologi UGM.

Eh, tunggu dulu. Apa itu Teknik Geologi? Bagaimana prospek kerja Teknik Geologi? Selain UGM, jurusan ini ada di universitas mana lagi? Kepoin skuy, Sobat!

 

Apa Itu Teknik Geologi?


Photo by Jon Flobrant on Unsplash

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang planet bumi dan isinya. Hal-hal yang dibahas dalam Ilmu Geologi adalah sifat, bahan, dan struktur pembentuk bumi, proses yang terjadi di atas permukaan dan di dalam bumi, kedudukan bumi di alam semesta, hingga perkembangan bumi sampai sekarang.

tes psikotes jurusan kuliah
Apakah kamu bakal enjoy mempelajari semua itu, Sobat? Jangan sampai menyesal setelah kamu menjadi mahasiswa Geologi beberapa waktu, loh. Untuk mencegah penyesalan itulah Minat Pintar hadir dan membantumu menemukan bidang ilmu serta jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Kuliah di Jurusan Geologi artinya kita belajar tentang Ilmu Geologi. Namun tak sekedar belajar tentang komposisi, struktur, sifat fisik, proses pembentukan, dan sejarah bumi, mahasiswa Jurusan Teknik Geologi juga belajar bagaimana memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan bumi.

Emangnya masalah bumi itu apa? Permasalahan-permasalahan bumi yang dimaksud dalam Geologi adalah yang terkait dengan pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, perminyakan, konstruksi bangunan, dan lain-lain. Ilmu Geologi diperlukan untuk mengatasi berbagai persoalan di bidang-bidang tersebut.

 

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknik Geologi?


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Bagi Sobat Pintar yang super kepo tentang bumi, Geologi adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari. Selain Geografi, ilmu-ilmu alam seperti Kimia, Fisika, Biologi, bahkan Matematika juga penting bagi calon mahasiswa Jurusan Geologi.

Selama kuliah di Jurusan Teknik Geologi, pola pikir kita akan dilatih untuk menjadi lebih analitis, sistematis, dan rasional. Nah, ilmu-ilmu alam di atas membantu kita mengembangkan kemampuan tersebut. Apalagi, mata kuliah Jurusan Geologi nggak jauh-jauh amat dari ilmu alam. Beberapa diantaranya yaitu:

- Geologi Dasar

- Fisika

- Paleontologi

- Sedimentologi

- Tektonika

- Mineral Optik dan Petrografi

- Geokomputasi

- Statistika

- Geologi Batubara

- Petrologi

- Kartografi dan Ilmu Ukur Tanah

- Analisis Batuan

- Mitigasi Bencana Geologi

- Manajemen Air Tanah, dll.

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Geologi?


Photo by Bruna Fiscuk on Unsplash

Udah tau lebih banyak tentang Geologi? Nggak nanya-nanya lagi apa yang dimaksud Geologi? Kalau begitu, kita kepoin prospek kerja alumni Jurusan Geologi, yuk!

Ngomongin prospek kerja Teknik Geologi, kita udah punya contoh di awal: Bapak Menteri PUPR, alumnus Teknik Geologi UGM. Sebelum menjabat sebagai Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadimuljono telah meniti karier beliau di Kementerian Pekerjaan Umum.

Tak harus menjadi ASN di institusi pemerintah, alumni Jurusan Teknik Geologi juga dibutuhkan di bidang industri tambang. Banyak perusahaan besar seperti Antam, Adaro, Chevron, bahkan Pertamina yang membutuhkan alumni Jurusan Geologi.

 

Kampus Mana Saja yang Membuka Jurusan Teknik Geologi?


Photo by Ricardo Gomez Angel on Unsplash

Prospek yang cerah menjadi salah satu pertimbangan kenapa Jurusan Teknik Geologi dipilih oleh calon mahasiswa baru. Tapi Jurusan Geologi ini ada di mana saja, sih?

D3 Teknik Geologi (akreditasi C) ada di Universitas Kutai Kertanegara, Tenggarong. D3 Teknik Geologi Terapan (akreditasi C) berada di Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP, Bandung.

S1 Jurusan Teknik Geologi dengan akreditasi A terdapat di:

- Universitas Trisakti

- Universitas Gadjah Mada

- UPN Veteran Yogyakarta

- Universitas Padjadjaran

- Universitas Hasanuddin

Jika Teknik Geologi UGM menjadi bagian dari Fakultas Teknik, Teknik Geologi Unpad berdiri sendiri sebagai sebuah fakultas. Bagaimana dengan Teknik Geologi di kampus-kampus lain?

Tenang, Sobat. Pilihanmu tidak terbatas pada kampus-kampus di atas. Masih ada, misalnya, Teknik Geologi ITB (akreditasi Unggul) dan Teknik Geologi Undip (akreditasi B).

Alumni Teknik Geologi ITB banyak yang bekerja di bidang industri pertambangan, gas bumi, dan perminyakan. Sebagian mereka juga bekerja di instansi pemerintah maupun lembaga penelitian. Tak jauh berbeda, alumni Teknik Geologi Undip juga berpeluang menjadi peneliti, pengusaha di bidang pertambangan, hingga pendidik.

Boleh dibilang Geologi adalah jurusan yang cukup menjanjikan bagi alumninya. Perusahaan-perusahaan di sektor perminyakan, pertambangan, dan geo-services selalu membutuhkan alumni Jurusan Geologi. Kementerian ESDM, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hingga LIPI juga masih terus membutuhkan alumni jurusan ini.

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
di jurusan teknik geologi apakah boleh siswa jurusan IPA kesana? atau hanya buat anak IPS?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog