APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Kuliah di Universitas Medan Area: S1, S2, dan S3

UMA adalah salah satu pilihan kampus untuk kuliah di Sumatra.

Photo by Viktor Bystrov on Unsplash

UMA swasta atau negeri, Sobat Pintar? Eitts, kamu sudah tau belum, apa itu UMA?

UMA itu kependekan dari Universitas Medan Area. UMA adalah salah satu kampus swasta terbaik di Medan, Sumatra Utara. Tercatat sekarang ini Universitas Medan Area memiliki total 23 jurusan kuliah, terdiri dari Program Sarjana, Magister, dan Doktor.

jurusan kuliah di universitas medan
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Tentang UMA

Pertanyaanmu tentang UMA swasta atau negeri sudah terjawab kan, Sobat? Nah, Universitas swasta ini dikelola oleh Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim. Mahasiswa angkatan pertama Universitas Medan Area (UMA) memulai perkuliahannya pada tahun akademik 1983/1984.

Pada awal berdirinya tersebut, UMA terdiri dari lima fakultas. Seiring waktu, jumlah fakultas dan jurusan Universitas Medan Area terus bertambah, bahkan tersedia pula kelas karyawan. Kalau begitu, apakah di UMA ada kelas malam? Ada dong, Sobat. Kelas malam di hari kerja disediakan bagi mahasiswa yang harus bekerja di siang hari. Kelas karyawan juga tersedia pada hari Sabtu.

Sekarang sudah ada delapan fakultas di dua lokasi kampus, yakni di Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate/Jalan Gedung PBSI dan Jalan Sei Serayu Nomor 70 A/Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan. Apa saja fakultas dan jurusan yang ada di UMA? Di bawah ini daftar fakultas dan jurusan kuliah di Universitas Medan Area.

jurusan yang ada di UMA
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Fakultas Psikologi

Fakultas Psikologi di Universitas Medan Area diklaim sebagai satu-satunya yang ada di luar Jawa. Pada awal dibuka, fakultas ini sudah menyelenggarakan perkuliahan untuk 200an mahasiswa baru. Saat ini Psikologi merupakan jurusan dengan akreditas B di UMA.

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan satu dari lima fakultas yang berdiri pada tahun 1983. Fakultas ini sekarang menaungi dua program studi di Universitas Medan Area. Berikut daftar kedua prodi tersebut dan akreditasinya masing-masing.

- Akuntansi (B)

- Manajemen (Baik Sekali)

 

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum juga menjadi bagian dari lima fakultas yang berdiri paling awal. Jurusan Ilmu Hukum di UMA saat ini memiliki akreditasi B.

 

Fakultas Teknik

Sama halnya, Teknik juga merupakan satu dari lima fakultas yang berdiri paling awal. Saat ini Fakultas Teknik menaungi enam jurusan kuliah di Universitas Medan Area. Berikut daftar prodi beserta akreditasinya.

- Teknik Sipil (Baik)

- Teknik Elektro (Baik Sekali)

- Teknik Mesin (Baik Sekali)

- Arsitektur (B)

- Teknik Industri (B)

- Teknik Informatika (Baik Sekali)

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

FISIPOL, begitu fakultas ini biasa disingkat, juga menjadi bagian dari lima fakultas yang awal berdiri pada tahun 1983. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Medan Area sekarang menaungi tiga prodi di bawah ini.

- Ilmu Pemerintahan (B)

- Administrasi Publik (A)

- Ilmu Komunikasi (Unggul)

 

Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Medan Area dahulu bernama Fakultas Biologi. Satu-satunya prodi di fakultas ini, yakni Biologi, merupakan jurusan dengan akreditas B di UMA.

 

Fakultas Pertanian

Lima fakultas pionir yang telah disebutkan di atas juga mencakup Fakultas Pertanian, yang saat ini menaungi dua program studi di Universitas Medan Area. Dua jurusan yang ada di UMA tersebut adalah sebagai berikut.

- Agribisnis (A)

- Agroteknologi (B)

 

Fakultas Agama Islam

FAI merupakan fakultas terbaru di UMA. Fakultas Agama Islam saat ini menaungi satu prodi, yakni Pendidikan Agama Islam. Status terkini akreditasi jurusan yang ada di UMA ini adalah Baik.

UMA swasta atau negeri
Photo by cottonbro studio on Pexels

Pascasarjana

Total ada lima Program S2 di Universitas Medan Area. Kamu sudah berencana kuliah Pascasarjana sedari sekarang, Sobat? Ini dia daftar jurusan kuliah di Universitas Medan Area dan akreditasnya masing-masing.

- Psikologi (B)

- Ilmu Hukum (Baik Sekali)

- Ilmu Administrasi Publik (Baik Sekali)

- Agribisnis (Unggul)

- Manajemen (Baik)

 

Doktor

Program Doktor di UMA terdiri dari satu jurusan saja, yakni Ilmu Pertanian. Status akreditasi terkini jurusan kuliah di Universitas Medan Area ini adalah Baik.

Itulah seluruh prodi atau jurusan yang ada di UMA. Sekarang kamu sudah tau kan, Sobat Pintar, mana saja jurusan yang terkareditasi B dan mana jurusan dengan akreditas A di UMA. Ringkasnya, Universitas Medan Area memiliki 17 program studi Sarjana (S1), lima program studi Magister (S2), dan satu program studi Doktor (S3) yang perkuliahannya diselenggarakan di dua lokasi kampus.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog