redesain-navbar Portlet

null

Blog

3 Jurusan Kuliah IPS dengan Keketatan Persaingan Masuk yang Tinggi

Beberapa jurusan tertentu lebih diminati oleh calon mahasiswa baru.

Jurusan Kuliah IPS, photo by Vlada Karpovich on Pexels

Yang namanya kuliah jurusan anak IPS itu sering mendapat stigma. Ada yang bilang enteng, ada pula yang bilang gampang. Tak jarang, kuliah jurusan IPS menjadi tumpuan harapan terakhir anak IPA. Yang terakhir ini disebabkan oleh stigma pula: peluang lolos di jurusan Soshum (IPS) itu lebih besar.

Seiring waktu, pandangan-pandangan yang melihat jurusan kuliah IPS hanya dari satu sisi seperti diatas sudah mulai berkurang. Namun faktanya, tetap ada jurusan Soshum yang masih sulit ditembus di SBMPTN karena tingginya peminat. Ingin tahu tiga jurusan kuliah untuk anak IPS yang paling banyak diminati, Sobat?

 

1. Ilmu Komunikasi

Photo by fauxels on Pexels

Ilmu Komunikasi dikenal sebagai salah satu favoritnya jurusan kuliah untuk anak IPS. Jurusan Soshum ini biasanya dilirik oleh mereka yang punya minat pada public speaking, advertising, jurnalisme, hingga animasi, desain, dan fotografi.

Untuk SBMPTN 2020, Ilmu Komunikasi UI menyediakan 24 kursi saja. Sementara itu, UGM dan Unpad berturut-turut membuka 27 dan 36 kursi untuk mahasiswa baru jurusan Soshum ini pada SBMPTN 2020.

Barangkali salah satu faktor penyebab tingginya minat pada Ilmu Komunikasi adalah prospeknya yang terbilang menjanjikan di antara sekian daftar jurusan kuliah IPS. Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki kecakapan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang media, instansi pemerintah, bahkan start up. Mereka ada yang menjadi jurnalis, Public Relation, dan banyak profesi lain.

 

2. Hubungan Internasional

Photo by Eric Prouzet on Unsplash

Pernahkah Sobat ditanya, "SMA IPS kuliah jurusan apa?" Nah, inilah salah satu jurusan kuliah yang diidam-idamkan anak IPS: Hubungan Internasional. Jurusan Soshum ini terkenal sebagai jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi, jadi tak heran kalau Hubungan Internasional memiliki tingkat keketatan masuk yang cukup tinggi.

As expected, jurusan untuk anak IPS ini memang incaran mereka yang ingin menjadi diplomat atau duta besar. Padahal tak selalu seperti itu, Sobat. Prospek alumni Hubungan Internasional cukup beragam, termasuk diantaranya menjadi jurnalis internasional, konsultan imigrasi, maupun konsultan politik.

Selama studinya, mahasiswa di jurusan kuliah IPS ini memang belajar tentang seni diplomasi, hukum internasional, perdagangan luar negeri, politik luar negeri, hingga ekonomi internasional. Tapi skills yang diperoleh di Hubungan Internasional membekali alumninya untuk mampu berkarier pada berbagai profesi seperti yang telah disebutkan di atas.

Dari berbagai macam jurusan kuliah IPS, Hubungan Internasional cukup sering diisukan sebagai jurusan untuk anak IPS dengan kemampuan Bahasa Inggris yang lancar. Well, it's not compulsory, Sobat Pintar. Still, being fluent in English is a benefit for you to study International Relations.

Hubungan Internasional UI menerima 18 saja mahasiswa baru pada SBMPTN 2020. Tak terlalu jauh dengan UI, jurusan Soshum ini menerima 28 dan 36 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020 masing-masing di UGM dan Unpad.

 

3. Akuntansi

Photo by olia danilevich on Unsplash

Sudah belajar Akuntansi di sekolah, belajar lagi dibangku kuliah? Begitulah kira-kira, Akuntansi menjadi kawan karib anak IPS. Bahkan Akuntansi adalah jawaban terbaik kalau Sobat ditanya, "SMA IPS kuliah jurusan apa?" atau "Jurusan IPS bisa jadi apa?" Yup! Akuntansi memang terkenal sebagai salah satu jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi. Who doesn't want it, then?

Kuliah jurusan IPS ini berarti kita belajar tentang akuntansi manajerial, akuntansi keuangan, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, audit, aspek hukum akuntansi, prosedur pelaporan, sistem informasi bisnis, dan masih banyak lagi. Sebagian tentu sudah terdengar familiar bagi anak IPS, tapi masih banyak lagi yang akan dipelajari saat Sobat nanti kuliah Akuntansi.

Akuntansi UI menerima 60 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020. Apakah ini jurusan Soshum incaranmu, Sobat Pintar?

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Bagaimana dengan SBMPTN 2021 yang akan datang? Apakah daftar jurusan kuliah IPS di atas akan kembali sulit ditembus? It's hard to predict the trend, indeed. Who knows, barangkali peminat Akuntansi akan kembali melampaui peminat Ilmu Komunikasi seperti yang telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

But then, adakah jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan? Jurusan kuliah tanpa keketatan setinggi tiga macam jurusan kuliah IPS, tapi dengan prospek sebaik daftar jurusan kuliah IPS di atas?  Nah, sekarang saatnya banding-bandingin semua jurusan incaranmu di aplikasi Aku Pintar!

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet