CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Perhotelan: Seperti Apa dan di Mana Kuliahnya?

Siapa nih, Sobat Pintar yang kepengin kuliah perhotelan? Jurusan kuliah ini tak hanya menarik, tetapi juga relevan dengan industri pariwisata di Indonesia. Namun sudah tahukah kamu, kuliah perhotelan itu seperti apa? Apakah lulusannya harus selalu bekerja di hotel, seperti yang kita bayangkan selama ini? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang jurusan perhotelan.

 

Kuliah di Bidang Perhotelan dan Pariwisata


 

Salah satu yang menarik dari kuliah di bidang perhotelan adalah jenjang atau programnya, Sobat Pintar. Jika ingin kuliah perhotelan, pertama-tama tentukan dahulu apakah kamu akan kuliah pada Program D3, D4, atau S1.

Untuk Program D3, tentu kamu sudah tahu bahwa program vokasi ini terdiri dari enam semester. Di bidang perhotelan, Program D3-nya lebih dikenal dengan Jurusan Perhotelan saja.

Namun bagaimana dengan Program D4 dan S1, Sobat? Kedua program ini sama-sama membutuhkan waktu kuliah sampai empat tahun, tetapi ada sejumlah perbedaan antara keduanya. Lulusan Program D4 bergelar Sarjana Terapan dan diikuti dengan keahlian bidangnya, sedangkan gelar Program S1 adalah Sarjana ditambah dengan keahlian bidangnya. Mahasiswa D4 lebih banyak belajar tentang ilmu-ilmu terapan (praktik), sedangkan mahasiswa S1 lebih banyak belajar tentang teori keilmuan (hingga 60%). Jumlah SKS yang harus dituntaskan mahasiswa D4 dan S1 sedikit berbeda, yaitu 144 SKS untuk program D4 dan 144-160 SKS untuk program S1.

Jurusan perhotelan pada Program D4-nya lebih dikenal dengan Pengelolaan Perhotelan atau Manajemen Perhotelan – seperti yang ada di Politeknik Internasional Bali, misalnya. Alumni D4 Manajemen Perhotelan kampus pariwisata di Bali ini bergelar Sarjana Terapan Pariwisata (S. Tr. Par).

Karena saat ini hanya ada dua Program S1 Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia, boleh dikata kamu punya lebih banyak pilihan kampus untuk kuliah perhotelan pada Program Vokasi, baik D3 maupun D4. Pertimbangan lokasi kampus juga cukup penting, Sobat. Pasalnya, tak semua kampus pariwisata di Indonesia berada di kawasan pariwisata.

Itulah sebabnya, kuliah perhotelan di sebuah kampus pariwisata yang ada di Bali patut untuk dipertimbangkan. Kampus Politeknik Internasional Bali (PIB), misalnya, tak hanya berada di Bali yang terkenal sebagai kawasan pariwisata di Indonesia, tetapi juga berada di lokasi yang strategis. Hanya 15 menit dari Canggu, kamu akan tiba di sebuah kampus pariwisata Bali yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan berstandar internasional. Jangan keliru, Sobat Pintar. Alih-alih ruang kuliah berderet, kamu akan menjumpai sebuah resort seluas 15 hektar.

 

Hotel Management Politeknik Internasional Bali


 

Kampus pariwisata yang ada di Bali ini memang unik, Sobat. Namun tak berhenti sampai di keunikan kampusnya saja, kurikulum perkuliahannya pun, khususnya Jurusan Hotel Management, relevan dengan kebutuhan industri. Mahasiswanya juga bakal mengikuti program magang sebanyak dua kali di hotel bintang 5, tak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Nah, pas banget, kan? Kuliahnya di jurusan perhotelan, magangnya pun di hotel terbaik. Udah gitu, mahasiswa Hotel Management PIB bakal mendapatkan dua sertifikasi profesi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), yaitu Certification on Front Office Operation dan Certification on F&B Service.

D4 Hotel Management PIB merupakan Program Sarjana Terapan dengan masa pendidikan empat tahun. Perkuliahannya terdiri dari 30% teori dan 70% praktik dengan total masa magang selama satu tahun. Kegiatan kuliah dan praktik Hotel Management di akademik pariwisata Bali ini didukung oleh dosen-dosen yang memiliki pengalaman sebagai praktisi di bidang pariwisata dan hospitality sampai lebih dari puluhan tahun.

 

Kuliah Perhotelan di Kampus Pariwisata Bali


 

Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa kampus perhotelan di Bali ini belajar tentang Western Culinary, Front Office dan Housekeeping Operations, serta Tourismpreneurship. Di tahun berikutnya, mahasiswa Hotel Management mempelajari tentang Organizational Behavior, Coffee Business & Management, Wine Knowledge, Kitchen Management & Work Safety, serta Resort & Leisure Management. Mahasiswa tingkat tiga dan empat akan mengikuti program magang masing-masing selama satu semester. Di sisa semester lainnya pada tahun ketiga dan keempat, mata kuliah yang diikuti meliputi Franchise Management, Quality Management, Service Management in Hospitality Industry, Digital Marketing for Hospitality, Cultural Heritage Tourism, Sustainable Tourism Management, dan Final Project.

Kurikulum perkuliahan di atas dirancang untuk menyiapkan Sarjana Terapan Hotel Management yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk menjadi entrepreneur, hotel general manager, directors of rooms, director of food and beverage, spa director, restaurant manager, banquet manager, hotel consultant, sommelier, theme park manager, maupun tour guide. Career opportunities-nya memang sangat luas dan beragam, Sobat Pintar.


 

Nah, sekarang kamu sudah tau lebih banyak tentang kuliah perhotelan, bukan? Pastikan untuk selalu memilih jurusan dan kampus perhotelan terbaik untukmu kuliah nanti ya, Sobat Pintar.

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog