redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Politeknik Lhokseumawe

Ketahui apa saja pilihan jurusan kuliahmu di Politeknik Negeri Lhokseumawe.

jurusan kuliah di poltek lhokseumawe, Photo by Good Faces on Unsplash

Sudah tahu jurusan kuliah di Poltek Lhokseumawe itu apa saja, Sobat Pintar? Eitts, enggak boleh curang dengan bertanya sama bestie­-mu yang tinggal di Aceh loh, ya! Kita pelajari di sini aja deh yuk, semua tentang politeknik di Aceh ini.

 

Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Pendidikan Vokasi di Aceh

jurusan di politeknik negeri lhokseumawe
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Pilihan kampus atau universitas di Lhokseumawe itu sebenarnya cukup beragam, Sobat. Kamu bisa kuliah di institut, sekolah tinggi, akademi, ataupun politeknik di Lhokseumawe. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) sendiri merupakan satu-satunya politeknik negeri di Kota Lhokseumawe yang resmi menyandang nama tersebut tahun 1997 setelah sebelumnya bernama Politeknik Universitas Syiah Kuala.

Berdiri sebagai Politeknik Universitas Syiah Kuala pada tahun 1987, politeknik di Aceh ini pada awalnya membuka tiga jurusan saja yaitu Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil. Demi memenuhi kebutuhan dunia kerja, Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kemudian membuka jurusan-jurusan lain di tahun-tahun berikutnya. Tak heran bila kampus ini menjadi incaran lulusan SMA/sederajat seperti Sobat Pintar yang pengin kuliah vokasi. Tambahan pula, status akreditasi Politeknik Lhokseumawe saat ini adalah B.

 

Daftar Jurusan dan Program Studi di PNL

jurusan di politeknik lhokseumawe dan akreditasi
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Dalam perkembangannya, saat ini ada enam jurusan kuliah di Poltek Lhokseumawe. Tunggu dulu, Sobat. Bukan keenam jurusan di Politeknik Negeri Lhokseumawe itu yang harus kamu perhatikan, melainkan pilihan program studi pada tiap-tiap jurusan. Pada program studi yang dimaksud itulah nantinya kamu akan kuliah dan belajar ilmu yang kamu minati.

Penting banget loh, kita berhati-hati dalam memilih jurusan kuliah. Pertimbangkan betul, sudahkah pilihanmu sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan. Jangan ragu menggunakan Tes Penjurusan agar kamu terhindar dari salah pilih jurusan kuliah, apalagi kalau pilihannya sebanyak di bawah ini.

Teknik Sipil

Ini dia, satu dari tiga jurusan tertua di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Teknik Sipil. Ada empat program studi Politeknik Negeri Lhokseumawe di jurusan ini.

D3

Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung

(B)

 

Teknologi Konstruksi Bangunan Air

(C)

 

Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan

(Baik)

D4

Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

(B)

Teknik Kimia

Teknik Kimia juga merupakan salah salah satu jurusan pionir di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Jurusan ini membuka tiga prodi di Poltek Lhokseumawe.

D3

Teknologi Kimia

(B)

 

Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas

(B)

D4

Teknologi Rekayasa Kimia Industri

(B)

Teknik Mesin

Salah satu jurusan dan program studi di PNL yang cukup difavoritkan adalah Teknik dan Teknologi Mesin. Tak heran, jurusan yang ada di Politeknik Negeri Lhokseumawe ini membuka Program D3 dan D4 yang sama-sama dibutuhkan di dunia industri.

D3

Teknologi Mesin

(B)

 

Teknologi Industri

(C)

D4

Teknologi Rekayasa Manufaktur

(B)

 

Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi

(Baik)

Teknik Elektro

Pada awalnya jurusan kuliah di Poltek Lhokseumawe ini bernama Jurusan Listrik. Dibuka pada tahun 1988, kini Teknik Elektro menaungi enam program studi Politeknik Negeri Lhokseumawe di bawah ini.

D3

Teknologi Listrik

(B)

 

Teknologi Telekomunikasi

(B)

 

Teknologi Elektronika

(B)

D4

Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

(B)

 

Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi

(Baik)

 

Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi

(C)

Tata Niaga

Menyusul Teknik Elektro, dibukalah Jurusan Tata Niaga di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) pada tahun 1998. Jurusan ini menaungi enam prodi di Poltek Lhokseumawe, satu diantaranya merupakan Program Magister. Kalau buat Sobat Pintar, ini dia pilihan program studi Politeknik Negeri Lhokseumawe di Jurusan Tata Niaga.

D3

Akuntansi

(B)

 

Administrasi Bisnis

(B)

D4

Manajemen Keuangan Sektor Publik

 

 

Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah

(B)

 

Akuntansi Sektor Publik

(Baik)

Teknologi Informasi Komputer

Teknologi Informasi Komputer berada di bawah Jurusan Teknik Elektro sebelum berdiri sendiri seperti sekarang. Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Lhokseumawe ini baru berdiri pada tahun 2015, namun sudah membuka tiga prodi di Poltek Lhokseumawe.

D4

Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan

(B)

 

Teknik Informatika

(B)

 

Teknologi Rekayasa Multimedia

 

 

Itulah jurusan di Politeknik Lhokseumawe dan akreditasi prodinya masing-masing. Enggak perlu heran atau bahkan sampai bingung bila kamu tak mendapati fakultas di Politeknik Lhokseumawe. Alih-alih fakultas, kamu bisa fokus pada nama jurusan dan kemudian nama prodinya untuk mencocokkan dengan hasil Tes Penjurusan yang sudah kamu kerjakan sebelumnya.

Nah, gimana Sobat Pintar? Sudah menemukan jurusan kuliah di Poltek Lhokseumawe yang sesuai dengan rekomendasi Tes Penjurusanmu?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Farmasi: Bukan Hanya tentang Obat

avatar penulis

deni purbowati

17 Agustus 2018

Baca Selengkapnya
image article

Kehutanan, Kuliah bagi Penyayang Alam yang Berjiwa Tangguh

avatar penulis

deni purbowati

07 Agustus 2021

Baca Selengkapnya
image article

Event, Jurusan Unik yang Masih Jarang Peminat

avatar penulis

deni purbowati

05 Juni 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet