CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Siswa Mengantuk Saat Belajar? Lakukan Hal Berikut Ini!

10 Tips mengatasi siswa yang sering mengantuk di kelas

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Apakah Guru Pintar pernah menjumpai siswa yang mengantuk saat belajar? Apa yang Guru Pintar lakukan terkait hal tersebut? Mengantuk merupakan tanda bahwa tubuh manusia membutuhkan istirahat atau tidur. Akan tetapi jika mengantuk di kelas, tentu akan mengganggu fokus siswa dalam belajar. Dan dikhawatirkan nantinya siswa yang sering mengantuk di kelas akan ketinggalan pelajaran. Jangan sampai hal ini terjadi ya Guru Pintar! 

Biasanya siswa mengantuk di jam-jam tertentu, misalnya di jam-jam terakhir kegiatan belajar mengajar. Tetapi ada juga lho, siswa yang tidak dapat menahan kantuk bahkan ketika pelajaran di sekolah baru saja dimulai. Guru Pintar pasti menginginkan semua siswa tetap terjaga saat belajar dan mampu menyerap semua materi pelajaran yang diajarkan di kelas. Oleh sebab itu, Guru Pintar harus mengetahui penyebab kantuk pada siswa dan bagaimana membuat mereka kembali segar kembali sehingga siap untuk belajar dengan penuh semangat.

Penyebab Ngantuk di Kelas

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan siswa sering mengantuk di kelas:

1. Kurang Istirahat

Setiap anak juga memiliki kebutuhan untuk istirahat yang cukup. Pada anak usia 6 hingga 12 tahun, membutuhkan waktu tidur 9 sampai 12 jam setiap hari. Sedangkan untuk remaja usia 13 hingga 18 tahun setidaknya harus mendapatkan 8 sampai 10 jam tidur setiap harinya. Jika kebutuhan akan istirahat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak heran jika pada akhirnya siswa mudah sekali mengantuk saat belajar di kelas.

2. Menu Sarapan yang Tidak Tepat

Penyebab mudah mengantuk di kelas berikutnya adalah menu sarapan yang konsumsi siswa sebelum belajar tidak tepat. Sering dijumpai orang tua memberikan menu sarapan yang dianggap praktis seperti makanan instan atau frozen food karena mudah membuatnya dan hemat waktu. Padahal, asupan makanan tersebut merupakan biang keladi siswa mengantuk di kelas. 

3. Terlalu Banyak Makan

Tidur di kelas ternyata bukan hanya karena menu sarapan yang makan tidak seimbang kandungan gizinya. Ternyata jumlah makanan yang dikonsumsi siswa juga dapat menyebabkan siswa mengalami rasa mengantuk yang luar biasa di kelas. 

4. Kurang gerak

Aktivitas belajar yang membuat siswa hanya duduk dan mendengarkan guru ceramah di kelas juga menjadi salah satu penyebab siswa merasa mengantuk. 

5. Kegiatan Belajar yang Tidak Menarik

Ketika siswa mengantuk di kelas, Guru Pintar juga harus melihat kembali bagaimana menyelenggarakan pelajaran di kelas. Jika Guru Pintar mengajar dengan cara yang membosankan dan tidak melibatkan siswa, maka akan membuat siswa merasa lesu,tidak semangat belajar, dan ujung-ujungnya akan mudah terlelap di kelas.

Menegur apalagi memarahi siswa yang mengantuk tidak akan berdampak positif pada siswa yang sering mengantuk. Dibutuhkan cara-cara atau trik yang jitu untuk mengatasi siswa mengantuk di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah cara mengatasi sering mengantuk pada siswa berikut ini.

Cara Mengatasi Siswa yang Sering Mengantuk di Kelas

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Guru Pintar lakukan di kelas untuk membuat siswa tetap terjaga dan tidak terlelap saat belajar di kelas:

1. Cuci Muka

10 Tips mengatasi siswa yang sering mengantuk di kelas
Foto oleh Ahmed akacha dari Pexels

Minta siswa yang terlihat mengantuk untuk mencuci muka. Air dingin yang dibasuhkan ke wajah siswa dapat merangsang terbukanya pori-pori. Hal ini akan membuat siswa merasa lebih segar dan siap untuk menerima pelajaran kembali.

2. Menggerakkan Badan


Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Ajak siswa untuk menggerakkan badan, misalnya berdiri dan melakukan peregangan ringan atau senam dengan diiringi lagu yang ceria. Hal ini sangat bermanfaat membuat siswa-siswa yang tadinya mengantuk kembali terjaga.

3. Makan Secukupnya


Foto oleh eat kubba dari Pexels

Berikan pemahaman terhadap siswa bahwa terlalu banyak makan tidak baik untuk tubuh. Ajarkan mereka untuk mengkonsumsi sarapan secukupnya saja, jangan sampai terlalu kenyang. 

4. Memilih Menu Sarapan Seimbang


Foto oleh ANTONI SHKRABA dari Pexels

Berikan pengertian pada orang tua dengan cara yang baik untuk memberikan menu sarapan yang seimbang kandungan gizinya. Memberikan menu sarapan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan gula akan merangsang siswa mudah mengantuk di kelas.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah


Foto oleh Alberta Studios dari Pexels

Anjurkan juga kepada siswa dan juga orang tua untuk membawa bekal ke sekolah makanan yang mengandung lebih banyak protein dan juga vitamin daripada makanan berat lainnya. Contoh makanan berat misalnya roti tawar dengan olesan mentega dan taburan coklat atau meses yang banyak. Contoh makanan berat lainnya misalnya mi goreng dan nasi. Anjurkan siswa untuk memperbanyak makan sayur berkuah atau buah.

6. Mengatur Kapan Menyantap Bekal di Sekolah 


Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Terkadang siswa sudah menyantap makanan yang cukup saat sarapan. Pada jam istirahat pertama hendaknya siswa tidak memakan makanan berat lagi. Kenapa? Karena lambungnya masih terisi dan belum membutuhkan asupan lainnya. Ingatkan siswa untuk menunda makan-makanan berat jika belum merasa terlalu lapar. Misalnya menunda memakan makanan beratnya pada jam istirahat kedua atau saat makan siang. 

7. Ingatkan Siswa untuk Tidur Cukup


Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Guru Perlu tahu berapa lama siswa tidur. Tanyakan jam berapa siswa tidur dan mengapa mereka tidur terlalu malam sehingga kurang istirahat kemudian mengantuk di kelas. Jika perlu ajak komunikasi orang tua siswa untuk mengatur jadwal tidur sehingga mereka tidak terbuai main gadget hingga larut malam sehingga mengganggu jam istirahat. Jika ada hal lain yang membuat siswa kurang tidur, hal tersebut dapat didiskusikan dengan orang tua dan bekerja sama mengatasi masalah tersebut bersama-sama.

8. Berikan Energizer


Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Mengatasi ngantuk di kelas salah satu dapat Guru Pintar atasi dengan menyisipkan kegiatan-kegiatan energizer yang dapat mengembalikan konsentrasi siswa dan pastinya menghilangkan kantuk mereka. Contoh kegiatan energizer yang dapat Guru Pintar lakukan antara lain menyanyi, games-games ringan yang menggugah perhatian dan sebagainya.

9. Libatkan siswa 


Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Siswa yang mengantuk karena bosan, perlu lebih dilibatkan dalam aktivitas-aktivitas yang diberikan di kelas. Minta siswa untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran misalnya dengan melemparkan pertanyaan, memberi kesempatan siswa untuk bertanya, membuat group diskusi, dan lain sebagainya.

10. Merancang Kegiatan Belajar yang Kreatif dan menyenangkan


Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels

Cara agar tidak mengantuk saat pelajaran adalah dengan membuat siswa tertarik dengan pelajaran yang Guru Pintar ajarkan. Rancanglah kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan.

Guru Pintar, demikianlah tips dan trik mengatasi siswa yang mengantuk di kelas kan. Selamat mencoba di kelas ya.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog