CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Polnep Pontianak

Politeknik Negeri Pontianak membuka program D1, D3, dan D4.

jurusan di politeknik negeri pontianak,, Photo by Barney Yau on Unsplash

Jurusan Polnep Pontianak pada awalnya hanya tiga, tetapi bagaimana sekarang? Kamu tahu ada berapa banyak pilihan jurusan di Polnep sekarang, Sobat? Eitts, sebelum terlanjur ngomongin jurusan Politeknik Pontianak, kamu sudah tahu atau belum tentang Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)?

 

Polnep, Sebuah Politeknik Negeri di Kalimantan Barat

program studi di Polnep Pontianak
Photo by Dieu Huyen Hoang on Unsplash

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) adalah sebuah politeknik berstatus negeri di Provinsi Kalimantan Barat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hanya ada tiga jurusan di Politeknik Negeri Pontianak pada awal berdirinya. Bahkan saat itu nama kampusnya bukan Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), melainkan Politeknik Universitas Tanjungpura.

Berdiri pada tahun 1985, tiga jurusan yang ada di Politeknik Negeri Pontianak saat itu adalah Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro. Berbagai jurusan politeknik Saintek dan Soshum silih berganti dibuka pada tahun-tahun selanjutnya. Kini Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) menaungi delapan jurusan. Adapun akreditasi Polnep Pontianak, statusnya saat ini adalah B.

 

Jurusan dan Program Studi di Polnep Pontianak


Photo by Jin Nishichan on Unsplash

Buat Sobat Pintar lulusan SMA/sederajat, ada dua pilihan program di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) yaitu D3 dan D4. Tiap-tiap program studi di Polnep Pontianak terdapat pada jurusan yang relevan dengan bidangnya masing-masing. Langsung aja deh, biar enggak bikin bingung, kita kepoin seluruh jurusan di Politeknik Negeri Pontianak dan akreditasinya di bawah ini.

Teknik Sipil

Inilah salah satu jurusan tertua di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Pada awalnya, Teknik Sipil dibuka sebagai sebuah Program D2. Kini tersedia dua pilihan prodi Politeknik Negeri Pontianak di jurusan ini.

D3 Teknik Sipil (B)

D3 Teknik Sipil kampus Kabupaten Kapuas Hulu (C)

D4 Perencanaan Perumahan dan Pemukiman (B)

Teknik Mesin

Disamping senioritas, Teknik Mesin punya satu lagi keunikan yang membedakannya dari jurusan Polnep Pontianak yang lain. Apa itu, Sobat? Jurusan ini membuka Program D1 dan masih menyelenggarakan kegiatan perkuliahan yang aktif. Tentu saja, ada pula pilihan Program D3 dan D4. Ini dia selengkapnya pilihan prodi Politeknik Negeri Pontianak di Jurusan Teknik Mesin.

D1 Operator dan Perawatan Alat Berat (B)

D3 Teknik Mesin (B)

D3 Teknik Mesin kampus Kabupaten Sanggau (Baik)

D4 Teknik Mesin (C)

Teknik Elektro

Jurusan di Polnep ini terhitung sebagai penyelenggara pendidikan vokasi di bidang teknik elektro yang pertama di Kalimantan Barat. Ada tiga pilihan prodi Politeknik Negeri Pontianak di jurusan ini, Sobat.

D3 Teknik Listrik (B)

D3 Teknik Elektronika (B)

D3 Teknik Informatika (B)

Administrasi Bisnis

Boleh dibilang jurusan di Polnep ini berada di rumpun Soshum. Meskipun rumpun Soshum dan Saintek lebih familier di bidang pendidikan akademik alih-alih vokasi, Sobat mungkin takkan keberatan bila melihat daftar prodi Politeknik Negeri Pontianak di bawah ini.

D3 Administrasi Bisnis (B)

D4 Administrasi Negara (B)

D4 Administrasi Bisnis Otomotif (Baik)

Akuntansi

Jurusan Politeknik Pontianak ini pernah menjadi bagian dari Jurusan Tata Niaga. Kini, sebagai sebuah jurusan tersendiri, Akuntansi menaungi dua program studi di Polnep Pontianak berikut.

D3 Akuntansi Keuangan

D3 Akuntansi kampus Kabupaten Sanggau (Baik)

D4 Akuntansi Sektor Publik (B)

Teknologi Pertanian

Jurusan di Politeknik Negeri Pontianak ini menaungi tiga program studi. Ketiga program studi di Polnep Pontianak yang dimaksud adalah sebagai berikut.

D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (B)

D3 Pengolahan Hasil Perkebunan kampus Kabupaten Sanggau (Baik)

D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan kampus Kabupaten Kapuas Hulu (B)

D4 Budidaya Tanaman Perkebunan (C)

D4 Manajemen Perkebunan (C)

Ilmu Kelautan dan Perikanan

Berbeda dari jurusan yang ada di Politeknik Negeri Pontianak yang lain. Program studi di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan seluruhnya merupakan Program D3. Apa saja program studi di Polnep Pontianak tersebut?

D3 Pengolahan Hasil Perikanan (B)

D3 Teknologi Penangkapan Ikan (B)

D3 Budidaya Perikanan (B)

D3 Teknologi Budidaya Perikanan kampus Kapuas Hulu (B)

Teknik Arsitektur

Jurusan terakhir di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) adalah Teknik Arsitektur. ada tiga pilihan prodi Politeknik Negeri Pontianak di jurusan ini, Sobat Pintar.

D3 Arsitektur (B)

D4 Arsitektur Bangunan Gedung (Baik)

D4 Desain Kawasan Binaan (Baik)

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu seluruh jurusan Polnep Pontianak. Bakal memilih jurusan apa untuk kuliah nanti, Sobat? Jangan asal pilih loh, ya. Jangan lupa pula, gunakan Tes Penjurusan agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang paling sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Siapa tahu, barangkali kamu inginnya kuliah vokasi, eh ternyata rekomendasi jurusan yang kamu dapatkan justru Psikologi. Tahu dong, kalau jurusan psikologi di Pontianak enggak ada di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Artinya, hasil Tes Penjurusan juga bisa membuat proses pemilihan kampusmu menjadi lebih efisien. Cobain, deh.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog