redesain-navbar Portlet

Blog

kabut Otak Sudah Tahu Tentangnya, photo via princessinthetower.org

Kabut Otak: Sudah Tahu Tentangnya?

Kabut otak dapat mempengaruhi efisiensi dan kualitas belajar.

Seberapa sering Sobat Pintar merasa nge-blank? We call it brain fog (kabut otak) when you experience mental fatigue quite frequently. Kabut otak masuk dalam kategori disfungsi kognitif, sehingga berpotensi mempengaruhi kemampuan rasional dan intelektual kita.

 

Kapan Kabut Otak Perlu Diperhatikan Lebih Serius?

Sesekali lupa mengerjakan sesuatu masih wajar, Sobat. Tapi kalau kejadiannya cukup sering, diiringi dengan kesulitan untuk fokus dan kemampuan konsentrasi yang rendah, maka kualitas belajar kita juga buruk.

Tanda-tanda kabut otak yang lebih serius diantaranya dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses informasi. Baik saat membaca dan mendengarkan dalam suasana belajar maupun sehari-hari, kita selalu memproses informasi. Dan bukankah sebagai pelajar, semakin efisien cara kita memproses informasi maka semakin baik pula?

Barangkali kita hanya memberi label loading lambat (lola) atau lelet pada orang yang lambat memproses informasi – a little bit more time will help. Tapi bagaimana kalau setiap saat merasa pusing dan bingung (mental fatigue)? It's a completely different story, Sobat – it's time to take brain fog seriously.

 

Kenapa Seseorang Mengalami Kabut Otak?

When it comes to why something happens, we have a variety of different answers. Penyebab kabut otak cukup beragam, bisa jadi karena salah satu sebab berikut ini, atau bahkan beberapa sebab sekaligus.

Penyebab utama kabut otak adalah stres. Stres yang berlangsung dalam waktu lama dapat meningkatkan tekanan darah, melemahkan sistem imun, dan memicu depresi. Sama seperti ketika badan kita merasa sangat kelelahan, efek stres juga dapat membuat otak kelelahan sehingga kita sulit fokus, berpikir, dan memahami sesuatu.

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk juga dapat menyebabkan kabut otak. Sobat Pintar pernah begadang? Bagaimana keesokan paginya bila terpaksa harus melakukan sesuatu? Sulit untuk fokus, bukan? Nah, bayangkan bila itu terjadi secara terus-menerus.

Pola makan yang buruk pun memicu kabut otak. Bila Sobat Pintar ingin belajar dengan lebih efisien, tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berkali-kali berusaha memahami pelajaran, maka asupan vitamin B-12 yang cukup sangat dianjurkan.

 

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Kabut Otak?

Brain fog is a medical name. Akan tetapi, kabut otak bukan nama penyakit. Lebih tepatnya, kabut otak merupakan gejala yang bisa menjadi indikasi keberadaan penyakit lain yang lebih serius.

If you feel persistently lack of clarity, when it doesn't improve or worsens, please see your doctor immediately. Dokter atau petugas medis perlu melakukan pemeriksaan, bahkan tes darah bila perlu, untuk menemukan penyakit lain yang mungkin ada.

Namun dalam kondisi normal, kabut otak cukup diatasi dengan memperbaiki jam tidur – jaga antara 7 hingga 9 jam setiap malam. Diiringi dengan olahraga yang teratur serta konsumsi makanan berprotein, buah, sayur, dan lemak sehat, maka permasalahan kabut otak dapat berangsur-angsur diatasi.

Kecakapan kita dalam mengelola stres juga turut mempengaruhi seberapa parah kabut otak yang dialami. Bila memerlukan bantuan dalam eksplorasi batasan-batasan kemampuan diri, Sobat dapat menggunakan fitur Konseling Aku Pintar. Otherwise, try enjoying activities that you like, including volunteering or playing brain games and puzzles.

Lebih masukan Blog

Selain Susu Sapi, 7 Jenis Susu Ini Baik Bagimu

What do you have for breakfast, Sobat? Kita bisa sarapan dengan nasi goreng, nasi pecel,...

Hubungan Internasional: Kuliah di 10 PTN dan PTS Ini

The world has been growing to a village – bukandalam hal ukuran, melainkan pada cepatnya...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka