PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Hubungan Internasional, photo via ir.fisip.ui.ac.id

Hubungan Internasional: Kuliah di 10 PTN dan PTS Ini

Kuliah HI bisa dilakukan di PTN maupun PTS dengan akreditasi terbaik.

The world has been growing to a village – bukandalam hal ukuran, melainkan pada cepatnya persebaran informasi global. Nah, bila memiliki minat pada segala yang terjadi didunia internasional, apakah Sobat Pintar juga tertarik pada Jurusan Hubungan Internasional (HI)?

Pada awalnya, HI berdiri untuk menghasilkan diplomat yang banyak dibutuhkan oleh Kedutaan dan Kemenlu. Namun saat ini, prospek alumni HI semakin luas. Alhasil, peminat jurusan inipun semakin besar. Bahkan pada SBMPTN 2019, skor minimun tertinggi HI setara dengan Pendidikan Dokter, khususnya di UGM dan UI.

Selain pada kedua universitas tersebut, di mana lagi kuliah HI? Nah, berikut ini Aku Pintar punya referensi PTN dan PTS dengan Jurusan Hubungan Internasional yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

 

1. Universitas Gadjah Mada

HI UGM termasuk difavoritkan pada SNMPTN, SBMPTN, hingga Seleksi Mandiri. Salah satu sebabnya, biaya kuliah HI di UGM relatif rendah – berada pada kisaran Rp15 juta. Dengan skor minimumnya yang paling tinggi dibanding HI pada PTN-PTN yang lain, HI UGM hanya menyediakan 36 kursi pada SBMPTN 2019.

 

2. Universitas Indonesia

UI bahkan memiliki kuota yang lebih sedikit dibanding UGM. Hanya ada 17 kursi untuk SBMPTN 2019 pada Jurusan Hubungan Internasional UI, sedangkan skor minimumnya sama dengan HI UGM yaitu pada angka 1000-an. FYI, biaya perkuliahan di HI UI berkisar pada angka Rp20 juta.

 

3. Universitas Airlangga

HI Unair layak menjadi salah satu yang terbaik di negeri ini. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. It's interesting, in fact, that you may have a higher chance of admission at Unair. Pasalnya, HI Unair membuka 48 kursi pada SBMPTN 2019 dengan biaya perkuliahan dikisaran Rp30 juta.

 

4. Universitas Padjadjaran

Dibanding PTN-PTN diatas, Unpad menyediakan kuota HI yang lebih besar pada SBMPTN 2019 – 60 kursi! Biaya perkuliahannya pun relatif terjangkau, yaitu pada kisaran Rp24 juta. Sobat Pintar yang bersiap kuliah tahun depan, boleh juga memasukkan HI Unpad sebagai salah satu pertimbangan.

 

5. Universitas Jember

Unej bahkan membuka kuota HI yang lebih besar lagi pada SBMPTN 2019, yaitu 75 kursi. Dengan biaya kuliah sekitar Rp17 juta dan skor minimum dikisaran 800an, kampus ini benar-benar menawarkan kesempatan masuk PTN yang besar.

 

6. Universitas Katolik Parahyangan

PTS di Bandung ini pun memiliki Jurusan Hubungan Internasional yang berkualitas – BAN-PT telah memberi akreditasi A pada jurusan tersebut. FYI, penulis novel Dewi Lestari pernah kuliah HI di kampus ini, Sobat.

 

7. Universitas Jenderal Achmad Yani

Unjani adalah sebuah PTS yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat, yang juga memiliki Jurusan Hubungan Internasional dengan akreditasi A BAN-PT. Lebih jauh, HI Unjani menawarkan dua konsentrasi, yaitu Keamanan Internasional dan Diplomasi.

 

8.Universitas Muhammadiyah Malang

HI Unmuh dibuka pada tahun 2014. Saat ini, akreditasi A BAN-PT jurusan ini telah diperoleh sejak 2013. Kajian utama HI Unmuh difokuskan pada studi HI Asia, ASEAN, dan perkembangan Islam secara internasional.

 

9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Tak hanya akreditasi A yang diunggulkannya, HI UMY juga memiliki kerja sama dengan Uni Eropa dalam program ERASMUS+ Jean Monnet Academic Module. It follows that when you'll be a student of the university, you may expect some lesson on European Union.

 

10. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Usia akreditasi A BAN-PT UPDM(B) setara dengan akreditasi Unair. Kampus UPDM(B) berlokasi di Jl. Hang Lekir, DKI Jakarta, dengan mahasiswa FISIP yang masuk setiap tahunnya berjumlah sekitar 250-an orang. Are you considering being one of them?

 

Itulah lima PTN dan lima PTS dengan Jurusan Hubungan Internasional yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Bisa dijadikan rujukan untuk kuliah HI ya, Sobat. Tapi kalau membutuhkan referensi yang lebih banyak, Sobat Pintar bisa memilah langsung pada Kampus Pintar. Go and do your own research to answer your specific needs.

Lebih masukan Blog

Kabut Otak: Sudah Tahu Tentangnya?

Seberapa sering Sobat Pintar merasa nge- blank? We call it brain fog (kabut otak) when you...

Proaktif: Bagaimana Melakukannya sebagai Mahasiswa Baru?

It's so easy for anyone to feel overwhelmed when dealing with a new situation in life. ...

Menambah Komentar

friska lyanda 1 Bulan Lalu
Knp UNAND ga msuk kategori ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru