redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kampus dengan Lulus Siap Kerja Terbaik 2021/2022

Di mana kuliah sama pentingnya dengan apa yang dilakukan selama kuliah.

siap kerja, photo by Marc Mueller on Pexels

Ada nggak, universitas yang menjamin langsung kerja bagi lulusannya? Kecuali ikatan dinas, jawabannya tentu tidak. Tapi alumni dari beberapa universitas selama ini memiliki reputasi yang baik di dunia kerja, sehingga adik-adik tingkat dari almamater yang sama memiliki peluang lebih besar untuk memasuki pasar kerja. Siapa adik-adik tingkat ini? Ya, kita-kita inilah, Sobat Pintar.

Kalau begitu, mana sajakah universitas yang lulusannya langsung kerja? Lebih tepatnya, alumni dari universitas mana sajakah yang memiliki penilaian baik dari pimpinan perusahaannya selama ini?

kuliah yang langsung kerja
Photo by fauxels on Pexels

Untuk mengetahui reputasi alumni universitas, kita mengacu pada penilaian QS World University Ranking 2022. Ada enam kriteria yang dinilai dalam pemeringkatan QS WUR, salah satunya adalah employer reputation. Dan berikut inilah delapan universitas dengan nilai employer reputation tertinggi, atau boleh dibilang sebagai universitas yang menjamin pekerjaan bagi lulusannya. Check it out, Sobat.

 

1. Universitas Indonesia

Dengan nilai 51.8, boleh dikata alumni UI selesai kuliah langsung kerja saja, deh. Bukan hanya lulusan dari satu-dua jurusan yang cepat dapat kerja, tapi hampir semua alumni sukses dengan karya dan kariernya masing-masing. Coba lihat Rossa, Dian Sastro, Andrea Hirata, Najwa Shihab, bahkan Ibu Sri Mulyani. Bukankah mereka turut membuktikan bagusnya reputasi alumni UI?

 

2. Universitas Airlangga

Skor Unair pada kriteria employer reputation adalah sebesar 49.3. Tak heran kalau orang dengan mudah menilai bahwa Unair merupakan universitas yang menjamin langsung kerja. Bayangkan saja deh, Sobat. Butuh reputasi alumni yang seperti apa lagi kalau mendengar nama-nama seperti Andi Fadly Arifuddin, Kak Audrey Maximillian Herli, Rahma Sarita, Ari Lasso, Satriyo Yudi Wahono, Bapak Achmad Yurianto, Bapak Muhadjir Effendy, hingga Ibu Khofifah Indar Parawansa?

 

3. Universitas Gadjah Mada

Dengan nilai 44.4, UGM menjadi kampus idaman karena prospek kerja bagi alumninya yang begitu baik. Ibarat kata, UGM itu tempat kuliah langsung kerja, deh! Banyak alumni UGM yang cukup kita kenal, seperti Ibu Dwikorita Karnawati, Ibu Retno Marsudi, W.S. Rendra, Sapardi Djoko Damono, Bapak Zainal Arifin Mochtar, Bapak Erdward Omar Sharif H., sampai Kak Leanna Leonardo. Mau menambah panjang daftar nama ini, Sobat?

 

4. Institut Teknologi Bandung

Skor employer reputation ITB dan UGM tak terlalu jauh. ITB mengumpulkan nilai 44 pada kriteria employer reputation. Siapa saja alumni inspiratif dari almamater ini? Beberapa diantaranya yaitu Bapak Ridwan Kamil, Kak Achmad Zaky, Joko Anwar, Bapak B.J. Habibie, Panji Pragiwaksono, Pidi Baiq, Indra Herlambang, dan masih banyak lagi. Kalau Sobat Pintar ingin kuliah yang langsung kerja, mungkin bisa nih, menuntut ilmu dan mengembangkan diri di ITB.

 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Cita-cita kuliah langsung kerja bisa jadi membawamu ke ITS, Sobat Pintar. Kampus negeri di Surabaya ini memperoleh nilai employer reputation sebesar 22.4. Ingin tahu alumni ITS yang terkenal? Brigita Manohara, Cak Lontong, maupun Ibu Tri Rismaharini, hanyalah sedikit dari sekian alumni ITS yang terkenal.

 

6. Institut Pertanian Bogor

IPB menghasilkan nilai 21 untuk employer reputation-nya. Selain alumni yang memang siap kerja setelah lulus kuliah, pasar kerja pun menaruh kepercayaan yang tinggi pada alumni IPB. Siapa saja contohnya? Danang Pradana Dieva, Kak Herfiza Novianti, Ibu Marissa G. Haque, Bapak Bobby Nasution, Bapak Wiku Adisasmito, Asma Nadia, adalah alumni IPB yang tak asing bagi kita.

 

7. Universitas Padjadjaran

Alumni Unpad terkenal berasal dari universitas yang langsung dapat kerja. Dengan kata lain, mereka tak butuh waktu lama untuk segera bekerja setelah lulus kuliah. Sebutlah nama-nama beken seperti Ernest Prakasa, Chika Jessica, Yura Yunita, Ananda Omesh, Arief Suditomo, Melody Nurramdhani Laksani, Valentino Simanjuntak, atau Tina Talisa. Mau tau berapa skor employer reputation-nya? Unpad mencetak angka 17.6 pada kriteria penilaian ini.

 

8. Universitas Bina Nusantara

Lulusan Binus di dunia kerja terkenal memiliki prospek yang sangat bagus. Reputasi alumni dari universitas swasta ini mencetak nilai 9.7. Angka yang cukup berarti, apalagi jika kita memandang sosok-sosok seperti Kak William Tanuwijaya, Joshua Suherman, Imam Darto, Zilvia Iskandar, Karina Salim, atau Sumi Yang. Asal Sobat tau nih, Morgan Oey, Raisa, bahkan Awkarin itu semua alumni Binus, loh!


Photo by Anthony Shkraba on Pexels

Terlepas dari reputasi baik yang selama ini dimiliki oleh alumni dari universitas-universitas di atas, peluang kerja akan selalu menjadi perjalanan dan perjuangan pribadi masing-masing. Seberapa baik kita mengasah kemampuan dan memperbaiki kualitas diri turut menentukan seberapa siap kerja kita setelah lulus kuliah. Artinya, peluang kesuksesan itu diri kita sendirilah yang menciptakan, Sobat Pintar. Iya, nggak?

0
80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet