APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Karakter Mahasiswa Sesuai Jurusannya – Sobat Yang Mana?

Mahasiswa di masing-masing jurusan biasanya memiliki karakter yang khas.

Mahasiswa Ditiap Jurusan Berbeda, photo via www.digination.id

Generalizing is, if it isn't imprudent, rather thoughtless. Sebisa mungkin sebaiknya kita menghindari sikap penyamarataan seperti ini, terutama untuk hal-hal yang penting.

We may generalize a thing or two for fun, though – salah satunya, tentang tipikal karakter mahasiswa sesuai dengan jurusan atau fakultasnya masing-masing. Memang selalu ada pengecualian, tetapi bagaimanapun juga kehidupan sehari-hari disuatu jurusan atau fakultas turut mempengaruhi pembentukan karakter mahasiswa.

Dan seperti apa biasanya mahasiswa di suatu jurusan atau fakultas? Let's take a look!

 

1. Kedokteran

Mahasiswa di Fakultas Kedokteran biasanya orang-orang yang terorganisir. Ya bagaimana tidak, mahasiswa kedokteran harus pandai-pandai mengatur waktu agar semua tugas dan kuliah tuntas – even making time for having fun!

Selain itu, mereka juga biasanya tipikal orang yang teliti, rapih, bersih, dan sabar. Barangkali salah satunya disebabkan oleh tuntutan profesi ya, Sobat Pintar. Mahasiswa kedokteran biasanya juga lebih berpikir logis – dalam hal ini, mungkin latarbelakang sainteknya turut berpengaruh.

 

2. Psikologi

Mahasiswa Psikologi sering dianggap pandai menebak, membaca, dan menganalisa pikiran atau perasaan orang lain. Sepertinya anggapan ini disebabkan oleh kecenderungan mereka untuk menjadi pendengar yang baik, didukung oleh sikap yang analitis. Makanya, mahasiswa Psikologi biasanya sering jadi tempat curhat teman-temannya dari jurusan lain.

It's so easy to befriend a Psychology student. Pasalnya, rata-rata mereka tak mudah menghakimi orang lain dan cukup open minded.

 

3. Biologi

Mahasiswa Jurusan Biologi lekat dengan kesannya sebagai sosok yang sangat peduli dengan lingkungan. Mau bagaimana lagi, perkuliahan jurusan ini memang mengharuskan mahasiswanya untuk sering berdekatan dengan hewan dan tumbuhan. Dan karena sering bekerja di laboratorium, mahasiswa Biologi biasanya adalah orang yang teliti.

 

4. Ilmu Komunikasi

Sikap ramah nyaris sudah menjadi syarat untuk menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Padahal bisa jadi, keramahan tersebut terbentuk senyampang seseorang kuliah dijurusan ini.

Selain ramah, anak Ikom cenderung bersikap terbuka, kreatif, santai, tapi juga serius pada saat yang sama. Mereka juga biasanya menjadi yang paling updated tentang kejadian-kejadian sekitar – memang begitulah salah satu tuntutan kuliah dijurusan ini.

 

5. Pendidikan

Fakultas Pendidikan adalah salah satu tempat yang menyenangkan di seantero kampus. Bagaimana tidak, mahasiswa fakultas ini rata-rata ramah dan suka membantu. Bukankan sesuai dengan karakter guru yang demikian pula?

Apapun jurusannya, baik Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Asing, maupun Pendidikan Seni, mahasiswanya adalah orang-orang yang dapat membuat teori-teori sulit menjadi lebih mudah dipahami. How cool does that sound?

 

6. Hubungan Internasional

Bagaimana dengan Hubungan Internasional? Jurusan ini cukup dikenal karena mahasiswanya yang mayoritas cakep-cakep. Selain berpenampilan meyakinkan sebagai calon diplomat, mereka juga rata-rata lancar berbahasa asing.

Menjadi mahasiswa dari jurusan yang cukup bergengsi seperti Hubungan Internasional memang kesannya asyik. Tapi patut diingat ya Sobat Pintar, kuliah hanyalah pemberhentian sementara. Meskipun cita-cita diplomat sering menjadi alasan utama untuk kuliah di Hubungan Internasional, pilihan profesi setelah lulus sebenarnya cukup beragam.

Begitu pula dengan jurusan-jurusan lain. Bisa jadi cita-cita awalmu masuk suatu jurusan ternyata jauh berbeda dari profesi yang kemudian dijalani. But while waiting for the future to come, why not enjoying your student life at the university?

810

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
kalo aku kayanya biologi
00
Manajemen gimana, Kak?
00
yang anak ekonomi gmna?
00
Pas bgt aku pngen masuk HI nih
00
kayaknya aku biologi deh
00
klw yg ngambil jurusan hukum gmn kk?
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog