redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kata Dunia: 3 PTN Terbaik di Indonesia – Apa Saja Pilihan Jurusannya?

QS World University Rankings dapat menjadi rujukan kampus terbaik pada bidangnya.

PTN Terbaik di Indonesia, image credit Humas UGM

Mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik berarti memberi diri kita sendiri kesempatan untuk belajar dengan sumberdaya terbaik. Apalagi dibangku kuliah, kita sudah belajar secara spesifik pada bidang-bidang tertentu. Sayang sekali bukan, bila waktu, tenaga, dan biaya yang dicurahkan hanya untuk kualitas yang sedang-sedang saja?

Bila mengacu pada QS World University Rankings, terdapat lima pengelompokan rumpun studi diperguruan tinggi yaitu Social Sciences and Management, Natural Sciences, Life Sciences and Medicine, Engineering and Technology, serta Art and Humanities. Dan dalam kelima rumpun tersebut, hanya tiga PTN ini yang masuk pemeringkatan QS World University Rankings.

 

1. Universitas Gadjah Mada

UGM layak dipertimbangkan bila Sobat Pintar ingin kuliah dirumpun ilmu-ilmu sosial dan manajemen maupun rekayasa dan teknologi. Peringkat UGM, menurut QS World University Rankings, dirumpun ilmu sosial adalah yang ke-327 sedangkan dirumpun teknologi menduduki urutan ke-392.

Jurusan-jurusan ilmu sosial di UGM antara lain Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen dan Kebijakan Publik, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Politik dan Pemerintahan, Hukum, Statistika (Saintek), Antropologi Budaya, Sosiologi, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen.

Pada rumpun rekayasa dan teknologi, UGM memiliki Jurusan Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Mesin. Sebagian jurusan-jurusan ini berada pada FMIPA, sedangkan sebagian lagi berada pada FT.

 

2. Institut Teknologi Bandung

ITB juga juaranya keilmuan rumpun rekayasa dan teknologi serta ilmu sosial dan manajemen. Bahkan, menurut QS World University Rankings, ITB adalah yang terbaik di Indonesia dalam rumpun ilmu alam. Berapa peringkatnya? Untuk masing-masing rumpun ilmu tersebut, secara berurutan ITB berada pada peringkat ke-243, 322, dan 451-500.

Pada rumpun rekayasa dan teknologi, ITB menaungi Jurusan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Sistem dan Teknologi Informasi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Aeronotika dan Astronotika, Teknik Industri, Manajemen Rekayasa Industri, dan Teknik Pertambangan.

Meskipun terkenal sebagai kampus iptek, ITB juga memiliki jurusan-jurusan yang tergolong ilmu sosial. Beberapa diantaranya yaitu Manajemen, Kewirausahaan, Desain Komunikasi Visual (Saintek), serta Sistem dan Teknologi Informasi (Saintek).

Dan pada rumpun ilmu alam, ITB memiliki Jurusan Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Meteorologi, Oseanografi, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, Teknik Material, Matematika, Fisika, dan Astronomi. Perlu dicatat, beberapa jurusan ilmu alam di ITB ini lebih dekat dengan rumpun rekayasa dan menjadi bagian dari Fakultas Teknik.

 

3. Universitas Indonesia

MenurutQS World University Rankings, UI menjadi satu-satunya kampus yang terbaik di Indonesia dirumpun seni dan humaniora (peringkat ke-2019) serta kesehatan (urutan ke-451-500). UI juga terbaik dirumpun rekayasa dan teknologi serta ilmu sosial dan manajemen – masing-masing berada pada peringkat ke-343 dan ke-215.

Dirumpun seni dan humaniora, UI memiliki Jurusan Arkeologi, Arsitektur (Saintek), Arsitektur Interior (Saintek), Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Bahasa dan Sastra Belanda, dan Ilmu Filsafat. Sedangkan pada rumpun kesehatan, UI terkenal akan Jurusan Biologi, Kedokteran Gigi, Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Farmasi, dan Psikologi.

Pada rumpun rekayasa dan teknologi, UI adalah tempat belajar Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Industri.

Sementara pada rumpun ilmu sosial, UI menampung banyak mahasiswa pada Jurusan Akuntansi, Antropologi Sosial, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ekonomi Islam dan Bisnis Islam, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Hubungan Internasional, dan Sosiologi.

 

Tak perlu memusingkan kenapa Akuntansi berada pada rumpun ilmu sosial dan manajemen, bukannya ekonomi. ITB juga menyertakan DKV kedalam rumpun Saintek alih-alih Soshum. Setiap kampus memang memiliki manajemen jurusannya masing-masing yang tak harus sama dengan pengelompokan QS World University Rankings.

Yang lebih penting, sekarang Sobat Pintar sudah mendapat tambahan informasi tentang jurusan-jurusan apa saja yangn patut dipertimbangkan untuk dipilih pada SBMPTN nanti. Kalau bisa, di salah satu PTN terbaik ini ya, Sobat!

860

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
">ts
00
">kontol
00
">Test xss
00
">
00
">test
00
hmm
00
hmmmm
00
iyak iyak iyak
00
yammm
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp