PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Kata Siapa Belajar Bahasa Tak Penting, photo via www.lindsaydoeslanguages.com

Kata Siapa Belajar Bahasa Tak Penting?

Kemampuan berbahasa asing bermanfaat secara akademis dan karier.

Selain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris menjadi salah satu matapelajaran penting di sekolah. Bahkan bahasa asing ini termasuk matapelajaran yang diujikan saat Ujian Nasional dan seleksi masuk PTN. Tapi kenapa sih, Sobat Pintar harus belajar Bahasa Inggris? Bukankah bahasa tersebut tidak digunakan dalam keseharian kita?

Atau justru, Sobat merasa heran kenapa Bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah? Barangkali, ada bahasa asing lain yang lebih mudah dipelajari? Okay, let's discuss it all, then.

 

Bahasa Inggris Digunakan oleh Banyak Orang di Banyak Negara

Bahasa Inggris digunakan oleh 20% penduduk bumi meskipun tak seluruhnya merupakan penutur asli (native speaker). In relation to the statistics quoted by Babbel Magazine, English is by far the most studied languange in the world. Baru kemudian Bahasa Perancis berada pada posisi kedua.

Maka tak heran bila Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan oleh banyak orang di banyak negara. Karena popularitasnya tersebut, banyak buku dan tulisan yang diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Bahkan bila menggunakan mesin pencarian online, hasil pencarian yang kita peroleh dalam Bahasa Inggris jauh lebih banyak.

Dengan menguasai Bahasa Inggris, berarti kita dapat belajar dan mengetahui lebih banyak hal – semakin banyak sumber ilmu pengetahuan yang dapat diakses dan semakin besar pula kesempatanmu untuk berkembang. In other words, English is a useful tool for you to make your dreams come true.

 

Menguasai Bahasa Asing Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memang ada orang-orang yang dikaruniai kecerdasan bahasa atau kecerdasan verbal (linguistic intelligence). Artinya, orang-orang dengan kepekaan yang lebih tinggi terhadap ritme dan bunyi suara ini memiliki peluang untuk belajar bahasa asing dengan lebih baik.

Tapi bila Sobat Pintar merasa tak memilikinya, tak perlu lantas berkecil hati. Keep studying English at school and do your best in it. Pastikan hasil yang diperoleh berasal dari jerih payahmu yang terbaik. Dengan begitu, Sobat dapat memupuk rasa percaya diri karena telah berusaha sebaik mungkin dan menghasilkan sesuatu yang nyata.

Because later in life, you don't always get the fruit of your hard work. But the fact that you've done something, it does deserve appreciation. Such realization boosts your self esteem.

 

Menguasai Lebih dari Satu Bahasa Membuatmu Lebih Cerdas

Studi yang pernah dilakukan di The University of Edinburgh menyebutkan bahwa mereka yang menguasai dua bahasa atau lebih ternyata memiliki kreativitas, kemampuan analisis, dan logika yang lebih baik dibanding mereka yang hanya menguasai satu bahasa. So, how many languages are you fluent in, Sobat?

Tambahan pula, menguasai lebih dari satu bahasa dapat menjadi nilai plus Sobat dipasar kerja nantinya. Having something special to offer makes you outstanding, especially among the mass crowd of job applicants.

 

Bahasa Inggris Memberimu Peluang Kerja yang Lebih Baik

Bahkan sekarang pun, hubungan antar perusahaan tak terbatas di dalam negeri saja. Maka bagaimanalah pula dalam tahun-tahun kedepan?

Sementara itu, hubungan internasional harus menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Dan bahasa yang paling banyak digunakan, kembali pada bagian awal diatas, adalah Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris lebih banyak lagi digunakan bila Sobat nantinya bekerja pada perusahaan yang berbasis di luar negeri. Tentunya, lebih baik lagi bila Sobat menguasai bahasa asal negaranya, misalnya Perancis. Tapi berbekal Bahasa Inggris pun, Sobat sudah memiliki alat yang dapat membantu kelancaran pekerjaan.

Wait, you want to be an entrepreneur? Justru kemampuan berbahasa asing semakin penting! Bukankah transaksi jasa dan barang saat ini sudah melewati batas negara? Apalagi, dengan kemajuan teknologi, Sobat Pintar yang tinggal di pelosok daerah sekalipun sudah dapat bertransaksi dengan klien yang tinggal di kawasan Baltik, misalnya.

 

Kuliah ke Luar Negeri Wajib Menguasai Bahasa Asing

Dan bagi Sobat Pintar yang memiliki cita-cita kuliah di luar negeri, kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan mutlak – ditunjukkan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS. A prep class could help you get the highest score possible, but how would you survive in the new country later on?

Hal ini pun berlaku pada penguasaan bahasa asing yang lain, seperti Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Spanyol, dan seterusnya. Jadi, jangan ogah-ogahan belajar ya, Sobat!

Lebih masukan Blog

Pekerjaan Masa Depan di 6 Bidang Saintek Ini

Tak hanya di Indonesia, bahkan pada tataran global saat ini, dunia industri sedang membutuhkan...

Mahasiswa Baru Tak Perlu Risau Ini

Tiba-tiba jadwal kelas tak berurutan dari pagi hingga sore. Tiba-tiba harus menentukan sendiri...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru