CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kebiasaan Baik yang Perlu Ditanamkan Kepada Siswa Saat Belajar

Sikap dan kebiasaan belajar yang baik yang harus dimiliki oleh siswa

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Salah satu tujuan dari pembelajaran adalah pembentukan karakter siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajarkan dan melatih kebiasaan-kebiasaan baik saat belajar. Mengapa kebiasaan baik harus dibiasakan? Anak anak belajar bukan hanya sekedar untuk mendapatkan nilai yang baik saja. Mereka juga harus memiliki perilaku yang baik. Hal ini tidak dapat diajarkan hanya dengan memberikan ceramah saja. Kebiasaan baik harus dibiasakan dengan cara mengajak siswa melakukannya terus menerus di sekolah. Hal ini bertujuan supaya kebiasaan dan sikap yang baik ini tertanam dalam alam bawah sadar siswa dan siswa dapat otomatis melakukannya tanpa disuruh oleh guru dan juga orang tua.

Apa saja kebiasaan yang baik yang perlu ditanamkan ke siswa saat belajar? Simak terus, ya!

1. Tidak menunda-nunda pekerjaan


Foto oleh Pragyan Bezbaruah dari Pexels

Dalam masa pandemi yang belum kunjung berakhir, sekolah-sekolah masih banyak yang menerapkan blended learning yang menuntut siswa untuk belajar lebih mandiri. Keluhan akan banyaknya tumpukan tugas tidak jarang terjadi karena siswa suka menunda-nunda mengerjakannya. Akibatnya, Ketika tugas sudah menggunung dan memasuki date line-nya barulah siswa kalang kabut. Nah, supaya hal ini tidak terjadi Guru Pintar dapat selalu mengingatkan siswa untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.

2. Mencatat

Ada pepatah mengatakan “ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Salah satu kebiasaan yang baik yang perlu di tanamkan ke siswa saat belajar adalah melakukan pencatatan. Catatan-catatan yang dibuat oleh siswa akan sangat berguna menjelang ulangan harian atau untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang sulit. Kegiatan mencatat yang disarankan juga tidak sebatas mencatat materi saja. Ajarkan siswa untuk menuliskan kegiatan hariannya dan catatan-catatan penting lain seperti tugas sekolah, hal-hal yang harus dilakukan, dan lain-lain dalam buku agenda. Hal ini akan sangat bermanfaat supaya siswa menjadi lebih teratur dan terarah.

3. Membuat mind map atau Rangkuman

Kebiasaan baik saat siswa belajar yang harus ditanamkan adalah membuat mind map atau rangkuman. Rangkuman/ringkasan atau mind map yang dibuat dapat mempermudah siswa untuk mempelajari dan mendalami materi yang telah diajarkan. Berikan siswa pengalaman untuk mengenali diri mereka sendiri, bagaimana belajar yang mereka sukai. Misalnya ada siswa yang suka membuat gambar-gambar seperti grafik atau diagram yang mudah dibaca dan dipahami, ajarkan bahwa kegemarannya dapat membantu mereka untuk belajar dengan cara menuangkan apa yang telah dipelajari dalam bentuk gambar, mind map, diagram, atau rangkuman. Dengan demikian mereka akan dapat menyerap pelajaran dengan sempurna.

4. Membuat jadwal harian

Siswa memang sudah memiliki jadwal pelajaran dari sekolah. Alangkah lebih baik lagi jika siswa juga dibiasakan untuk membuat jadwal harian dan menepatinya. Jadwal harian berisi tentang pengaturan waktu kapan siswa harus belajar, bermain, dan melakukan aktivitas lainnya. Jika siswa memiliki jadwal harian dan sudah dipatuhi, maka siswa akan menjadi lebih disiplin. Selain itu, mereka juga akan memiliki keterampilan mengelola waktu dengan baik.

5. Berlatih dan mengulang pelajaran

Rutin berlatih dan membaca kembali pelajaran yang telah diajarkan menjadi kunci bagi siswa untuk memahami pelajaran. Ada siswa yang tidak dapat sekali membaca langsung paham, sehingga membutuhkan beberapa kali membaca sampai paham. Nah, kebiasaan yang satu ini akan sangat membantu siswa untuk dapat mendalami materi dengan lebih baik lagi.

6. Pantang menyerah

Sikap belajar yang baik salah satunya adalah pantang menyerah. Dalam belajar terkadang siswa menemui kesulitan-kesulitan misalnya belum paham materi, tidak dapat mengerjakan tugas-tugas tertentu, dan lain sebagainya. Sebagai seorang guru, Guru Pintar harus dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa untuk terus mencoba dan tidak putus asa jika menghadapai kesulitan. Sikap seperti ini tidak hanya penting saat siswa belajar, tetapi juga untuk masa depannya kelak.

7. Jujur dan Mandiri

Jujur dan mandiri juga merupakan sikap belajar yang baik dan wajib ditanamkan kepada siswa. Apalgi di masa pandemi seperti sekarang ini, kejujuran dan kemandirian harus menjadi perhatian. Jangan sampai jarak yang membatasi guru memantau siswa menjadi celah untuk siswa bertindak kurang jujur seperti saat mengerjakan tugas meminta bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

8. Duduk dengan posisi yang benar

Kebiasaan baik saat belajar
Foto oleh Sunvani Hoàng dari Pexels

Belajar dengan posisi duduk yang benar harus dibiasakan siswa. Misalnya duduk dengan posisi punggung tegak, mata tidak terlalu dekat dengan obyek yang dibaca atau ditulis, serta belajar dalam ruangan dengan pencahayaan yang bagus. Contoh kebiasaan yang sehat saat belajar seperti telah disebutkan terdengar sepele, namun jika tidak dilakukan dengan benar dapat mengganggu kesehatan. Misalnya duduk dengan posisi tidak benar dapat mengakibatkan kelainan tulang belakang, membaca terlalu dekat dapat mengganggu kesehatan mata, dan sebagainya.

Demikianlah kebiasaan baik yang perlu ditanamkan kepada siswa saat belajar, Guru Pintar. Selamat mencoba!

 

 

 

 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog