CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ruang Lingkup Kajian Geografi dan Objek Bahasannya

Pengertian Ruang Lingkup Kajian Geografi dan Contoh Objek Bahasannya

Photo By Thirdman On Pexels

Apa yang kamu ketahui tentang geografi? Nah ternyata geografi itu bukan hnaya mempelajari tentang tanah loh! Didalam ilmu geografi, kita juga akan mempelajari berbagai hal yang terjadi di bumi. Contohnya, mempelajari mengapa terjadi hujan, kenapa terjadi siang dan malam, dan mengapa terjadi perbedaan musim di berbagai belahan dunia. 

Jadi, kenapa ilmu geografi mempunyai pembahasan yang banyak dan luas? Ternyata, kalau kita lihat dari asal katanya, geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti uraian/tulisan/gambaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang menguraikan segala sesuatu yang terjadi di bumi. 

Oleh karena luasnya kajian ilmu geografi maka dibuatlah ruang lingkup ilmu pengetahuan geografi yang bertujuan untuk memudahkan pembagian hal yang akan dipelajari. Kira-kira Apa saja ya? 


Ruang Lingkup Geografi

Berikut ini adalah ruang lingkup yang dipelajari dalam geografi: 

  1. Pengungkapan kejadian 
    Banyak sekali fenomena yang terjadi di sbumi. Ilmu geografi akan mengungkap semua kejadian tersebut. Contohnya, mengungkap alasan mengapa angin dapat bertiup dari satu tempat ke tempat yang lain, mengapa kondisi topografi suatu tempat dapat memengaruhi suhu udara, atau bagaimana terbentuknya danau tapal kuda (oxbow lake).
  2. Meneliti sebab dan akibat suatu gejala 
    Dalam geografi, kita juga akan meneliti hubungan suatu gejala atau kejadian dengan gejala lainnya. Misalnya, mengapa masyarakat yang tinggal di pegunungan banyak yang berprofesi sebagai petani, atau mengapa wilayah yang sering terkena letusan gunung api memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. 
  3. Mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di bumi
    Selanjutnya, ilmu ini juga akan mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Misalnya, mengapa flora dan fauna yang ada di Kawasan Indonesia bagian barat memiliki corak yang sama dengan flora dan fauna di Benua Asia. Sebaliknya, Flora dan fauna di Indonesia bagian timur memiliki kesamaan dengan yang ada di Benua Australia. Atau perbedaan mata pencaharian penduduk antara yang tinggal di daerah pegunungan yang banyak berprofesi menjadi petani dengan penduduk yang tinggal di daerah pesisir yang banyak berprofesi sebagai nelayan. 
  4. Mempelajari penyebaran kejadian/gejala di bumi
    Geografi akan mempelajari penyebaran kejadian atau gejala yang terjadi di permukaan bumi. Contohnya seperti mengapa pertanian padi banyak di temukan di daerah Pulau Jawa atau mengapa penambangan batu bara banyak terdapat di Pulau Kalimantan.
  5. Pemecahan masalah geografi 
    Pemecahan masalah dalam geografi dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, dan kewilayahan. Contohnya, banjir yang kerap terjadi di musim penghujan ternyata diakibatkan oleh rusaknya Kawasan ekologis di daerah hulu sungai tersebut. Dimana fenomena tersebut dapat dianalisa dengan menggunakan pendekatan ekologi. 

Kajian Geografi

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwa ruang lingkup ilmu geografi yang sangat luas dan banyak, maka diperlukan adanya batasan yang menjadi objek kajian geografi. Secara umum, objek kajian geografi dapat dibagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut:

Geografi Fisik

Geografi fisik adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi. Dalam geografi fisik, dipelajari berbagai gejala alam yang terjadi di litosfer (lapisan batuan), biosfer (lapisan kehidupan), antroposfer (lapisan tempat manusia hidup), pedosfer (lappisan tanah), hidrosfer (lapisan air), dan atmosfer (lapisan udara).

Gejala-gejala alam tersebut berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala sesuatu tentang bumi serta tentang proses-proses fisik yang terjadi di darat, laut, dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Ada beberapa contoh cabang ilmu yang termasuk kepada geografi fisik antara lain : klimatologi, geomorfologi, hidrologi, dan biogeografi.


Geografi Sosial

Geografi sosial adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari aktivitas kehidupan manusia dan interaksinya dengan lingkungan ekonomi, sosial, budaya. Dalam geografi sosial dipelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, begitupun sebaliknya.

Adapun contohnya, kepadatan penduduk di suatu wilayah dalam kaitannya dengan relief permukaan tanah di wilayah tersebut dan ragam kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanahnya. Cabang geografi yang termasuk geografi sosial antara lain demografi, geografi ekonomi, geografi politik, dan geografi industry.


Geografi Regional

Geografi regional adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari topic khusus yang mencakup satu wilayah tertentu, baik dari segi fisik maupun sosialnya. Contohnya, persebaran curah hujan di Indonesia dan pola persebaran masyarakat etnis Tionghoa di Asia Tenggara.

Disiplin Ilmu yang Berhubungan dengan Geografi

Oleh karena ruang lingkup dan objek kajian geografi yang sangat luas dan banyak, seringkali mengakibatkan ilmu geografi menjadi sumber bagi ilmu-ilmu lainnya atau tidak jarang geografi melahirkan disiplin ilmu baru. Contohnya, interaksi antara geografi dengan biologi yang melahirkan biogeografi dan ilmu-ilmu penunjang lainnya seperti meteorologi, klimatologi, astronomi, geologi, geomorfologi, ilmu tanah, hidrologi, oseanografi, ekologi, biogeografi, geografi manusia, geografi politik, geofisika, geografi penduduk, geografi ekonomi, antropogeografi, paleontologi, geografi regional, geografi fisik, geografi matematik, dan geografi historis.

 


Writer: Egi Hilman
Editor: (mentor)
 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog