redesain-navbar Portlet

Blog

Kebidanan Jurusan Kuliah, image via midwifediaries.com

Kebidanan – Inikah Jurusan Kuliah Pilihanmu?

Khusus untuk perempuan, Jurusan Kebidanan menawarkan fleksibilitas jalur masuk.

Jurusan ini hanya untuk perempuan. Calon mahasiswanya pun dapat memilih jenjang diploma, sarjana terapan, maupun sarjana. Sobat Pintar sudah dapat menebaknya, bukan? Iya, kita sedang membahas tentang Jurusan Kebidanan.

 

Hanya untuk Kaum Hawa, Jurusan Ini Mendidik Calon Bidan

Mengacu pada Permenkes tahun 2017, profesi Bidan adalah perempuan yang telah lulus dari pendidikan bidan. Dalam pendidikannya, mahasiswa Kebidanan memang khusus belajar tentang kehamilan, persalinan, pelayanan setelah persalinan, bahkan perencanaan kehamilan.

Dalam menjalankan pekerjannya, seorang Bidan tak lepas dari pemeriksaan kehamilan, membantu persalinan, maupun mendampingi dokter pada saat seorang calon ibu menjalani persalinan. Wajar bila jurusan ini memang dikhususkan untuk perempuan saja, bukan?

 

Penuh Perjuangan, Perjalanan Panjang Menjadi Calon Bidan

Sama seperti jurusan-jurusan Kesehatan yang lain, khususnya Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan, Jurusan Kebidanan mendidik calon-calon pekerja kesehatan profesional yang dapat membantu masyarakat segera setelah masa kuliah usai. Lantas, apa saja yang dipelajari agar para calon bidan dapat langsung bekerja setelah lulus kuliah?

Beberapa matakuliah yang dipelajari mahasiswa Kebidanan antara lain Anatomi Fisiologi, Obstetri dan Ginekologi, Komunikasi dalam Praktik Kebidanan, dan masih banyak lagi. Mahasiswa Kebidanan juga harus menempuh Askeb (Asuhan Kebidanan), yaitu dokumentasi tindakan yang dilakukan pada pasien – sesuai dengan jumlah matakuliah yang diambil.

Begitu padatnya jadwal perkuliahan, tak jarang mahasiswa Kebidanan harus mengikuti kuliah pada hari Sabtu-Minggu. Selain kuliah, masih ada praktikum dan praktik klinis yang harus dijalani oleh mahasiswa Kebidanan.

 

Sesuatu yang Dipahami Betul oleh Calon Bidan: Komitmen

Dibutuhkan komitmen tinggi bila Sobat Pintar ingin kuliah Kebidanan dan menjalani profesi Bidan. Selain jadwal dan beban perkuliahan yang tak mudah, beberapa institusi pendidikan calon Bidan menerapkan aturan ketat pada mahasiswanya seperti cara berpakaian maupun menata rambut.

Kerelaan untuk melepas sebagian dari hak pribadi tersebut pun tak cukup. Pasalnya, mahasiswa Kebidanan juga terkadang harus berjaga di klinik menunggu kedatangan pasien – perlu diingat, ibu-ibu yang melahirkan dapat membutuhkan bantuan setiap saat tanpa terjadwal kecuali untuk tindakan operasi dengan Dokter.

Tak hanya selama kuliah saja. Bahkan setelah lulus, pada Bidan harus mau bekerja dan ditempatkan di wilayah terpencil  untuk melayani masyarakat. Pada kondisi yang serba terbatas, tak jarang tugas Bidan pun merangkap pekerjaan Dokter di suatu wilayah.

 

Bersentuhan Langsung dengan Masyarakat, Kaya Pengalaman

Praktik klinik mahasiswa Kebidanan dikerjakan pada faskes yang berbeda selama kurang lebih tiga semester. Sejak masa kuliah, calon Bidan sudah terbiasa berpindah-pindah dan bekerja di lingkungan yang berbeda. Selama kuliah hingga menjalani profesinya, mereka adalah orang-orang yang memiliki jiwa pelayanan dan empati tinggi pada sesama.

Disisi lain, lapangan pekerjaan bidan masih terbuka sangat luas. Apalagi, sekarang ini pemerintah memiliki perhatian besar dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi saat persalinan. Namun selain profesi Bidan, alumni Kebidanan juga dapat menjalani profesi Dosen, Pengasuh, pekerja sosial, bahkan terlibat dalam perawatan lansia.

 

Kebidanan, Tawaran pada Berbagai Jenjang Pendidikan

Terbilang berbeda dari jurusan-jurusan lain, Kebidanan merupakan jurusan kuliah yang ditawarkan pada jenjang D3, D4 atau Sarjana Terapan, dan Sarjana. Artinya, kita dapat memilih jenjang pendidikan yang paling sesuai – termasuk seleksi jalur masuk yang ditempuh, tapi tetap pada jurusan yang sama!

Let's see your options here. Program D3 Kebidanan terdapat di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Semarang (kampus Magelang), Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Jakarta (kampus Pulomas), dan Akademi Kebidanan Nusantara Palembang.

Pada jenjang D4 atau Sarjana Terapan, Jurusan Kebidanan dapat kita jumpai di Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes (kampus Magelang), dan Universitas Padjadjaran. Sedangkan pada program Sarjana, Jurusan Kebidanan saat ini masih ada didua PTN, yaitu Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga.

Masih banyak institusi-institusi pendidikan lain yang menyelenggarakan pendidikan untuk para calon Bidan. Namun seluruh institusi yang telah disebutkan diatas memiliki Jurusan Kebidanan yang telah terakreditasi A oleh BAN PT.

 

Jadi, apakah profesi Bidan menjadi impianmu selama ini? Atau, baru memikirkan opsi Kebidanan setelah membaca tentang jurusan kesehatan ini? Well, keep exploring your options for as long as you're a girl, the door is open for you.

Lebih masukan Blog

4 Langkah Mudah Merawat Diri Sendiri

Ingatkah Sobat, kapan terakhir kali merawat diri sendiri? Saat mandi tiap hari, memakai baju...

IPC Kembali pada UTBK 2020, Apa Lagi yang Beda?

Sudah siap menghadapi UTBK 2020, Sobat? Sudah tahukah bahwa UTBK 2020 berbeda dari UTBK 2019?...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka