redesain-navbar Portlet

Blog

Poltekkes Kemenkes, image via hoteldekatkampus.com

Perlu Tahu: 3 Hal tentang Poltekkes Kemenkes

Poltekkes Kemenkes merupakan salah satu pilihan institusi pendidikan pendidikan tinggi.

Did you know? Selain Politeknik, ada pula Politeknik Kesehatan yang termasuk kedalam kategori kampus vokasi. Tak perlu ditebak-tebak lagi, memang dari namanya saja kita sudah seketika dapat mengetahui bahwa Poltekkes khusus menaungi jurusan-jurusan Kesehatan. Misalnya, D3 Keperawatan adanya di Poltekkes sedangkan D3 Akuntansi adanya di Politeknik.

Is it that simple? Basically yes, it is. Tapi seberapa banyak sih, yang kita tahu tentang Poltekkes? Jurusan-jurusan apa selain Keperawatan yang ada di kampus vokasi ini? Dapatkah kita menemukan peluang lebih besar untuk belajar di Poltekkes ketimbang di PTN?

 

1. Kampusnya Tersebar Se-Nusantara

Sebelumnya, ada institusi-institusi pendidikan dibawah Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial. Kemudian, departemen tersebut sekarang menjadi Kementerian Kesehatan dan seluruh institusi pendidikannya menjadi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes).

Poltekkes Kemenkes ada di hampir setiap kota di Indonesia. Di Sumatera, Poltekkes ada di Aceh, Medan, Riau, Padang, Jambi, Bengkulu, dan Palembang. Di Jawa, kampus vokasi ini ada ada Banten, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Di Kalimantan, Poltekkes ada di Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Kalimantan Timur.

Ingin tahu Poltekkes ada di mana lagi? Kampus ini ada di Denpasar, Mataram, Kupang, Maluku, Ternate, Jayapura, Tanjung Karang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mamuju, dan Sorong. Di Sulawesi, institusi pendidikan Kemenkes ini juga ada di Gorontalo, Manado, Palu, Makassar, dan Kendari.

 

2. Jurusan yang Ada di Poltekkes

Wah, ternyata ada banyak sekali Poltekkes Kemenkes di Indonesia ya, Sobat! Tapi baiklah kita melihat salah satunya, Poltekkes Malang, misalnya.

Telah disebutkan sebelumnya, Poltekkes menjadi bentuk institusi pendidikan yang resmi berada dibawah Kemenkes. Poltekkes Malang sendiri berdiri sebagai gabungan dari Akademi Keperawatan Malang, Akademi Keperawatan Lawang, Akademi Keperawatan Blitar, Akademi Kebidanan Malang, Akademi Kebidanan Kediri, Akademi Kebidanan Jember, dan Akademi Gizi Malang.

Oleh karena itu, kampus Poltekkes Malang tidak berada di satu lokasi. Kita menjumpai kampus Poltekkes Malang di Kediri, Blitar, Lawang, Jember, dan tentunya di wilayah Malang. Di kampus-kampus tersebut, berlangsung perkuliahan D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D4 Keperawatan, D3 Gizi, D3 Anafarma, serta D3 Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Salah satu Poltekkes di Indonesia ini bisa menjadi gambaran bagaimana Poltekkes-Poltekkes yang lain. Memang keadaannya tak bisa digeneralisir atau disamakan, tapi setidaknya kita tak perlu terkaget-kaget tentang jenis jenjang, jurusan, hingga lokasi kampus.

 

3. Seleksi Masuk Poltekkes

Setiap tahun ajaran baru Poltekkes Kemenkes menerima mahasiswa baru. Persyaratan calon mahasiswa biasanya sesuai dengan permintaan masing-masing jurusan. Tapi menariknya, tak ada keharusan lulusan dari kelas IPA, Sobat! Sobat Pintar dari kelas IPS juga diperbolehkan mengikuti seleksi masuk Poltekkes, lho.

Selain lulusan SMA/MA, seleksi masuk Poltekkes juga dapat diikuti oleh lulusan SMK sesuai dengan jurusan yang dipilih. Misalnya, Jurusan Keperawatan dan Kebidanan menerima calon mahasiswa dari SMK Keperawatan, Kimia, Analis, dan Farmasi.

Di Poltekkes Malang, D3 dan D4 Gizi menerima lulusan SMA/MA dan SMK Keperawatan, Kimia, Analis, Farmasi, Tata Boga, dan Teknik Pertanian Jurusan Tanaman Pangan. Sementara itu, Jurusan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan menerima calon mahasiswa dari SMA/MA dan SMK Teknologi Informastika/ Komputer, Administrasi Perkantoran, Keperawatan, Kimia, Analis, Farmasi, maupun Jurusan Kesehatan lainnya.

 

Nah, apakah Sobat Pintar tertarik untuk belajar di Poltekkes? Jalur yang ditempuh bisa melalui Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) yang mirip seperti SNMPTN, ujian tulis bersama (SIMAMA) untuk Politeknik yang berlaku seperti SBMPTN, serta ujian tulis (non-reguler) yang bisa dikatakan selayaknya Seleksi Mandiri pada masing-masing Politeknik. Pertimbangkan dan pilih jalur seleksi yang sekiranya memberimu peluang terbesar untuk lolos.

Lebih masukan Blog

4 Pertimbangan sebelum Kuliah Kedokteran Hewan

Cita-cita kuliah di Fakultas Kedokteran. Tapi menimbang keketatan persaingannya, bagaimana...

Gen Z: Kuasai 6 Jenis Literasi Penting Ini

Mulai tahun depan, kita akan menghadapi asesmen kompetensi literasi. Menurut KBBI, literasi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka