redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.ifriresearch.net

Kehutanan, Kuliah bagi Penyayang Alam yang Berjiwa Tangguh

Cari Tahu Jurusanmu

Kita semua tahu bahwa hutan adalah paru-paru dunia. Bahkan kekayaan hutan Indonesia sudah terkenal di dunia sejak berabad-abad silam. Kita juga tahu bagaimana keadaan hutan kita yang memprihatinkan dan betapa abainya kita pada penopang hidup ini. Apakah salah satu kontribusimu sebagai generasi millennial adalah dengan berada di Kehutanan? Mari lihat lebih jauh tentang fakultas (atau jurusan) ini terlebih dahulu.

 

Ilmu Kehutanan

Ilmu Kehutanan mengajarkanmu bagaimana menggunakan, mengelola, dan melestarikan hutan bagi kepentingan manusia. Untuk itu, kamu akan belajar tentang ekologi hutan, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan, pengolahan dan manajemen hasil hutan, satwa, dan sebagainya. Demi menjaga kelestarian hutan, kamu juga akan belajar tentang perlindungan hutan dan rehabilitasi. Dan tak hanya melulu dalam ruang kelas, kamu akan terlibat dalam berbagai praktikum yang tak jarang mengharuskanmu benar-benar keluar masuk hutan.

Bahkan selama di hutan itulah pengetahuan Fisika, Kimia, dan Biologi-mu ditantang. Berapa gaya rumah kayu yang baru dibangun? Bagaimana cara mengawetkan kayu sesuai dengan sifat-sifat kimiawinya? Apa saja jenis-jenis pohon dan kayu? Hingga pola hidup, persebaran, dan bagaimana menghadapi satwa hutan.

 

Kehutanan - Fakultas atau Jurusan?

Pada beberapa universitas, Kehutanan menjadi bagian dari Fakultas Pertanian dengan beberapa Program Studi, seperti Teknologi Hasil Hutan, Manajemen Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, atau Pengelolaan Hutan. Akan tetapi, di universitas lain, seperti pada Universitas Gajah Mada, Kehutanan merupakan suatu Fakultas yang terdiri dari Jurusan Budidaya Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan, Teknolologi Kehutanan, dan Manajemen Hutan.

Terlepas dari persoalan fakultas atau jurusan, berikut ini beberapa universitas di mana kamu bisa belajar tentang Kehutanan:

  • Insititut Pertanian Bogor
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Riau
  • Universitas Lampung
  • Universitas Tadulako
  • Universitas Mataram
  • Universitas Bengkulu
  • Universitas Pattimura
  • Universitas Tanjungpura
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Institut Pertanian Stiper Yogyakarta

 

Prospek Kerja

Setelah menyelesaikan kuliah, kamu bisa menjadi Presiden Indonesia. Setidaknya, begitulah jalan hidup Bapak Joko Widodo yang lulus dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1985. Atau, bila politik kurang menarik, kamu bisa menjadi seorang Ahli Konservasi Tanah dan Air, Ahli Lingkungan, Pengawas Hutan, Manajer Ilmu Alam, Ahli Konservasi Hutan, atau Spesialis Konservasi Alam. Selain bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kehutanan, Kementerian Pendidikan, atau Kementerian Pertanian, kamu juga bisa bekerja pada BUMN Perhutani. Masih ada pula peluang untuk mengajar atau menjadi peneliti, hingga bekerja pada Non-Governmental Organization internasional, seperti WWF, Conservation International, Wildlife Conservation Society, atau CIFOR. Bahkan barangkali, kamu bisa mendirikan LSM sekelas NGO-NGO tersebut.

 

Tak harus menjadi pecinta alam bila kamu kuliah di Jurusan atau Fakultas Kehutanan – meskipun mungkin kamu bisa mempertanyakan kenapa hutan dan gunung jadi terasa lebih akrab daripada ruang kuliah. Yang jelas, diperlukan semangat dan jiwa tulus untuk memelihara hutan Indonesia sehingga ilmu yang kamu pelajari akan benar-benar membawa dampak bagi keadaan hutan kita, bahkan hutan dunia. Lestarinya hutan juga berarti lestarinya kehidupan umat manusia, bukan?

Lebih masukan Blog

Jurusan yang Tak Diperuntukkan Bagi Semua Orang: Fotografi

"Apa? Fotografi aja pake kuliah segala?" Kalau kamu mengajukan permintaan kuliah di...

12 Kosakata Bahasa Inggris yang Sepadan dengan Very

Mungkin saat ini kamu sudah cukup puas dengan kemampuan Bahasa Inggris-mu. Sah-sah aja, sih....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka