redesain-navbar Portlet

Blog

kehutanan, photo via rewildingeurope.com

5 Jurusan Kuliah tentang Hutan

Kehutanan bisa dipelajari dibeberapa jurusan terpisah.

Hutan adalah paru-paru dunia. Sebagian besar oksigen yang menopang kehidupan kita bersumber dari hutan. Akan tetapi, hutan juga perlu dikelola agar tak habis diambil manfaatnya saja. Nah, Sobat Pintar yang menyukai Biologi, atau bahkan saat ini tergabung dalam ekskul pecinta alam, ingin kuliah di salah satu dari lima jurusan tentang hutan ini?

 

1. Kehutanan

Kehutanan merupakan induk dari Manajemen Hutan, Pengelolaan Hutan, Teknologi Hasil Hutan, serta Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Jurusan ini bisa berada di Fakultas Kehutanan atau Pertanian.

Dijurusan ini Sobat Pintar akan belajar tentang Agroforestry, Pengeringan dan Pengawetan Kayu, Inventarisasi Hutan dan Ilmu Ukur Kayu, Teknologi Hasil Hutan, Hukun dan Perundang-Undangan Kehutanan, Ekologi Hutan, Dendrologi, Anatomi dan Fisika Kayu, Silvika, dan matakuliah-matakuliah lain tentang Kehutanan.

Sobat bisa kuliah Kehutanan di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Pattimura, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, dan lain-lain.

 

2. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata

Sobat Pintar punya cita-cita luhur ingin merehabilitasi dan melestarikan hutan? Biasanya mereka yang berjiwa dan aktif dalam kegiatan pecinta alam punya keinginan tersebut. Perkuliahan dijurusan ini juga akan menyenangkan bagi Sobat karena seringnya masuk hutan untuk mengamati satwa.

Sebagai bagian dari Kehutanan, matakuliahnya juga masih kental dengan Biologi. Beberapa matakuliah dijurusan ini yaitu Ilmu Hutan Kota, Konservasi Tumbuhan Obat dan Hutan Tropika, Interpretasi Alam, Etnobiologi Hutan, Manajemen Kawasan Konservasi, Inventarisasi dan Pemantauan Satwa Liar, dan lain-lain.

Alumni Institut Pertanian Bogor dari Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata banyak yang kemudian bekerja di Departemen Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, maupun lembaga-lembaga penelitian. Selain di ITB, jurusan ini juga terdapat di Universitas Jambi.

 

3. Teknologi Hasil Hutan

Teknologi Hasil Hutan adalah jurusan dimana Sobat Pintar bisa belajar tentang pengembangan teknologi baru dalam mengolah hasil hutan kayu dan non kayu menjadi produk yang bernilai tinggi. Profil alumni jurusan ini sesuai untuk bidang industri pengolahan kayu, bahan konstruksi, mebel, maupun kertas.

Untuk itu, mahasiswa Teknologi Hasul Hutan dibekali dengan matakuliah Sifat Fisis Kayu, Hasil Hutan Bukan Kayu, Silvikultur, Kebijakan dan Perundangan Kehutanan, Komposit Kayu, Pemanfaatan Komponen Kimia Hasil Hutan, Kolokium, Peningkatan Mutu Kayu, Teknologi Pengolahan Produk Ekstraktif, Energi Biomassa, dan lain-lain.

Sobat Pintar ingin kuliah dijurusan ini? Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Pattimura, adalah beberapa PTN ternama yang memiliki Jurusan Teknologi Hasil Hutan.

 

4. Silvikultur

Silvikultur sendiri mencakup cara-cara yang diterapkan dalam pertumbuhan, komposisi, kesehatan, dan kualitas hutan untuk menjamin produktivitas hutan. Ini berarti Jurusan Silvikultur sangat erat kaitannya dengan reforestasi lahan hutan yang telah kritis.

Pemantauan Kesehatan Hutan, Silvikultur Hutan Alam, Ekologi Jenis Pohon Tropika, Praktik Pengenalan Ekosistem Hutan, Manajemen Hutan, Ekonomi Kehutanan, Ekologi Hutan, Agroforestri, Kebakaran Hutan, Teknologi Perbanyakan Tanaman Hutan adalah beberapa matakuliah yang dipelajari untuk tujuan reforestasi tersebut.

Jurursan Silvikultur terdapat di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada. Alumninya bergelar Sarjana Kehutanan (S.Hut), dan banyak dibutuhkan di Kementerian Pertanian maupun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

 

5. Manajemen Hutan

Di Jurusan Manajemen Hutan, Sobat Pintar akan belajar tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi, Penyuluhan Kehutanan, Konservasi Sumberdaya Alam, Argofrestry, Inventarisasi Sumberdaya Hutan, Ilmu Kayu, Sosiologi Kehutanan, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Ekologi Hutan, Dendrologi, dan lain-lain.

Jurusan ini akan sangat menarik untuk Sobat yang tak hanya suka Biologi, namun juga punya kepedulian tinggi pada kelestarian lingkungan. Dan sebagai bagian dari manajemennya, dijurusan ini juga akan dipelajari tentang aspek administratif, ekonomi, hukum, dan sosial dari kehutanan.

Tak hanya di Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada, Jurusan Manajemen Hutan juga terdapat di berbagai PTN dan PTS lain di Indonesia. Sobat ingin kuliah dijurusan ini? Coba lihat di Kampus Pintar untuk mengetahui Manajemen Hutan ada di kampus mana saja.

 

Serupa tapi tak sama, itulah lima jurusan pada program Sarjana yang sama-sama berangkat dari Biologi dan fokus pada pelestarian serta pemanfaatan hutan. Masih ada pula Jurusan Pengelolaan Hutan pada program D3 yang ditawarkan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Sobat Pintar sudah memutuskan ingin kuliah dijurusan apa?

Lebih masukan Blog

7 Jurusan Ini Tidak Terdapat di Semua Perguruan Tinggi

Sobat Pintar, memilih jurusan kuliah bukan sekedar ajang keren-kerenan – apalagi dalam...

Bulan Ini Saja: Kuota Mahasiswa Baru pada 20 Sekolah Kedinasan

Siapa ingin lanjut kuliah di Sekolah Kedinasan atau Pendidikan Tinggi Kedinasan?...

Menambah Komentar

Y
yessy amaeda dachi 5 Bulan Lalu
bismillah kehutanan
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka