PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Jurusan Langka, photo via www.pexels.com

7 Jurusan Ini Tidak Terdapat di Semua Perguruan Tinggi

Bebera jurusan kuliah memerlukan kemampuan dan minat khusus.

Sobat Pintar, memilih jurusan kuliah bukan sekedar ajang keren-kerenan – apalagi dalam rangka mencari jatidiri. Tampil beda dan ingin diakui sebagai individu berkarakter boleh jadi merupakan sebagian dari kebutuhan Sobat, tapi hendaknya gunakan kerangka lain dalam memilih jurusan kuliah.

Nah, jurusan-jurusan dibawah ini sebaiknya tak dipilih hanya karena ingin beda dari yang lain. Pastikan minat dan kemampuan Sobat memang berada pada bidang yang sesuai – coba lihat di Minat Pintar, ya!

 

1. Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir hanya ada di Universitas Gadjah Mada. Sobat Pintar yang tertarik, dan tentunya memiliki kemampuan, pada pelajaran Matematika dan Fisika boleh mempertimbangkan kuliah dijurusan ini.

Ilmu Nuklir yang dipelajari dijurusan ini mencakup unsur nuklir pada bidang industri. Disini juga dipelajari tentang keselamatan nuklir, teknologi nuklir, radiologi klinik (radioterapi maupun radiodiagnostik), aplikasi nuklir, pembangkitan daya, fisi nuklir, radioisotop dan radiasi dalam industri, dan lain-lain.

Alumni jurusan ini dibutuhkan oleh PT. Batan Teknologi, Pertamina, PLTN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), maupun perusahaan swasta dan lembaga pemerintah yang lain.

 

2. Oseanografi

Dari kata ocean, Sobat Pintar sudah bisa menebak kalau jurusan ini terkait dengan laut. Baru ada dua PTN dengan Oseanografi yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

Dijurusan inilah Sobat dapat belajar segala sesuatu tentang laut, meliputi Oseanografi Kimia, Biologi, Fisis, dan Geologi. Eksplorasi sumberdaya laut, pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan, permasalahan lingkungan dan pesisir, serta berbagai topik-topik penting dan menarik seputar laut seluruhnya dipelajari dijurusan ini.

Alumni Oseanografi biasanya berprofesi sebagai production engineer, drilling engineer, surveyor, metocean engineer, marine seismic navigator, dan lain-lain. Judging by the name, you may expect to work away from landperhaps you should consider it.

 

3. Astronomi

Jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung. Meskipun hanya satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, alumninya sangat dibutuhkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kuliah Astronomi berarti Sobat akan belajar tentang peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di ruang angkasa dan mengamati benda-benda langit seperti galaksi, gugus bintang, nebula, komet, planet, bintang, dan lain-lain. Astronomi ITB terbagi kedalam tiga bidang keahlian, meliputi Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya.

 

4. Jamu/ Batra

Iya, dijurusan ini Sobat Pintar akan belajar tentang obat-obatan tradisional yang lebih awam disebut jamu. Jurusan ini ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta dan Universitas Airlangga.

Mahasiswa Batra mempelajari tentang terapi menggunakan jamu, termasuk pula menciptakan, meracik, dan menyediakan jamu atau obat-obatan herbal. Jangan dianggap remeh, Sobat. Pekerjaan menciptakan obat tradisional dapat mendatangkan penghasilan yang cukup tinggi, terutama bila royalti produsen dibayarkan dengan baik.

Di luar negeri, Batra disebut sebagai Studi Herbal atau Herbalism. Di University of Bridgeport, Amerika Serikat, misalnya, mahasiswanya belajar tentang metode organik murni untuk pengobatan dan perawatan.

 

5. Teknik Pengairan/ Teknik Sumber Daya Air

Teknik Pengairan memang tak sama dengan Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, namun masing-masing bisa menjadi alternatif jurusan bila Sobat merasa mantap ingin kuliah dibidang ini. The former major is at Universitas Brawijaya while the latter is at Institut Teknologi Bandung.

 

6. Kriminologi

Jurusan ini hanya ada di Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan Universitas Budi Luhur. Di Jurusan Kriminologi, Sobat Pintar belajar tentang seluk beluk kasus kriminal, mulai dari identifikasi hingga penanganannya. Alumni Kriminologi dibutuhkan diberbagai lembaga pemerintah, salah satunya Kepolisian.

 

7. Sastra Rusia

Hanya ada dua universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Sastra Rusia, yaitu Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia. Dijurusan ini, mahasiswanya belajar tentang psikologi, sosiologi, dan politik Rusia melalui karya-karya sastra Rusia.

 

Memang ada alasannya kenapa beberapa jurusan populer menjadi pilihan favorit untuk kuliah. Misalnya, jarang sekali alumni Pendidikan Dokter atau Akuntansi yang berakhir luntang-lantung tak tentu arah setelah lulus. Lantas bagaimana dengan alumni jurusan-jurusan langka diatas?

Bagaimanapun juga, lulus kuliah dan bekerja tak bisa dirumuskan secara matematis. Yang bisa kita lakukan sebaik-baiknya adalah mempersiapkan diri. Bukan begitu, Sobat?

Lebih masukan Blog

Ayo Cari Tahu: Pendidikan Kedokteran Gigi

Ingin masuk Pendidikan Dokter tapi masih pikir-pikir? Kenapa tak mencoba Pendidikan Dokter...

5 Jurusan Kuliah tentang Hutan

Hutan adalah paru-paru dunia. Sebagian besar oksigen yang menopang kehidupan kita bersumber...

Menambah Komentar

PP
posmasamantha posmasamantha 4 Bulan Lalu
Mempersiapkan untuk kerja atau bgmn?
Harap sign in untuk melanjutkan.
K
karina elsa septiani berutu 4 Bulan Lalu
kalau di jurusan kriminologi anak ips bisa gak kak?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru