redesain-navbar Portlet

Blog

Kenali Lebih Dekat Tes Bakat Skolastik, photo via bimbinganbelajarsbmptnjogja.blogspot.com

Kenali Lebih Dekat: Tes Bakat Skolastik

Perbaiki semangat belajar dengan mengetahui kenapa TBS harus diikuti.

Salah satu materi uji UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), atau dikenal juga sebagai Tes Bakat Skolastik (TBS). Tak diajarkan sebagai satu matapelajaran utuh di sekolah, TBS diujikan pada UTBK dan tentu mempengaruhi peluangmu pada SBMPTN. Lantas, pernahkah Sobat bertanya kenapa harus mengikuti tes ini?

 

Tujuan Diterapkannya Tes Bakat Skolastik

TBS digunakan untuk memprediksi kemampuan Sobat Pintar bila berada dalam situasi yang baru. Dalam hal SBMPTN, situasi baru tersebut berupa dunia kampus, yaitu ketika Sobat belajar pada jenjang yang lebih tinggi.

TBS dapat mengukur bakat dan kemampuanmu pada suatu bidang ilmu. Misalnya, bila memilih kuliah di Jurusan Manajemen, hasil TBS-mu dapat memetakan apakah Sobat memiliki bakat dan kemampuan yang memadai dibidang Manajemen.

 

Tes Bakat Skolastik pada Seleksi Masuk PTN

Hasil TBS-mu pada UTBK nantinya akan melengkapi hasil tes prestasi. Soal-soal TBS sendiri memerlukan daya nalar logis dan analitis karena susunannya tak sama dengan soal-soal ujian lain yang selama ini pernah Sobat temui.

TBS diadaptasi dari Scholastic Aptitude Test (SAT) yang digunakan sebagai standar ujian masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat. TBS pada UTBK berasal dari soal-soal yang telah diuji oleh tenaga ahli dan beberapa perguruan tinggi. Nah, soal-soal yang telah terkalibrasi dan tervalidasi inilah yang disajikan pada UTBK.

 

Subtes Ujian Tes Bakat Skolastik pada UTBK

TBS UTBK dikembangkan oleh Puspendik, dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Subtes yang diujikan ada tiga, yaitu:

- Logika/ Penalaran, mengukur kemampuan penalaran dan kecakapanmu dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis atau masuk akal. Subtes ini terdiri dari logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (silogisme), logika cerita, dan logika diagram.

- Verbal/ Bahasa, mengukur kemampuanmu dibidang bahasa dan logika verbal. Subtesnya meliputi sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan pengelompokan kata.

- Numerik/ Angka/ Kuantitatif, mengukur kemampuan matematis sederhana serta pemahaman konsep matematikamu – khususnya dalam kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis matematis. Subtes ini mencakup aritmatik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, angka dalam cerita, aljabar, dan geometri.

 

Tes Bakat Skolastik Dibidang Psikologi

Bidang Psikologi juga menggunakan TBS untuk tujuan yang sama. Bahkan, Konseling Indonesia menyebutkan bahwa TBS dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ).

Untuk tes Psikologi, TBS menyertakan pula subtes Spasial atau Gambar yang mengukur daya logika (imajinasi) ruang. Pada subtes ini, yang diujikan yaitu padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar.

 

Nah, sudah tahu lebih banyak tentang Tes Bakat Skolastik sekarang, Sobat? Jadi, tak perlu menggerutu dulu, ya. Lebih baik mempersiapkan diri untuk menghadapinya – salah satunya, bersama Aku Pintar.

Lebih masukan Blog

Mahasiswa Baru Tak Perlu Risau Ini

Tiba-tiba jadwal kelas tak berurutan dari pagi hingga sore. Tiba-tiba harus menentukan sendiri...

Sosiologi, Sudah Tepatkah yang Sobat Ketahui Tentang Jurusan Ini?

Sosiologi bukanlah cabang ilmu yang baru bagi Sobat Pintar yang saat ini tengah duduk dikelas...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line