redesain-navbar Portlet

Blog

Sosiologi Sudah Tepatkah yang Sobat Ketahui Tentang Jurusan Ini, photo via www.7switch.com

Sosiologi, Sudah Tepatkah yang Sobat Ketahui Tentang Jurusan Ini?

Sosiologi menawarkan fleksibilitas karena luasnya cakupan keilmuannya.

Sosiologi bukanlah cabang ilmu yang baru bagi Sobat Pintar yang saat ini tengah duduk dikelas IPS. Tapi apakah Sosiologi adalah jurusan kuliah yang sesuai untukmu? Atau, adakah Sobat Pintar dari kelas IPA yang tertarik pada Jurusan Sosiologi?

 

Ilmu Sosiologi, Apa Bedanya dari Matpel Sosiologi?

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi sosial antar manusia, termasuk pula kaitannya dengan ras, budaya, dan kelas sosial. Matapelajaran Sosiologi yang dipelajari dikelas IPS terhitung sebagai bagian yang sangat kecil dibanding Ilmu Sosiologi yang dipelajari diperguruan tinggi.

So, what are you specifically going to learn at university? Pada Jurusan atau Program Studi Sosiologi, matakuliah-matakuliah yang harus ditempuh antara lain Sosiologi Pendidikan, Sosiologi Agama, Analisa Sosial, Analisa Demografi, Teori Sosiologi Modern, Psikologi Sosial, Sosiologi Hukum, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Organisasi, dan lain-lain.

 

Mahasiswa Sosiologi, Seperti Apa dan Bagaimana Kuliahnya?

Dari matakuliah-matakuliah diatas, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Sosiologi belajar tentang interaksi antar individu dan dampaknya terhadap struktur sosial masyarakat. Pula, mahasiswa Sosiologi mempelajari penyebab perubahan situasi yang terjadi dalam masyarakat, mengkaji akibatnya, dan mencari solusinya.

Mahasiswa Sosiologi mempelajari bagaimana peradaban modern kita saat ini terbentuk. Dengan mempelajari berbagai faktor yang menyatukan masyarakat, topik gender dan kriminologi juga bisa turut menjadi bagian dari bahan kajian.

Karena latarbelakang keilmuannya, alumni Sosiologi memiliki pemahaman akan kompleksitas manusia dan lingkungan sosialnya. Itulah sebabnya, biasanya mereka adalah orang-orang yang mampu memahami orang dan budaya lain dengan lebih mudah, mengambil keputusan yang rasional, dan bekerja sama dengan lebih banyak orang.

Pemahaman Sosiologinya membuat para alumni ini cenderung memiliki komunikasi interpersonal yang baik, terutama dalam lingkungan dengan latarbelakang budaya yang majemuk. Sejalan dengan karakter masyarakat yang dinamis, orang-orang Sosiologi biasanya juga peka dengan perubahan sehingga dapat beradaptasi dengan lebih baik.

Nah, jadi tertarik dengan jurusan ini, Sobat? Tunggu dulu, karena ternyata Sosiologi terkerucut lagi menjadi Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, dan lain-lain. Pertimbangkan lebih jauh lagi Ilmu Sosiologi yang menarik dan sesuai untukmu – gunakan Minat Pintar bila perlu.

 

Sosiologi, Bagaimana Prospek Pekerjaannya?

Did you know? Ilmu Sosiologi ternyata memiliki keterkaitan dengan Ilmu Psikologi, Sejarah, dan Antropologi. Bahkan, mahasiswa Sosiologi juga belajar tentang Sosiologi Hukum, Sosiologi Ekonomi, dan Perilaku Menyimpang.

Karena luasnya cakupan Ilmu Sosiologi, Sarjana Sosiologi (S.Sos) memiliki kecakapan yang diperlukan untuk bekerja dibidang pemberdayaan sosial dan SDM. Institusi-institusi pemerintah, seperti Departemen Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, hingga Departemen Dalam Negeri membutuhkan sarjana-sarjana Sosiologi.

Selain berkarir diberbagai perusahaan, alumni Sosiologi juga dapat menekuni dunia akademis ataupun penelitian. Seorang Sosiolog memiliki kemampuan untuk menganalisis, membandingkan, dan menyelesaikan masalah dengan berbasis pada kebiasaan-kebiasaan manusia yang dapat diterapkan pada berbagai instansi dan lembaga.

 

Lantas, bagaimana kesimpulanmu tentang Jurusan Sosiologi? Apapun itu, yang pasti jurusan ini dapat dijumpai dibanyak PTN dan PTS, misalnya Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Malang, dan masih banyak lagi.

Lebih masukan Blog

Kenali Lebih Dekat: Tes Bakat Skolastik

Salah satu materi uji UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), atau dikenal juga sebagai...

Intelegensi – Cerdas yang Bagaimana?

Sobat Pintar tak asing lagi dengan tokoh Charles Darwin, bukan? Iya, Darwin dikenal dengan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka